Bugar

Ada Benjolan di Leher? Ini 5 Penyebab yang Perlu Anda Ketahui

Ada Benjolan di Leher? Ini 5 Penyebab yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Jika Anda menemukan benjolan di leher, tentu akan langsung bertanya-tanya tentang apa penyebabnya.

Terkadang, benjolan di leher sering dikaitkan dengan kondisi mengkhawatirkan, misalnya tumor. Namun itu tidak semua. Sebab, ada juga penyebab benjolan di leher yang tidak serius. 

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab benjolan di leher, antara lain: 

Baca Juga: Tidak Banyak Diketahui, Ini Manfaat Teh Mawar untuk Kesehatan Tubuh

Nodul

Nodul merupakan pertumbuhan abnormal jaringan yang bisa muncul di bagian tubuh mana saja, termasuk di leher. Sebagian besar kasus nodul tidak bersifat kanker.

Nodul yang menghasilkan benjolan di leher dapat disebabkan oleh penggunaan pita suara yang berlebihan, efek penggunaan alkohol pada kelenjar tiroid, dan penyebab lainnya. 

Kista

Benjolan di leher juga bisa disebabkan oleh kista. Perlu diketahui, kista adalah kantung jaringan berisi cairan yang dapat terbentuk di bagian tubuh manapun.

Kista ini tidak padat dan biasanya terasa lunak. Selain itu, kista bersifat jinak, tapi beberapa jenis kanker dapat bersifat kistik.

Bisul

Jika benjolan di leher merah dan menyakitkan, mungkin itu dinamakan bisul. Kondisi bisul merupakan infeksi lokal, artinya ada infeksi pada bisul tapi tidak pada kulit di sekitarnya.

Kista, jerawat, dan folikel rambut yang tersumbat dapat terinfeksi dan berubah menjadi bisul. 

Baca Juga: Selain Camilan, Ini 5 Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan Tubuh

Infeksi bakteri

Selain virus, infeksi bakteri juga dapat menyebabkan masalah leher dan tenggorokan, yang menyebabkan peradangan dan benjolan di leher kanan atau area lainnya. 

Beberapa jenis bakteri yang bisa sebabkan kondisi ini antara lain, demam cakaran kucing, radang tenggorokan, dan lainnya.

Penyebab lainnya

Benjolan di leher kanan mungkin juga disebabkan oleh alergi terhadap obat dan makanan. Batu di saluran air liur juga dapat menyumbat air liur, sehingga lama kelamaan menyebabkan benjolan di leher.

Perlu diwaspadai juga, benjolan di leher dapat dialami siapa saja dan tidak selalu merupakan gejala masalah kesehatan yang serius. Namun jika memilikinya, sebaiknya segera temui dokter untuk memastikannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News