Keluarga

Air Tebu Bermanfaat untuk Kulit Wajah dan Rambut, Simak Penjelasannya di Sini!

Air Tebu Bermanfaat untuk Kulit Wajah dan Rambut, Simak Penjelasannya di Sini!

MOMSMONEY.ID - Segelas air tebu dengan tambahan es tidak hanya terasa nikmat dan segar, tapi juga mampu memberikan energi dan menghidrasi tubuh terutama di musim panas.

Sarat dengan karbohidrat, mineral, protein, zat besi, zinc, kalium, dan vitamin, air tebu juga memiliki kalori yang cukup tinggi namun tetap dianggap baik untuk penderita diabetes asalkan dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Berkat kandungannya yang beragam, manfaat air tebu tidak terbatas pada kesehatan tubuh saja melainkan juga kulit dan rambut. Patut Anda pertimbangkan, inilah 5 manfaat air tebu untuk kecantikan kulit wajah dan rambut sebagaimana dilansir dari BeBeautiful.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Bunga Mawar untuk Kulit, Sudah Tahu?

1. Menunda tanda-tanda penuaan

Selain nikmat, air tebu juga memiliki beragam manfaat yang luar biasa bagi kulit termasuk menunda tanda-tanda penuaan dan membuat kulit terlihat awet muda sekaligus kenyal. Kaya akan antioksidan dan flavonoid, air tebu dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan pergantian sel kulit.

Untuk hasil terbaik, terapkan air tebu secara teratur dengan cara mengoleskannya menggunakan kapas pada kulit yang telah dibersihkan. Setelah dioleskan, biarkan air tebu menempel pada kulit selama 15-20 menit kemudian bilas hingga bersih.

2. Mengontrol jerawat

Jerawat dapat menyerang siapa saja bukan hanya pada orang-orang yang memiliki kulit berminyak. Untuk membantu mengontrolnya, konsumsilah air tebu secara langsung atau gunakan secara topikal pada kulit yang berjerawat. Termasuk sumber AHA yang sangat baik, air tebu mampu membantu mengurangi akumulasi bakteri dan minyak di pori-pori sehingga dapat secara otomatis mencegah jerawat.

Untuk aplikasi topikal, Anda dapat mencampurkan air tebu dengan multani mitti lalu oleskan secara merata ke seluruh wajah dan leher Anda. Biarkan masker tersebut menempel pada kulit selama 15-20 menit dan bersihkan dengan menggunakan handuk.

3. Menyamarkan bekas jerawat

Jerawat tidak hanya mengganggu ketika sedang matang-matangnya, tapi juga tetap mengganggu ketika sudah reda dan meninggalkan bekas. Sebagai solusi alami, manfaatkanlah kandungan glycolic acid yang ada di dalam air tebu untuk membantu mengeksfoliasi kulit dan memudarkan bekas jerawat yang menggelap.

Caranya, oleskan air tebu menggunakan kapas setelah Anda mencuci muka baik pada area yang terdapat bekas jerawat atau ke seluruh wajah Anda. Diamkan selama 20 menit dan bersihkan wajah Anda menggunakan handuk yang lembut. Supaya bekas jerawat lebih cepat memudar, Anda bisa melakukan perawatan ini setidaknya 3 kali seminggu.

Baca Juga: 5 Cara Menggunakan Kunyit untuk Kecantikan Kulit Wajah

4. Menghidrasi kulit

Terkadang, mengoleskan moisturizer atau facial oil saja tidak cukup untuk menjaga kulit tetap lembab. Untuk menambahkan kelembaban ekstra pada kulit kering Anda, air tebu menjadi ide bagus yang sangat layak untuk Anda coba. Selain menghidrasi tubuh secara internal, air tebu juga mampu menghidrasi kulit dan membuatnya terasa lembab sekaligus kenyal.

Oleskan air tebu ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama semalaman. Kemudian, cuci bersih wajah Anda keesokan paginya dan lihatlah perubahan pada kulit Anda.

5. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Tak sekadar bagus untuk kulit, air tebu juga menyimpan manfaat yang menakjubkan bagi rambut. Jika akhir-akhir ini Anda merasa stres akibat masalah rambut rontok atau pertumbuhan rambut yang terhambat, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk memasukkan air tebu ke dalam rutinitas hair care Anda. Tidak hanya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, air tebu juga bagus untuk memperbaiki tekstur rambut.

Adapun kadar air yang tinggi dalam air tebu akan mengkondisikan rambut secara alami dan membuatnya terlihat lebih indah. Plus, air tebu dapat memberikan nutrisi pada kulit kepala yang bermanfaat untuk mencegah kekeringan.

Untuk mendapatkan rambut yang sehat, halus, dan indah, minumlah segelas penuh air tebu segar secara teratur.

Moms, itulah ragam manfaat air tebu untuk kecantikan kulit dan rambut. Selain memiliki kelima manfaat di atas, air tebu juga dapat membantu melawan kolesterol jahat dalam tubuh yang pada gilirannya akan membantu Anda menurunkan berat badan. Bahkan, air tebu juga mampu meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan serta membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News