Bugar

Ada Telur Mentah, Ini 5 Makanan yang Harus Dihindari saat Hamil

Ada Telur Mentah, Ini 5 Makanan yang Harus Dihindari saat Hamil

MOMSMONEY.ID - Berikut ini sejumlah makanan yang harus dihindari saat hamil yang perlu Anda ketahui.

Melengkapi kebutuhan nutrisi saat hamil wajib dilakukan untuk menjaga agar janin sehat dan bisa tumbuh dengan baik. 

Apa pun yang dikonsumsi ibu hamil akan berpengaruh pada janin dalam kandungannya. Namun, ada pula beberapa makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil. 

Ada makanan tertentu yang bisa membahayakan janin di dalam kandungan. Lantas, apa saja makanan yang dilarang untuk ibu hamil.  

Berikut ini 5 makanan yang harus dihindari saat kehamilan menurut American Pregnancy Association (APA), antara lain: 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Begini Cara Mencegah Malnutrisi pada Anak

1. Makanan laut asap (smoked seafood)

Makanan yang harus dihindari saat kehamilan pertama adalah makanan laut yang diasap. Namun, makanan laut asap kalengan atau yang aman disimpan di rak, biasanya baik untuk dimakan.  

Makanan laut asap dalam lemari es yang sering diberi label sebagai lox, nova style, kippered, atau jerky (dendeng) harus dihindari karena dapat terkontaminasi bakteri listeria. 

2. Telur mentah

Makanan yang harus dihindari saat kehamilan kedua adalah telur mentah dan harus dihindari karena berpotensi terkena bakteri salmonella. 

Beberapa saus Caesar buatan sendiri, mayones, es krim, atau custard buatan sendiri, serta saus Hollandaise dibuat dengan telur mentah.  

3. Daging mentah atau kurang matang

Makanan yang harus dihindari saat kehamilan ketiga adalah daging mentah atau kurang matang. Selalu pastikan daging yang Bumil konsumsi sudah matang. 

Ketika masuk ke dalam tubuh ibu hamil, kuman tersebut bisa menimbulkan penyakit, misalnya listeria, yang dapat membahayakan janin maupun ibu hamil sendiri.  

Baca Juga: Luar Biasa, Inilah 5 Manfaat Jagung yang Baik untuk Ibu Hamil

4. Jus perasan segar

Makanan yang harus dihindari saat kehamilan keempat adalah jus perasan segar. Wanita hamil harus memilih jus yang dipasteurisasi. 

Jus perasan segar di restoran, bar jus, atau kios pertanian mungkin tidak dipasteurisasi sehingga berpotensi mengandung bakteri salmonella dan E. coli.   

5. Ikan mentah atau yang kurang matang

Makanan yang harus dihindari saat kehamilan kelima adalah ikan mentah atau kurang matang. Jika ibu hamil gemar mengonsumsi sushi, sebaiknya hindari dulu makanan ini selama hamil. 

Mengonsumsi ikan dan kerang mentah atau yang dimasak setengah matang dapat meningkatkan risiko ibu hamil mengalami infeksi.  

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari saat kehamilan yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News