Santai

Ada Jenisnya, Cari Tahu Jenis Tidur Siang yang Tepat untuk Anda Berikut Ini

Ada Jenisnya, Cari Tahu Jenis Tidur Siang yang Tepat untuk Anda Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Tak banyak diketahui, ternyata tidur siang memiliki beragam jenis dan manfaatnya.

Tidur siang adalah aktivitas yang banyak dilakukan anak-anak hingga orang dewasa.

Meluangkan waktu untuk beristirahat dan tidur siang bisa membawa kesegaran bagi tubuh yang lelah karena beraktivitas seharian.

Baca Juga: Cari Tahu 5 Manfaat Konsumsi Susu Hangat, Bisa Bikin Tidur Nyenyak

Namun, tahukah jika ternyata tidur siang memiliki beberapa jenis dan fungsinya masing-masing?

Bagi yang belum tahu, simak yuk beberapa jenis tidur siang, fungsi, manfaat dan durasi dari setiap jenisnya berikut:

Full On Naps

Laman The National Sleep Foundation menyatakan, durasi tidur siang pada jenis ini adalah sekitar 90 menit. Setelah bangun dari tidur siang jenis ini, maka tubuh akan terasa lebih segar.

Tidur siang ini sebaiknya memiliki jeda 6 jam dari waktu bangun pagi. Jika begadang, maka sebaiknya lakukan tidur siang jenis ini sesegera mungkin.

Menurut laman Pro Nappers, manfaat tidur dalam jenis dan durasi ini bisa membantu meningkatkan daya ingat memori serta tingkat kreativitas pada seseorang.

Baca Juga: 4 Jenis Vitamin Ini Bisa Bantu Kurangi Anxiety dan Stres Berlebih, Coba Yuk

The Power Nap

Jenis tidur siang ini memiliki durasi 15 menit. Paling efektif adalah melakukan tidur siang ini pada pukul 1 siang hingga 3 sore.

Jenis tidur ini cocok bagi orang sibuk dan membutuhkan waktu istirahat sejenak. Manfaat yang diperoleh dari tidur siang jenis ini adalah membantu meningkatkan memori dan daya ingat di otak.

Melansir dari situs Verlo, pada tahap ini seseorang akan masuk pada kenyenyakkan tidur tahap II, di mana memori jangka panjang dan pendek akan ditingkatkan juga.

Snooze Session

Snooze session memiliki durasi yang lebih panjang, yakni selama 30 menit. Jenis tidur siang ini cocok bagi seseorang yang merasa kurang tidur pada malam hari.

Sama seperti full on naps, tidur siang jenis ini sebaiknya juga dilakukan 6 jam setelah waktu bangun pagi. Jadi, ketika seseorang bangun pukul 7 pagi, maka tidur siang ini akan sangat efektif dilakukan pada pukul 1 siang.

Nah, itulah tadi beberapa jenis tidur siang yang populer dan juga manfaatnya bagi kesehatan. Coba lakukan, yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News