Keluarga

Ada Matcha, Ini 4 Minuman Pengganti Kopi yang Efektif Mengatasi Kantuk

Ada Matcha, Ini 4 Minuman Pengganti Kopi yang Efektif Mengatasi Kantuk

MOMSMONEY.ID - Mau mengatasi kantuk tanpa minum kopi? Coba salah satu minuman pengganti kopi yang efektif mengatasi kantuk ini saja.

Sampai saat ini, kopi masih menjadi primadona bagi banyak orang untuk mengusir kantuk sekaligus menambah energi. Apakah Anda salah satu orang yang gemar menyeruput kopi untuk mengusir kantuk?

Kopi memang mampu membantu mengusir kantuk dan membuat tubuh kembali segar berkat kandungan kafein yang ada di dalamnya.

Namun, tak jarang khasiat kopi yang menakjubkan tersebut disertai dengan efek negatif seperti gemetar, sakit kepala, dan bahkan sakit perut.

Jika sudah begitu, maka Anda patut mempertimbangkan minuman lain yang bisa dijadikan sebagai alternatif kopi. Dilansir dari Bustle, inilah 4 minuman pengganti kopi yang efektif mengatasi kantuk.

Baca Juga: Bisa Bikin Gatal-Gatal, 6 Makanan yang Harus Dihindari oleh Pemilik Kulit Sensitif

1. Matcha

Minuman pengganti kopi yang efektif mengatasi kantuk pertama adalah matcha. Matcha atau teh hijau bubuk dapat menjadi alternatif kopi yang baik terutama bagi orang-orang yang tidak ingin merasa gelisah.

Matcha mengandung kafein dan L-theanine (asam amino yang mampu menenangkan pikiran tanpa rasa kantuk). Studi terbaru menunjukkan L-theanine mungkin bekerja dengan kafein untuk menghasilkan efek positif pada kognisi dan suasana hati. Itulah mengapa banyak orang melaporkan bahwa energi yang mereka dapatkan dari teh hijau adalah energi yang lebih santai dan tidak menciptakan perasaan gelisah.

Jadi, jika Anda ingin tetap merasa segar tanpa mengalami efek negatif dari kopi seperti gemetar, sakit kepala, atau sakit perut, Anda bisa mempertimbangkan untuk beralih ke matcha.

2. Cuka apel

Minuman pengganti kopi yang efektif mengatasi kantuk kedua adalah cuka apel. Cuka apel dapat berfungsi sebagai penambah energi sekaligus menjadi pengganti kopi di pagi hari.

Terbuat dari buah apel yang difermentasi, cuka apel termasuk minuman non-kafein yang mengandung senyawa asam asetat. Adapun kandungan asam asetat dalam cuka apel telah terbukti memiliki efek menguntungkan terhadap sensitivitas insulin dan kadar gula darah.

Meskipun cuka apel dapat memberikan energi dan manfaat kesehatan lainnya, namun pastikan Anda mencampurkannya dengan segelas air karena keasaman cuka apel bisa merusak gigi jika dikonsumsi secara langsung.

Baca Juga: 4 Manfaat Beres-Beres Ruangan untuk Kesehatan Tubuh dan Mental, Simak Ya!

3. Kombucha

Minuman pengganti kopi yang efektif mengatasi kantuk ketiga adalah kombucha. Kombucha merupakan pengganti kopi potensial bagi orang-orang yang sedang mencoba mengurangi kopi.

Kombucha menggunakan teh sebagai media fermentasinya sehingga peminum kombucha akan mendapatkan manfaat L-theanine yang bekerja bersama kafein untuk menciptakan energi yang lebih merata tanpa kegelisahan.

Dikarenakan kombucha mengandung lebih sedikit kafein per cangkir daripada secangkir teh biasa, jadi minuman ini sangat bagus untuk Anda yang menginginkan peningkatan kafein yang ringan dan lembut. Selain itu, kombucha juga bisa memberikan bakteri probiotik serta membuat tubuh kembali segar.

4. Teh yerba mate

Minuman pengganti kopi yang efektif mengatasi kantuk keempat adalah teh yerba mate. Teh yerba mate adalah teh asal Amerika Selatan yang terbuat dari daun dan ranting tanaman yerba mate.

Teh yerba mate dapat berfungsi sebagai penguat energi sama halnya dengan kopi. Kandungan kafein dalam satu cangkir teh yerba mate setara dengan kafein dalam secangkir kopi rata-rata.

Mengandung theobromine yang juga ditemukan dalam cokelat, teh yerba mate tergolong stimulan alami yang mampu memberikan energi yang lebih halus dan tahan lama tanpa menimbulkan perasaan gelisah seperti yang ditimbulkan oleh kopi. Teh yerba mate juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah serta mencegah penyakit jantung.

Itulah 4 minuman pengganti kopi yang efektif mengatasi kantuk. Kira-kira, minuman mana yang menjadi pilihan Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News