Santai

Ada Potensi Awan CB, Cuaca Hujan Ekstrem di Daerah Jakarta Ini hingga 6 Mei 2024

Ada Potensi Awan CB, Cuaca Hujan Ekstrem di Daerah Jakarta Ini hingga 6 Mei 2024

MOMSMONEY.ID - Waspada potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di daerah Jakarta berikut ini hingga 6 Maei 2024. 

Saat ini, BMKG menyebutkan, sebagian besar wilayah Indonesia telah memasuki masa peralihan musim. 

"Masyarakat masih perlu waspada dan mengantisipasi akan potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang," sebut BMKG di akun Instagram-nya, Senin (29/4).

Salah satu ciri masa peralihan musim adalah pola hujan yang biasa terjadi pada sore hingga menjelang malam hari, dengan didahului cuaca yang cukup terik pada pagi hingga siang hari.

Karakteristik hujan pada periode peralihan cenderung tidak merata dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat yang berasal dari awan Cumulonimbus (CB). 

Baca Juga: Peringatan Dini Cuaca Besok (30/4) Hujan Deras, Provinsi Ini Siaga & Waspada Bencana

Apabila kondisi atmosfer menjadi labil/tidak stabil yang terlihat dari kelembapan di siang hari yang tinggi dan cuacanya cukup terik, maka potensi pembentukan awan konvektif seperti awan CB akan meningkat.

Kondisi atmosfer Jakarta dalam sepekan ke depan hingga 6 Mei 2024, BMKG prediksi dalam kondisi labil sehingga mendukung proses pembentukan awan konvektif seperti awan CB saat siang dan sore hari.

Potensi terbesar terdapat pada wilayah: 

  • Jakarta Barat
  • Jakarta Selatan
  • Jakarta Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News