HOME, Bugar

Abbott Sediakan Swab Test Antigen

Abbott Sediakan Swab Test Antigen

MOMSMONEY.ID -Wabah corona masih melanda tanah air. Untuk mendeteksi orang yang terpapar covid-19, berbagai test bisa dilakukan. Salah satunya test swab antigen. Cara ini merupakan skrining covid-19 yang cukup akurat, efektif, efisien dan sangat dianjurkan WHO, karena dapat mendeteksi orang-orang yang terinfeksi virus tersebut.

Hingga saat ini, hampir semua perusahaan atau institusi, rutin melakukan rapid test antigen massal secara periodik. Tujuannya jelas, sebagai sarana skrining untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 apabila ada karyawan yang terindikasi positif dan untuk memastikan operasional perusahaan berjalan baik.

Nah, Abbott, perusahaan peralatan medis dan perawatan kesehatan asal Amerika juga mengeluarkan produk swab antigen terbaru yaitu Abbott Panbio Antigen Nasal. 

"Sejak kami ganti menggunakan nasal testing dengan tools yang disediakan Abbott, prosentase karyawan yang mau melakukan tes antigen sangat meningkat. Walau efikasinya hampir sama, tapi intrusi yang dirasakan karyawan lebih ringan sehingga proses swab testing lebih dapat diterima," papar Willy Saelan, Direktur Human Resources Unilever Indonesia.

Baca Juga: Jangan mudah tergiur, ini ciri-ciri utama pinjaman online

Sebelumnya, jelas Willy, rapid test antigen yang diselenggarakan secara rutin setiap pekan di seluruh lokasi kerja Unilever menggunakan antigen nasofaring. Metode ini mendapatkan banyak penolakan dari karyawan karena ketidaknyamanan yang ditimbulkan. 

Akibatnya, tidak seluruh karyawan bersedia melakukan proaktif antigen testing.

"Ya, maklum saja, orang dites nasofaring setiap minggu pasti tidak nyaman. Tapi dengan alat tes Panbio nasal dari Abbott yang sekarang, 100 persen karyawan Unilever selalu terskrining. Apalagi akurasinya juga tinggi, tidak kalah dibandingkan alat nasofaring yang sebelumnya," timpal dr. Bunga Tarmizi dari Klinik Presiden, Cikarang yang menangani proses rapid tes masal di seluruh site PT Unilever Indonesia.

Penggunaan alat tes Abbott Panbio nasal antigen, jelasnya, tidak menimbulkan rasa sakit karena pengambilan sampel hanya sedalam 2 cm dari ujung lubang hidung. Menurutnya, akurasi tinggi serta kenyamanan karyawan menjadi kunci 100% kontribusi karyawan dalam pelaksaan tes rapid yang diadakan setiap minggu di Unilever.

Baca Juga: Pemerintah tingkatkan kapasitas pemeriksaan, Abbot sediakan alat tes Covid-19 canggih

Abbott Panbio antigen nasal juga tidak memerlukan instrumentasi dan memberikan hasil sekitar 15 menit. Pengambilan spesiman juga singkat sehingga meminimalkan refleks yang mengganggu seperti batuk dan bersin tanpa mengurangi keakuratan hasilnya.

Dengan proses yang simple, alat ini sangat cocok untuk pengujian dalam skala besar pada berbagai keadaan dan kondisi masyarakat. Hasil studi klinis yang diadakan Abbott terhadap 585 sampel menunjukkan, bahwa uji Panbio COVID-19 Ag memiliki sensitivitas (kecocokan positif) sebesar 98,1% dan spesifisitas (kecocokan negatif) 99,8% pada orang yang diduga terpapar COVID-19 atau mengalami gejala-gejala akibat virus tersebut dalam tujuh hari terakhir.

Bunga menambahkan, harga memang menjadi pertimbangan terpenting kebanyakan konsumen dalam memilih alat tes antigen. Karena masyarakat umumnya belum paham keunggulan teknik nasal dari Abbott Panbio.

"Untuk perbandingan saja, orang Amerika sekarang pada pakai nasal, sudah jarang yang memakai teknik nasofaring, sehingga tidak ada keengganan untuk melakukan test swab antigen,"  pungkasnya. 

Selanjutnya: Jenuh PPKM di rumah? Yuk Makeover Ruangan Aja!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News