HOME, Keluarga

9 Cara Sederhana untuk Mengurangi Kerutan Wajah, Bisa Anda Coba Supaya Awet Muda!

9 Cara Sederhana untuk Mengurangi Kerutan Wajah, Bisa Anda Coba Supaya Awet Muda!

MOMSMONEY.ID - Semakin bertambahnya usia, berbagai permasalahan kulit pun kerap mengiringi. Supaya tidak terlihat tua-tua amat akibat kerutan, maka Anda tidak boleh malas untuk melakukan perawatan wajah supaya kerutan dapat berkurang.

Di antara banyaknya cara merawat wajah yang beredar di mana-mana, ada 9 cara yang sangat worth it untuk Anda coba sebagai berikut.

1. Praktikkan perawatan dasar

Kulit tetap terlihat muda meski sudah berumur tidak mustahil untuk Anda wujudkan. Jika Anda menginginkan kulit Anda awet muda, mulailah dengan hal-hal dasar yang esensial untuk Anda lakukan secara konsisten.

Baca Juga: 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Kulit Anda Berjerawat, Biar Tidak Semakin Parah

Hal-hal dasar yang wajib Anda terapkan untuk menjaga penampilan kulit supaya senantiasa muda antara lain rajin menggunakan sunscreen, mengaplikasikan moisturizer atau pelembab, dan berhenti merokok.

2. Tidur Telentang

Posisi tidur ternyata bisa berpengaruh terhadap penampilan kulit wajah Anda lho. Posisi tidur miring dapat menyebabkan kerutan pada area pipi dan dagu. Sementara itu, tidur dengan posisi telungkup bisa membuat alis Anda berkerut.

Supaya kerutan tidak datang dan berdiam di atas wajah indah Anda, disarankan bagi Anda untuk tidur dengan posisi telentang dari malam ke malam.

3. Mengonsumsi ikan salmon

Seperti kita tahu, ikan salmon sering disajikan di resto-resto Jepang atau western. Meski tidak bisa dibilang murah, namun ikan salmon memiliki cita rasa yang khas dan tentunya sedap.

Sebagai sumber protein yang bagus, ikan salmon merupakan salah satu bahan pembangun yang baik bagi kulit. Manfaat ini berasal dari kandungan asam lemak omega-3 yang ada di dalam ikan salmon.

Para ahli mengatakan bahwa asam lemak esensial termasuk yang ada pada ikan salmon mampu menyehatkan kulit serta membuatnya tetap kenyal dan awet muda. Selain itu, dengan rajin mengonsumsi ikan salmon, kerutan pada wajah Anda pun akan cenderung minim.

4. Jangan menyipitkan mata

Ekspresi wajah apapun yang Anda lakukan secara berulang-ulang misalnya menyipitkan mata ternyata dapat membuat otot wajah bekerja terlalu keras dan bisa menciptakan lekukan di bawah permukaan kulit. Seiring berjalannya waktu, lekukan tersebut akan bertransformasi menjadi kerutan.

Nah, apabila Anda sering menyipitkan mata akibat penglihatan yang bermasalah, baiknya Anda menggunakan kacamata alih-alih menyipitkan mata. Disarankan juga bagi Anda untuk menggunakan kacamata hitam ketika sedang berkegiatan outdoor guna melindungi kulit di sekitar mata dari kerusakan akibat sinar matahari sekaligus mencegah Anda untuk menyipitkan mata akibat silau.

5. Mengaplikasikan skincare dengan kandungan AHA

AHA atau Alpha-Hydroxy Acids adalah asam alami yang mampu mengangkat lapisan atau sel kulit mati. Tidak hanya itu, skincare dengan kandungan AHA juga dapat membantu mengurangi munculnya pori-pori besar, garis-garis halus, dan kerutan di permukaan wajah terutama di sekitar mata.

Bahkan, bentuk AHA yang lebih kuat dapat membantu meningkatkan produksi kolagen yang berguna untuk memberi kekuatan dan kekencangan pada kulit Anda. Meskipun begitu, skincare AHA dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari. Jadi, jangan lupa untuk rajin menggunakan sunscreen setiap hari ya.

6. Jangan mencuci muka terlalu sering

Air keran dapat menghilangkan kelembaban kulit sekaligus minyak alami yang berguna untuk melindungi kulit dari kerutan.

Ketika Anda mencuci muka terlalu sering, Anda justru akan menghilangkan proteksi alami kulit. Selain tidak boleh terlalu sering, Anda juga disarankan untuk menggunakan facial wash yang mengandung moisturizer atau facial wash yang berbentuk gel maupun krim.

7. Pakai produk vitamin C

Beberapa penelitian menemukan bahwa krim ber-vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen. Tak sebatas itu, skincare dengan kandungan vitamin C juga mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UVA dan UVB serta membantu mengurangi kemerahan, bintik hitam, dan warna kulit tidak merata.

Pastikan produk skincare vitamin C yang Anda gunakan tepat. Anda bisa memilih skincare yang mengandung L-Ascorbic Acid untuk menghilangkan kerutan pada kulit wajah Anda.

8. Manfaatkan produk mengandung kedelai

Kedelai dapat memperbaiki penampilan kulit sekaligus melindunginya. Studi menunjukkan bahwa kedelai yang dioleskan ke kulit atau dikonsumsi sebagai suplemen (bukan sebagai makanan) dapat membantu melindungi bahkan menyembuhkan beberapa kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Kedelai juga dapat menjaga struktur dan kekencangan kulit serta mampu meratakan warna kulit.

9. Ganti kopi dengan kakao

Dibandingkan kopi, cobalah minuman kakao sebagai upaya lezat untuk mengurangi kerutan wajah. Satu studi menunjukkan bahwa kakao memiliki 2 antioksidan tingkat tinggi yakni epicatechin dan catechin yang berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke sel-sel kulit, menjaga kelembaban, serta membuat kulit terlihat sekaligus terasa lebih halus.

Bagaimana? Cukup sederhana bukan? Anda bisa mempraktikkan kesembilan cara di atas dengan sesegera mungkin untuk menciptakan penampilan forever young meski sudah tak lagi muda.

Selanjutnya: 6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Kulit Wajah Lho. Yuk, Stop Sekarang Juga!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News