Santai

9 Tips Melindungi Akun Media Sosial agar Tidak Dibobol Hacker

9 Tips Melindungi Akun Media Sosial agar Tidak Dibobol Hacker

MOMSMONEY.ID - Peretasan akun media sosial semakin marak. Tak perlu takut, ada tips melindungi akun media sosial agar tidak dibobol hacker. 

Melindungi akun media sosial sangatlah penting untuk dilakukan. Selain agar tidak dibobol hacker, melindungi akun media sosial dapat menjaga privasi. 

Peretas dapat menggunakan akun Anda yang dicuri untuk melakukan kejahatan, pencurian dan penipuan. Oleh karena itu, perlu menyimak tips melindungi akun media sosial. 

Baca Juga: Waspada Penipuan, Begini Cara Mengenali Nomor WhatsApp Palsu

Anda dapat melindungi media sosial Anda dari peretas dan penjahat dunia maya dengan mengambil beberapa langkah strategis. 

Mengutip Make Use Of, berikut tips melindungi akun media sosial :

1. Gunakan kata sandi yang solid dan asli 

Meskipun ini terdengar jelas, orang masih membuat kesalahan dengan menggunakan kata sandi yang lemah.

Kata sandi Anda adalah cara termudah untuk membajak akun Anda, oleh karena itu diperlukan. Menetapkan kata sandi yang mudah ditebak memaparkan media sosial Anda dan meningkatkan kerentanannya.

Contoh klasik kata sandi yang buruk adalah nama Anda, tanggal lahir, dan kombinasi yang jelas seperti '1234567', '111', atau pola penekanan tombol berulang.

Alih-alih, gunakan kombinasi yang lebih kompleks untuk membuat akun media sosial Anda tidak terlalu rentan terhadap peretas. Sebagian besar situs merekomendasikan untuk menyertakan alfanumerik, karakter khusus, dan huruf besar.

2. Izinkan otentikasi dua faktor 

TECH-INSTAGRAM/

Autentikasi dua faktor (2FA) adalah salah satu metode paling andal untuk melindungi akun dan aplikasi dari peretas. Untungnya, sebagian besar platform berulang kali menyarankan fitur ini kepada pengguna yang gagal mengaktifkannya.

2FA memberi pengguna akses ke akun mereka dengan dua dari tiga faktor: pengetahuan, kepemilikan, dan bawaan. Sederhananya, alih-alih bergantung pada kata sandi Anda, autentikasi dua faktor akan memerlukan verifikasi ekstra seperti sidik jari atau kode sandi sekali pakai untuk pertahanan tambahan.

Bergantung pada platformnya, proses pengaktifan fitur ini berbeda-beda. Namun, sebagian besar platform mencantumkannya di bawah pengaturan Privasi atau Keamanan. 

3. Buat kata sandi individual

Dengan meningkatnya jumlah platform dan akun media sosial yang relevan, melupakan beberapa kata sandi penting tidak dibuat-buat. Meskipun mengatur kata sandi yang sama di beberapa akun mungkin terdengar seperti solusi yang layak, hal itu membuat akun Anda lebih rentan.

Baca Juga: 3 Cara Download Instagram Story dengan Musik, Anti Gagal dan Tanpa Aplikasi Tambahan

Singkatnya, analogi ini menjelaskan bahaya menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun. Meskipun tampaknya tidak berbahaya, ini meningkatkan kerentanan Anda terhadap serangan isian kredensial. 

4. Gunakan pengelola kata sandi 

Seperti namanya, pengelola kata sandi adalah aplikasi perangkat lunak yang mengelola kata sandi atau menyimpan detail login Anda dalam database terenkripsi. Aplikasi semacam itu memungkinkan Anda membuat kata sandi unik sebanyak mungkin tanpa mencampurnya.

5. Hindari masuk ke akun di perangkat publik 

Masuk dengan cepat ke Snapchat atau Twitter Anda di perangkat lain mungkin nyaman pada saat itu, tetapi pastikan perangkat tersebut tepercaya sebelum Anda memasukkan detail Anda.

Peretas mana pun dapat dengan nyaman mengakses akun media sosial Anda jika perangkat tersebut tidak dipercaya, terlepas dari tindakan yang Anda ambil pada perangkat Anda.

Terkadang, menggunakan perangkat lain tidak dapat dihindari. Dalam situasi seperti itu, pastikan Anda logout dengan benar. Selain membuat Anda aman dari peretas, ini akan membantu Anda melacak perangkat yang Anda masuki.

6. Ubah kata sandi secara rutin

Menambahkan 2FA dan pengelola kata sandi ke kata sandi Anda menciptakan barikade tambahan di sekitar media sosial Anda. Terlepas dari itu, Anda dapat bekerja ekstra dengan mengganti kata sandi Anda secara berkala.

Bagaimana ini memperketat keamanan akun Anda? Pertama, mengubah kata sandi Anda akan terbukti bermanfaat jika Anda pernah dekat dengan peretas atau serangan phishing.

Selain itu, kata sandi bersifat pribadi, jadi disarankan untuk mengubahnya setiap kali Anda membagikannya atau masuk dengan perangkat yang tidak tepercaya.

Baca Juga: Ingin Menghilangkan YouTube Shorts dari Beranda? Pakai 5 Cara Cepat Ini

7. Abaikan tautan dan iklan yang mencurigakan

Hindari mengikuti tautan tidak tepercaya ke halaman acak, karena tautan tersebut dapat langsung mengekspos akun Anda ke peretas.

Tautan yang tampaknya tidak berbahaya terkadang berisi virus tersembunyi, malware, dan serangan phishing. Perangkat lunak berbahaya mencuri data dan informasi rahasia pengguna, terutama jika Anda mencoba masuk ke situs atau halaman yang mencurigakan.

8. Aktifkan notifikasi masuk di semua akun

Notifikasi masuk menyediakan salah satu cara termudah untuk memeriksa aktivitas mencurigakan di halaman media sosial Anda.

Setelah diaktifkan, Anda mendapatkan lansiran instan setiap kali ada upaya login yang mencurigakan di akun Anda. Dengan cara ini, Anda mengetahui adanya kecurangan dan dapat dengan cepat mengubah detail login Anda sesuai dengan itu.

Mirip dengan 2FA, Anda akan menemukan fitur ini di pengaturan privasi sebagian besar platform media sosial dan bahkan akun Google Anda. Mengaktifkannya memberi Anda pengetahuan login langsung, apa pun platformnya. Misalnya, Facebook mencantumkan upaya masuk, perangkat yang digunakan, lokasi, dan waktu.

9. Beli perangkat lunak antivirus 

Langkah ini mungkin menghabiskan sejumlah uang, tetapi masalah yang akan Anda hemat sangat berharga. Menempatkan sistem antivirus yang baik memberi perangkat Anda keamanan internet yang memadai dan dengan ekstensi, membantu melindungi media sosial Anda dari peretas.

Biasanya, sistem antivirus melindungi Anda dari tautan berbahaya dan penipuan phishing dengan mendeteksi dan menghapus kode perusak secara otomatis. Ini tidak berarti Anda harus dengan bebas mengikuti tautan berisiko; selalu berhati-hati saat mengklik.

Nah itulah tips melindungi akun media sosial agar terhindar dari hacker sehingga akun media sosial Anda tetap aman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News