HOME, Keluarga

9 Jenis Teh yang Bagus untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit, Sudah Coba?

9 Jenis Teh yang Bagus untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit, Sudah Coba?

MOMSMONEY.ID - Teh memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Minuman bercita rasa nikmat ini terkenal dapat membantu menurunkan berat badan dan menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

Selain baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, teh juga diklaim dapat membantu menciptakan kulit yang bercahaya karena kebanyakan teh dapat secara alami mendetoksifikasi tubuh sehingga mampu membawa kesegaran pada kulit.

Dapat diminum secara langsung atau dioleskan secara eksternal pada bagian kulit yang membutuhkan, inilah 9 jenis teh yang patut Moms coba untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit sebagaimana dilansir dari Merindah Botanicals.

Baca Juga: Ketahui 4 Manfaat Buah Nanas untuk Kecantikan Kulit Wajah

1. Teh chamomile

Teh Chamomile

Minum teh chamomile dapat mengurangi kulit yang kemerahan, iritasi, dan membantu Anda untuk merasa relaks. Selama bertahun-tahun, teh ini telah digunakan untuk membantu meringankan permasalahan kulit kering, mengelupas, dan bahkan jerawat.

Selain meminumnya, Anda juga bisa lho memanfaatkan teh chamomile dengan cara digunakan secara topikal untuk mengatasi lingkaran hitam di bawah mata. Letakkan kantung teh chamomile hangat pada area bawah mata yang memiliki lingkaran hitam selama 10 menit. Dan, area bawah mata Anda pun akan kembali cerah secara perlahan asalkan Anda mau bersabar dan konsisten melakukan perawatan ini.

2. Teh melati

Teh melati atau jasmine tea cocok untuk Anda minum jika Anda ingin menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat. Hal ini dikarenakan teh yang super aromatik ini memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antioksidan.

Bagi kulit, teh melati dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan serta dapat berfungsi sebagai obat untuk penyakit kulit seperti eksim dan jerawat.

3. Teh hitam

Teh hitam

Tingkat kafein yang tinggi dalam teh hitam atau black tea mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap virus yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Rajin mengonsumsi teh hitam akan memperlambat proses penuaan berkat kandungan antioksidan yang ada di dalamnya.

Jika Anda tidak terlalu suka meminumnya, Anda bisa memanfaatkan teh hitam dengan cara menyeduhnya kemudian oleskan pada wajah ketika sudah mendingin untuk melihat efeknya yang menakjubkan bagi kulit.

4. Teh hijau

Teh hijau

Teh hijau atau green tea adalah salah satu obat dan perlindungan terbaik bagi kulit terhadap efek buruk sinar matahari. Teh jenis ini penuh dengan katekin yang bisa mengurangi proses penuaan pada kulit, melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari, mencegah keriput, dan membantu proses pembaruan sel kulit.

Terbilang ajaib, teh hijau mampu membantu mengatasi peradangan kulit serta menetralisir radikal bebas yang merupakan pembantu sinar UV untuk merusak kulit. Untuk menikmati manfaatnya, Anda bisa meminum secangkir teh hijau setiap pagi atau menggunakan produk-produk yang mengandung ekstrak teh hijau.

5. Teh dandelion

Jika Anda ingin tetap terlihat awet muda dan segar, maka jangan sampai lupa untuk memasukkan teh dandelion ke dalam menu harian Anda.

Teh dandelion memiliki manfaat luar biasa untuk organ dalam Anda. Teh ini juga dapat membantu proses pencernaan yang pada akhirnya akan memberikan efek positif bagi kulit Anda.

6. Teh jahe

Teh jahe dengan madu

Jahe terkenal dengan khasiatnya yang bisa membantu proses pencernaan. Saat diolah menjadi teh jahe, minuman hangat ini akan memberikan efek luar biasa untuk kulit Anda.

Saat Anda rutin minum teh jahe, pencernaan Anda pun akan secara otomatis membaik karena racun yang ada di dalam tubuh Anda akan dibuang secara teratur. Alhasil, kulit Anda pun akan ikut merasakan efek positif dari proses pencernaan yang baik sehingga menjadi tampak lebih segar sekaligus bercahaya.

7. Teh peppermint

Teh peppermint

Teh peppermint adalah perawatan dari dalam terbaik untuk orang-orang yang memiliki kulit berminyak. Pasalnya, teh ini mengandung mentol yang mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada sel-sel kulit.

Tak sampai di situ, teh peppermint juga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati serta membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh lho. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

8. Teh putih

Teh putih atau white tea memiliki kandungan katekin dan antioksidan tertinggi dibanding teh jenis lainnya karena teh ini melalui proses pengolahan yang paling sedikit.

Teh putih sendiri dapat bertindak sebagai pengobatan untuk berbagai penyakit kulit berkat sifat antibakteri yang dimilikinya.

9. Teh oolong

Teh oolong

Selain rasanya yang unik, teh oolong juga memiliki manfaat yang bagus untuk kulit. Teh oolong mampu membantu melawan kerusakan pada kulit akibat sinar matahari dan asap.

Bahkan, teh oolong dapat memperbaiki warna kulit serta mengurangi munculnya bintik-bintik hitam lho Moms.

Itulah 9 jenis teh yang memiliki manfaat luar biasa untuk kulit. Kira-kira, teh apa yang menjadi pilihan Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News