HOME, Keluarga

Ada Banyak Nyamuk di Rumah Anda? Ini Dia Penyebabnya

Ada Banyak Nyamuk di Rumah Anda? Ini Dia Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Salah satu masalah yang kerap dihadapi pemilik rumah saat musim hujan adalah keberadaan nyamuk di mana-mana.

Selain suara dengungannya yang mengganggu, nyamuk juga dapat merugikan kesehatan Anda karena kerap membawa penyakit seperti demam berdarah. Jadi, Anda mesti waspada dengan keberadaan nyamuk di rumah.

Untuk mengurangi jumlah nyamuk yang beterbangan di rumah, Anda perlu mengetahui apa saja hal yang menyebabkan nyamuk datang ke rumah. Jadi, Anda bisa menyingkirkan penyebab tersebut sehingga nyamuk akan menjauh dari rumah.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Air Purifier Philips, Ringkas dan Ampuh Bersihkan Udara

Ingin tahu apa saja penyebab keberadaan nyamuk di rumah? Berikut penjelasannya.

Pintu dan jendela yang terbuka

Dikutip dari callnorthwest.com, pintu dan jendela yang terbuka bisa menjadi penyebab utama banyaknya nyamuk di rumah. Sebab, hal tersebut akan memberikan akses bagi nyamuk untuk masuk ke rumah Anda.

Jika pintu dan jendela sudah ditutup rapat, periksa bagian luar rumah Anda untuk memastikan tidak ada retakan atau celah yang bisa dimanfaatkan nyamuk untuk masuk ke rumah. Pasang kawat nyamuk jika diperlukan.

Genangan air

Selain pintu dan jendela yang terbuka, genangan air juga dapat menarik banyak nyamuk ke rumah Anda. Sebab, genangan air kerap dimanfaatkan nyamuk sebagai tempat berkembang biak. Genangan air tersebut dapat berasal dari ember, bak mandi, bahkan dari tempat tak terduga seperti dispenser dan penampungan air AC.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menutup ember dan bak mandi ketika sedang tidak digunakan. Selain itu, pastikan lantai di rumah kering dan tidak ada genangan air yang dapat mengundang nyamuk, khususnya saat musim hujan seperti sekarang.

Baca Juga: 5 Tempat yang Bisa Jadi Sarang Nyamuk di Rumah, Waspada!

Tanaman di dalam rumah

Memiliki banyak tanaman hias di dalam rumah memang menyenangkan. Namun,  air siraman yang tergenang di permukaan dan bagian bawah tatakan pot tanaman bisa mengundang nyamuk untuk datang dan bertelur di sana.

Jadi, jangan heran jika ada banyak nyamuk di rumah ketika Anda menempatkan banyak tanaman hias di dalam rumah. Solusinya, pastikan Anda menyiram tanaman secukupnya dan membuang sisa air di tatakan pot secara rutin.

Baca Juga: Ini 8 Tips Menghemat Air di Rumah, Tidak Sulit Kok!

Tempat yang gelap dan tertutup

Jika di rumah Anda terdapat banyak tumpukan barang atau area-area gelap yang tertutup, maka kemungkinan besar ada banyak nyamuk di rumah.

Dilansir dari preventivepesthouston.com, nyamuk pada dasarnya menyukai tempat yang gelap dan tertutup. Jadi, kemungkinan besar Anda akan menemukan nyamuk yang bersembunyi di balik tumpukan barang atau di dalam area gelap di rumah.

Itulah beberapa penyebab keberadaan nyamuk yang banyak di rumah. Supaya jumlah nyamuk berkurang, yuk mulai singkirkan penyebab-penyebab tersebut!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News