HOME, Keluarga

9 Kandungan yang Harus Ada di dalam Produk Eye Cream, Yuk Cermati

9 Kandungan yang Harus Ada di dalam Produk Eye Cream, Yuk Cermati

MOMSMONEY.ID - Memasuki usia 20-an, eye cream menjadi salah satu produk skincare yang patut untuk mulai dipertimbangkan.

Pasalnya, formula dari moisturizer biasa tidak menjamin dapat menjangkau kulit sekitar mata yang tipis dan rentan kerutan serta pigmentasi.

Adapun beberapa faktor yang bisa mendatangkan kerutan dan pigmentasi dengan lebih cepat di area mata adalah sebagai berikut:

  • Kebiasaan merokok
  • Keturunan
  • Kekurangan vitamin dan ketidakseimbangan hormon
  • Kurang tidur
  • Penggunaan gadget secara berlebihan
  • Stres
  • Anemia
  • Diet ekstrem
  • Alkohol
  • Alergi

Dikarenakan kelenjar minyak di area mata jauh lebih sedikit dibandingkan bagian wajah lainnya, maka penggunaan eye cream agaknya menjadi sangat diperlukan karena eye cream dirancang khusus untuk memberikan kelembaban ekstra di sekitar mata.

Baca Juga: Miliki Kulit Awet Muda dengan Memanfaatkan Kandungan 5 Bahan Alami Ini

Jika Anda berniat untuk mulai menggunakan suatu produk eye cream, pastikan ada salah satu atau beberapa dari 9 kandungan yang dilansir dari laman Dr. Nivedita Dadu’s Dermatology Clinic ini di dalam label komposisi eye cream pilihan Anda.

1. Coenzyme Q10 (CoQ10)

Coenzyme Q10 (CoQ10) mampu mengisi ulang kulit dengan kolagen dan elastin yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari serta mengurangi garis-garis halus maupun kerutan.

Kandungan ini juga dapat membantu mencegah hiperpigmentasi dan lingkaran hitam di area mata dengan cara menghentikan produksi tirosinase yang merupakan katalis untuk produksi melanin.

2. Niacinamide

Niacinamide terkenal mampu mengobati hiperpigmentasi dan bintik hitam. Mengandung antioksidan dengan risiko iritasi atau peradangan yang rendah, niacinamide aman untuk digunakan di sekitar mata.

Jadi, Anda dapat mengoleskan eye cream ber-niacinamide pada kulit halus dan tipis di area mata tanpa perlu khawatir.

3. Hyaluronic Acid

Pada dasarnya, hyaluronic acid atau asam hialuronat telah diproduksi secara alami oleh tubuh kita. Kendati begitu, jumlahnya dapat berkurang seiring bertambahnya usia. Oleh sebab itu, penggunaan hyaluronic acid topikal amat diperlukan termasuk pada area mata.

Hyaluronic acid sendiri adalah humektan alami yang berfungsi untuk mengisi kembali kelembaban kulit. Dalam setiap molekulnya yang kecil, hyaluronic acid bisa mengisi ulang kelembaban kulit 1.000 kali lebih banyak. Ketika diaplikasikan pada wajah, kandungan ajaib ini akan memberikan suntikan kelembaban yang bisa membuat kulit menjadi bersinar sekaligus mencegah kerusakan kolagen.

4. Vitamin K

Vitamin K sangat bagus untuk orang-orang yang area matanya dihinggapi pigmentasi dan lingkaran hitam.

Hal ini dikarenakan vitamin K memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi pembekuan darah beserta efeknya di pembuluh kecil di bawah mata.

5. Kafein

Kafein dapat membantu mengurangi bengkak dan lingkaran hitam di bawah mata serta kantung mata.

Adapun kafein merupakan campuran kuat dari antioksidan dan zat anti-inflamasi yang dapat mengencangkan bagian bawah mata dan mencerahkan tampilan kulit.

Campuran ini juga bisa mengurangi bengkak dan pigmentasi yang umumnya berkaitan dengan lingkaran hitam di sekitar area mata.

6. Retinol

Seperti kita tahu, kulit di area mata lebih tipis dari kulit pada bagian tubuh lainnya. Akibatnya, area sekitar mata menjadi lebih rentan terhadap kerutan karena cenderung sulit untuk ditargetkan dengan produk krim antimainstream.

Dengan menggunakan eye cream yang mengandung retinol, itu dapat membantu memperlambat kerusakan kolagen alami yang terjadi karena penuaan dan faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, serta polusi.

7. Peptide

Peptide adalah molekul kecil dari rantai asam amino yang menyerupai untaian kolagen. Peptide bekerja seperti lem yang menyatukan untaian kolagen untuk mendukung perbaikan dan peremajaan sel kulit.

Bahkan, peptide telah terbukti mampu membantu meringankan bintik-bintik gelap dan memperbaiki tampilan mata bengkak. Plus, peptide memiliki efek lifting serta dapat meningkatkan kekencangan kulit.

8. Vitamin C

Vitamin C dalam eye cream dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di sekitar mata dengan cara memperkuat kulit halus dan mengurangi visibilitas pembuluh darah di area itu.

Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, vitamin C mampu melindungi sel-sel kulit yang sehat dengan memberikan radikal bebas sebuah elektron yang menjadikannya tidak berbahaya.

Untuk mendapakan manfaat tambahan, Anda bisa mengombinasikan eye cream vitamin C dengan produk anti-aging lainnya.

9. Green Tea Extract

Kafein dan tanin yang terdapat dalam teh hijau bermanfaat untuk membantu mengecilkan pembuluh darah di sekitar mata sekaligus mengobati mata bengkak dan lingkaran hitam.

Jika produk eye cream yang Anda gunakan memiliki kandungan ekstrak teh hijau atau green tea extract, bisa dipastikan bahwa produk tersebut akan melembabkan dan menghidrasi serta memberikan cahaya yang sehat pada kulit tipis dan sensitif di sekitar mata Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News