HOME, Bugar

Air Bunga Mawar yang Ampuh Menyembuhkan Penyakit Mata

Air Bunga Mawar yang Ampuh Menyembuhkan Penyakit Mata

MOMSMONEY.ID - Mata adalah satu organ penting bagi tubuh. Semua informasi yang dilihat akan ditangkap oleh mata, kemudian disambungkan kepada otak dan tubuh. Namun, organ penglihatan ini rentan mengalami gangguan kesehatan jika tidak dijaga dengan baik. 

Jika mata tidak berfungsi dengan baik, maka penglihatan akan berkurang. Banyak sekali keluhan terkait mata yang sering dirasakan, seperti mata merah karena iritasi atau penyakit lain, minus, glaukoma, parahnya bisa membuat kebutaan.  

Mengobati penyakit mata bisa dilakukan melalui pengobatan dokter atau menggunakan obat-obat berbahan kimia. Namun ada acara lain untuk mengobati mata dengan cara alami yaitu menggunakan tanaman herbal yang ada di sekitar.  

Terdapat beberapa jenis tanaman yang ternyata mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan mata. Tanaman herbal bisa mengobati keluhan penyakit mata tanpa menimbulkan efek samping. Segala macam tanaman ini bisa diolah dengan berbagai cara, dikonsumsi atau dijadikan obat tetes mata. 

Baca Juga: Ini 5 Rekomendasi Obat Totol Jerawat di Apotek yang Ampuh dan Aman

Dirangkum dari buku Buku Pintar Tanaman Obat: 431 Jenis Tanaman Penggempur Aneka Penyakit, berikut 5 tanaman herbal yang ampuh menyembuhkan penyakit mata. Berikut penjelasannya.  

1. Bunga Mawar

Manfaat bunga mawar pun beragam, mulai dari produk kecantikan hingga dikonsumsi sebagai minuman atau makanan. Salah satu manfaat air mawar ini karena sifat anti-inflamasinya yang kuat. 

Sehingga dapat digunakan untuk berbagai penyakit, seperti meredakan iritasi eksim, mengurangi kemerahan pada kulit, dan membantu mengurangi jerawat. Sedangkan sifat antiseptik dan analgesiknya membantu dalam mengobati penyakit mata.  

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih Ampuh Hilangkan Bau Mulut

2. Daun Sirih

Daun sirih dipercaya menjadi solusi yang baik untuk mengatasi mata minus. Anda bisa menyiapkan dua lembar daun sirih segar yang telah dicuci hingga bersih. Kemudian tempelkan daun sirih pada mata, biarkan semalaman dan kemudian lepas ketika Anda bangun tidur. 

3. Wortel 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa wortel merupakan jenis sayuran yang memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan mata. Wortel mengandung beta-karoten yang diperlukan tubuh untuk memproduksi vitamin A. 

Kandungan itulah yang bisa menjaga kesehatan mata seseorang. Rutin mengonsumsi wortel akan memberikan dampak yang cukup baik untuk kesehatan mata, bahkan secara perlahan mata minus pun bisa sembuh.

Baca Juga: Segudang Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Anda Tahu

4. Bunga Telang

Bunga telang atau yang memiliki nama latin Clitoria ternatea ini merupakan tanaman jenis merambat. Dilansir dari majesticherbs.com, bunga ini kaya antioksidan, flavanoid, dan peptida yang mengobati berbagai macam penyakit. 

Mengonsumsi bunga telang ini dapat memberikan dukungan pada sistem pencernaan, peredaran darah, dan saraf pusat. Sedangkan antioksidan, proanthocyanidin dapat membantu meningkatkan kesehatan mata.  

5. Daun Binahong

Daun binahong memiliki kandungan antioksidan, asam karbonat, total fenol dan protein yang tinggi. Maka tidak heran banyak orang yang menanam tanaman ini di halaman rumah. 

Selain mudah dirawat, tanaman ini juga mudah diolah untuk penyembuhan berbagai penyakit. Salah satunya menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, beta-karoten, zeaxanthin dan lutein memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas. 

Jika Anda menderita penyakit mata, Anda hanya perlu mencari tanaman ini untuk membantu meredakan sakit mata. Tanpa perlu pergi ke dokter, manfaat tanaman herbal ini bisa membantu meredakan sakit mata yang Anda derita.

Selanjutnya: Luar Biasa! Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News