HOME, Santai

Agar Baterai HP Tahan Lama, Lakukan Tips Ini

Agar Baterai HP Tahan Lama, Lakukan Tips Ini

MOMSMONEY.ID - Baterai HP memang menjadi komponen penting yang harus dirawat. Tidak seperti layar yang dapat dibersihkan, baterai smartphone bisa dirawat melalui perlakuan yang tepat. 

Baterai smartphone terbuat dari berbagai bahan. Salah satu bahan yang banyak digunakan dalam baterai smartphone di Indonesia adalah baterai Li-ion atau lithium padat. Baterai jenis ini memiliki ciri khas sehingga harus diberi perlakuan tertentu supaya lebih awet.

Baca Juga: Inilah Pilihan HP 5G dengan Harga 3 Jutaan

Tips Merawat Baterai HP

Dalam laman resminya, Asus memberikan tips perawatan standar baterai (Li-ion). Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk merawat baterai Li-ion di semua smartphone.

1. Apabila smartphone akan disimpan dalam waktu lama, cukup isi baterai sampai 50% saja.

2. Periksa setidaknya tiga bulan sekali dan pastikan untuk mengisinya hingga 50%.

3. Kondisikan baterai pada suhu terbaik, yaitu 100C sampai 350C. Suhu terlau rendah akan membuat pengosongan baterai menjadi cepat ketika digunakan. Sementara itu, jika suhu terlalu tinggi maka baterai bisa meledak, sesuai kelemahan jenis Li-ion.

4. Jangan taruh smartphone atau baterai di dekat benda-benda yang bersifat radiator dan benda-benda yang menghasilkan panas lebih dari 600C. Hal ini menghindari baterai smartphone bocor

Baca Juga: Belajar Bisnis dari Aplikasi Kuncie oleh Telkomsel

Itulah tadi cara-cara yang bisa dilakukan agar baterai HP tahan lama. Namun, tetap harus disadari bahwa baterai smartphone memiliki masa pakai. Baterai jenis Li-ion akan memiliki reaksi kimia setelah waktu yang lama dan hal itu akan mengurangi kualitas baterai.

Selanjutnya: Coba 3 Aplikasi Ini Agar Produktivitas Harian Terjaga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News