HOME, Keluarga

Ada Noda Minyak Membandel di Baju? Ini Cara Mudah Menghilangkannya

Ada Noda Minyak Membandel di Baju? Ini Cara Mudah Menghilangkannya

MOMSMONEY.ID - Di antara berbagai jenis noda yang bisa mengotori baju, noda minyak termasuk salah satu jenis noda yang paling mengesalkan. Bagaimana tidak, minyak memang cenderung bandel dan sulit dihilangkan bila sudah mengenai pakaian kita.

Walaupun sulit, bukan berarti noda minyak mustahil dihilangkan. Asalkan tahu caranya, Anda bisa membersihkan dan menghilangkan noda minyak dari baju dengan mudah tanpa harus merusak baju tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan dan menghilangkan noda minyak, misalnya dengan baking soda atau sabun. Penasaran bagaimana caranya? Dirangkum dari Apartment Therapy, ini dia langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan noda minyak yang membandel di baju.

Baca Juga: Inspirasi Kamar Mandi Warna Kuning, Bikin Cerah dan Semangat Mandi

Menghilangkan noda minyak dengan baking soda

Baking soda atau soda kue memang terkenal sebagai bahan pembersih rumah tangga yang serbabisa. Anda pun bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkan noda minyak dari baju. Cara ini bisa Anda gunakan jika noda minyak terjadi pada pakaian atau bahan yang sulit dicuci, misalnya jaket wol yang tebal atau karpet.

Berikut cara menghilangkan noda minyak dengan baking soda:

  • Gunakan tisu atau kain kering untuk menyerap minyak yang berlebih pada baju.
  • Taburkan baking soda pada noda minyak, kemudian biarkan selama kurang lebih 24 jam.
  • Setelah itu, bersihkan baking soda dari baju dengan sikat atau vacuum cleaner.
  • Campurkan air dan cuka, kemudian semprotkan ke noda tersebut.
  • Gosok dengan sikat dan sabun secara lembut, kemudian bilas.
  • Ulangi langkah-langkah di atas jika noda masih terlihat.

Baca Juga: 4 Inspirasi Interior Rumah Warna Tosca yang Unik dan Ceria

Menghilangkan noda minyak membandel dengan sabun

Untuk menghilangkan noda minyak dengan mudah, tentu Anda perlu membersihkannya dengan segera setelah baju terkena minyak.

Namun, adakalanya Anda tidak sempat membersihkan noda minyak dengan segera sehingga noda tersebut membekas pada pakaian. Jangan khawatir, Anda masih tetap bisa menghilangkan noda minyak yang membekas dengan menggunakan sabun.

Berikut cara menghilangkan noda minyak membandel dengan sabun:

  • Hindari membasahi baju dengan air, karena minyak tidak akan larut pada air dan menyulitkan proses pembersihan.
  • Selipkan potongan kardus bekas pada bagian belakang baju yang akan dibersihkan, supaya noda minyak tidak menyebar ke sisi lain baju.
  • Gunakan tisu atau kain kering untuk menyerap minyak yang berlebih pada baju. Jangan digosok, tapi cukup tekan-tekan supaya noda minyak tidak melebar.
  • Teteskan sabun cuci piring pada noda minyak, kemudian gosok pelan-pelan dengan jari, kain, atau sikat gigi berbulu halus. Biarkan sabun terserap ke dalam baju selama kurang lebih lima menit.
  • Setelah menunggu lima menit, bilas baju dengan air hangat. Cuci baju seperti biasa.
  • Setelah dicuci, keringkan seperti biasa dan perhatikan apakah noda minyak sudah hilang. Jika nodanya masih ada, cukup ulangi langkah-langkah di atas hingga noda minyak hilang sempurna.

Nah, itulah cara membersihkan dan menghilangkan noda minyak pada baju Anda. Bagaimana, cukup mudah bukan? Selamat mempraktikkan!

Selanjutnya: Ini Dia Harga Mesin Cuci 2 Tabung Merek Sharp, LG, dan Samsung, Mana Incaran Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News