HOME, Santai

95% Penonton OTT Rela Menyaksikan Iklan Gratis di Lapaknya

95% Penonton OTT Rela Menyaksikan Iklan Gratis di Lapaknya

MOMSMONEY.ID - Pandemi jelas mengubah industri hiburan di Indonesia. Di saat jutaan orang Indonesia bekerja dan berada di rumah, konsumsi konten digital kian meroket. Secara spesifik, konsumen Indonesia lebih cepat mengadopsi layanan TV streaming (yang dikenal juga sebagai over-the-top atau OTT). Layanan OTT pun memungkinkan penonton untuk melakukan streaming konten video profesional melalui internet sesuai keinginan, dari perangkat apa saja termasuk Smart TV, komputer pribadi, atau perangkat seluler.

Meningkatnya konsumsi OTT di tanah air pun memberikan peluang bagi pengiklan untuk menjangkau dan menjalin interaksi dengan audiens. Tak heran jika para pengiklan selalu mengikuti tren dan aktif memantau platform OTT.

Menurut The Trade Desk, Perusahaan teknologi penyedia layanan digital, ada lebih dari 66 juta penonton OTT di Indonesia yang rata-rata menyaksikan 3 miliar jam konten OTT setiap bulannya. Hal ini merupakan peluang signifikan bagi pengiklan untuk menjadikan OTT sebagai salah satu kanal yang berkembang pesat untuk menjangkau audiens yang lebih luas. 

Baca Juga: Promo Herborist Terbaru, Dapatkan Face Care dan Body Care Herborist Diskon s/d 65%

Hanya saja, berdasarkan penelitian The Trade Desk dan Kantar, 95% penonton OTT bersedia untuk menonton iklan demi menonton konten secara gratis. Dari jumlah tersebut, 9 dari 10 bersedia menerima dua atau lebih iklan per jam demi konten gratis. 

Penerimaan konsumen terhadap model OTT yang didukung iklan ditambah dengan pertumbuhan platform OTT tentu membuka kesempatan yang besar bagi para pengiklan untuk mencapai tujuan kampanye mereka. Saat ini, platform OTT pun telah menyediakan penempatan iklan yang baru, dengan menggabungkan kualitas konten televisi yang menarik perhatian dan kemampuan targeting yang sangat tinggi dari saluran digital.

Salah satu contoh produk yang memanfaatkan OTT untuk menjangkau pembeli adalah NATUR. Ya, NATUR adalah merek perawatan rambut organik berkualitas dari Gondowangi. Dahulu, NATUR sering dikaitkan dengan generasi yang lebih tua. Dengan semakin banyaknya generasi muda yang meminati penggunaan bahan-bahan alami produk NATUR Hair Vitamin pun cukup banyak digemari generasi milenial.

Baca Juga: Promo Hotel & Tiket Pesawat Mister Aladin s.d Rp250.000 dengan Kartu Kredit Digibank

Untuk lebih meningkatkan brand awarness ditengah pandemi, NATUR  mencari cara yang paling efektif untuk menjangkau audiens baru. Salah satunya dengan beriklan di OTT. Bekerjasama dengan Trade Desk, upaya ini menghasilkan peningkatan penjualan yang signifikan. Di bulan September saja, NATUR mengalami pertumbuhan penjualan 386% dibandingkan paruh pertama 2021.

Menurut Florencia Eka, Country Manager Indonesia, The Trade Desk, tahun lalu, banyak orang telah melihat bagaimana pengiklan Indonesia semakin meningkatkan anggaran digital marketing mereka di platform OTT, dikarenakan lonjakan jumlah penonton OTT.

"Hal penting untuk diingat adalah penonton menyaksikan konten di lebih dari satu platform OTT. The Trade Desk diposisikan secara unik untuk membantu pengiklan mengonsolidasikan anggaran iklan mereka di seluruh platform OTT, yang dapat mengoptimalisasikan anggaran beriklan mereka," ucapnya.

\

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News