Santai

Agar Kram Tidak Makin Parah, Hindari 7 Makanan Ini Saat Menstruasi

Agar Kram Tidak Makin Parah, Hindari 7 Makanan Ini Saat Menstruasi

MOMSMONEY.ID - Agar rasa sakit perut saat menstruasi tidak makin parah, berikut daftar makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang haid.

Tak hanya mengatasi mood swing, bahkan para perempuan juga harus memperhatikan makanan agar rasa sakit perut tidak makin parah saat sedang menstruasi atau haid.

Ada beberapa makanan yang disarankan untuk tidak dimakan atau dijauhi saat sedang dalam masa menstruasi. Berikut adalah beberapa daftarnya:

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Atasi Mood Swing Saat PMS, Cek di Sini

Makanan berlemak

Makanan dengan tinggi lemak juga sebaiknya dihindari saat sedang menstruasi. Makanan berlemak bisa memicu kram saat menstruasi dan masalah kulit yang semakin parah.

Karena biasanya, kulit menjadi sangat rentan terkena masalah ketika sedang berada dalam masa menstruasi.

Makanan proses

Makanan proses, makanan kaleng, maupun makanan instan juga dapat memicu gangguan hormon saat menstruasi.

Laman Flo menyatakan, kandungan zat-zat kimia pada makanan kaleng bisa membuat perut makin terasa penuh atau kembung.

Ada juga kandungan sodium yang tinggi pada jenis makanan tersebut menyebabkan sakit saat menstruasi jadi makin parah.

Baca Juga: Ternyata Bisa Terjadi di Mana Saja, Ini 5 Fakta Menarik tentang Orgasme Perempuan

Produk susu

Produk dengan kandungan susu mengandung asam arachidonic yang memicu munculnya kram saat masa menstruasi.

Jika ingin mengkonsumsi produk susu sebaiknya memilih produk susu dengan kandungan dairy yang rendah. Seperti susu kedelai atau susu dari oats.

Kafein

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein saat menstruasi bisa memicu naiknya tekanan darah yang bisa menimbulkan anxiety.

Hal tersebut bisa mempengaruhi mood saat menstruasi dan juga memperparah kram yang terjadi saat menstruasi. Selain itu, kopi juga bisa memicu sakit perut atau diare yang tentunya tidak akan nyaman terjadi saat sedang menstruasi.

Baca Juga: Berat Badan Naik saat PMS? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Atasinya, Simak yuk

Daging merah

Daging merah tak hanya tinggi kandungan zat besi yang baik dikonsumsi saat haid. Namun memiliki kandungan prostaglandins yang tinggi juga.

Melansir dari laman Health Line, pada saat menstruasi, tubuh akan memproduksi prostaglandins. Zat ini adalah zat yang berperan untuk dalam kontraksi yang terjadi di rahim serta membantu untuk meluruhkan dinding rahim.

Kandungan prostaglandins yang terlalu banyak di tubuh bisa menyebabkan perut menjadi kram.

Alkohol

Alkohol bisa menyebabkan rasa sakit kepala dan perut yang kembung atau tidak nyaman. Meminum alkohol saat sedang dalam masa menstruasi bisa memicu munculnya sakit kepala, mual, muntah-muntah, dan juga rasa lelah yang berlebihan.

Alkohol juga bisa menyebabkan dehidrasi yang bisa memperparah sakit kepala, kembung, dan juga mual.

Makanan pedas

Makanan pedas tentunya juga sebaiknya dijauhi saat menstruasi. Makanan pedas bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut.

Selain sakit perut karena kram saat menstruasi, sakit perut karena memakan makanan pedas juga bisa memperparah rasa sakit pada perut saat menstruasi.

Nah, itulah tadi beragam jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang menstruasi agar kram tidak jadi makin parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News