Santai

Agar Tidak Rusak, Begini Cara Mencegah Kucing Mencakar Sofa di Rumah

Agar Tidak Rusak, Begini Cara Mencegah Kucing Mencakar Sofa di Rumah

MOMSMONEY.ID - Kucing punya beberapa kebiasaan buruk, salah satunya mencakar sofa. Anda perlu mengetahui cara mencegah kucing mencakar sofa di rumah, agar furnitur di rumah tidak cepat rusak. 

Kebiasaan mencakar yang dilakukan kucing ini merupakan hal normal. Biasanya kucing melakukan hal tersebut untuk mempertajam kukunya. 

Mengutip WikiHow, berikut cara mencegah kucing mencakar sofa di rumah:

1. Pahamilah kenapa kucing menggaruk. Biasanya kucing menggaruk karena beberapa alasan. Salah satunya manajamkan kuku. 

2. Buatlah sofa menjadi tidak menarik untuk digaruk. Anda bisa meletakkan kulit jeruk di dekat sofa. Selain itu, Anda juga menyemprotkan cairan wangi di sofa sehingga kucing tidak akan mendekatinya.

3. Anda bisa meletakkan barang-barang yang tidak disukai kucing di sofa. 

4. Jika kucing masih menggaruk sofa, usahakan untuk tidak menghukumnya secara fisik. Anda bisa membeli atau membuat sendiri tiang garuk.

Baca Juga: Benarkah Kucing Bisa Melihat Hantu? Ini Faktanya!

Star Home Garukan Kucing 2 Sisi

5. Mulailah mengarahkan kebiasaan kucing untuk tidak menggaruk sofa sejak dia masih kecil. 

6. Jika memiliki kucing yang sudah lebih besar, berikan lebih banyak waktu kepadanya untuk belajar menggaruk di tempat yang seharusnya.

7. Anda juga bisa memotong kuku kucing. Namun, hal ini hanya kecil kemungkinan untuk kucing tidak menggaruk sofa. 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tips cara mencegah kucing mencakar sofa berikut ini. 

Mengutip Pet Keen, ada lima cara mencegah kucing mencakar sofa :

  1. Menggunakan selotip. Selotip dapat dijadikan untuk mencegah kucing mencakar sofa di rumah Anda. Anda bisa menempatkan selotip tersebut ke sofa atau furnitur di rumah.
  2. Potong kuku mereka. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu memotong kuku kucing. Namun, hal ini tidak terlalu efektif untuk mencegah kucing mencakar sofa di rumah.
  3. Semprotkan wewangian. Anda perlu menyemprotkan wewangian ke sofa di rumah Anda. Misalnya, wangi jeruk. Hal ini menjadikan kucing tidak akan mendekati sofa Anda 
  4. Pasang panel vinil. Menempatkan panel vinil di sekitar furnitur memang tidak akan terlihat bagus, tetapi Anda hanya perlu melakukannya saat melatih kucing Anda.
  5. Sediakan alas atau area khusus untuk mencakar. Penting untuk memberi mereka area atau benda pengganti untuk menggaruk dan mencakar.

Perlu diketahui bahwa butuh waktu untuk membiasakan kucing tidak mencakar sofa di rumah. Namun, cara mencegah kucing mencakar sofa bisa Anda coba terapkan. Semoga berhasil!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News