HOME, Bugar

Ada Benjolan pada Miss V? Jangan Panik, Kenali Penyebabnya

Ada Benjolan pada Miss V? Jangan Panik, Kenali Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Benjolan pada area kelamin wanita dapat muncul di vagina atau sekitar vulva atau biasa disebut miss V.

Vagina adalah organ berbentuk tabung yang berfungsi sebagai penghubung antara rahim dan leher rahim (serviks), dilansir dari Reproduction Health.

Sementara itu, vulva adalah organ kelamin bagian luar yang terdiri dari labia minora, labia mayora, dan kelenjar Skene. Umumnya kondisi ini tidak berbahaya ataupun menyakitkan. 

Baca Juga: Jeruk Bali Kaya Vitamin C, Inilah Manfaat Lainnya untuk Tubuh

Dilansir dari Healthline dan Reproduction Health, berikut ini berbagai penyebab benjolan yang terjadi pada miss V yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Kelebihan kulit

Penyebab benjolan yang terjadi pada miss V pertama adalah kelebihan kulit. Bibir vagina terkadang memiliki kulit yang lebih (skin tag) sehingga dapat menimbulkan benjolan kecil.

Kelebihan kulit ini tidak berbahaya dan tidak perlu mendapatkan penanganan medis apa pun. Kecuali jika Anda merasa terganggu, kondisi kelebihan kulit itu dapat dihilangkan melalui operasi. 

2. Kanker vulva dan kanker vagina

Penyebab benjolan yang terjadi pada miss V kedua adalah kanker vulva dan kanker vagina. Benjolan di dalam vagina bisa menjadi pertanda kanker vulva atau kanker vagina.

Kanker ini lebih sering terjadi pada wanita lanjut usia, memiliki kebiasaan merokok, atau memiliki riwayat infeksi virus HPV pada vagina. 

3. Sumbatan kelenjar lemak

Penyebab benjolan yang terjadi pada miss V ketiga adalah adanya sumbatan kelenjar lemak. 

Ketika vagina Anda memiliki banyak kelenjar lemak di vagina, sumbatannya akan membuat benjolan kecil berwarna putih kekuningan yang disebut Fordyce spot. 

Baca Juga: Jangan Asal Sarapan! Inilah 5 Jenis Sarapan yang Bisa Membuat Awet Muda

4. Kista vulva

Penyebab benjolan yang terjadi pada miss V keempat adalah kista vulva. Kista vulva terjadi ketika kelenjar yang ada di sekitar vulva tersumbat.

Ukuran kista ini bervariasi, tetapi umumnya hanya berupa benjolan kecil yang keras dan tidak terasa sakit, kecuali jika sudah terinfeksi. 

5. Herpes genital

Penyebab benjolan yang terjadi pada miss V kelima adalah herpes genital. Herpes genital juga termasuk penyakit menular seksual.

Penyakit yang disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV) ini biasanya ditandai dengan rasa gatal, kesemutan, dan muncul benjolan atau lepuhan pada alat kelamin yang berisi cairan bening. 

Yang terpenting, saat Anda merasakan ketidaknyaman pada vagina, jangan ragu untuk periksa ke dokter agar tidak terlambat dalam penangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News