Bugar

8 Urutan Hair Care Routine dari Rumah untuk Rambut Sehat dan Indah

8 Urutan Hair Care Routine dari Rumah untuk Rambut Sehat dan Indah

MOMSMONEY.ID - Mau rambut sehat dan indah? Anda bisa coba melakukan urutan hair care routine rumahan ini. Pentingnya memahami urutan hair care routine agar mendapatkan hasil yang maksimal. Rambut termasuk bagian tubuh yang harus dirawat selain wajah.

Jika Anda memiliki waktu luang, Anda bisa mencoba hair care routine dari rumah. Pilihlah produk perawatan rambut yang tepat untuk rambut indah Anda.

Mengutip dari cnfstore.com, simak delapan urutan hair care routine yang bisa Anda coba, yaitu: 

Baca Juga: Promo Tiket.com 22 Mei - 4 Juni 2023, Diskon Tiket Bus & Travel Hingga Rp 133.000

1. Hair Oil Sebelum Keramas

Sebelum melakukan keramas, Anda perlu mengoleskan hair oil ke rambut. Minyak rambut berfungsi untuk menjaga kelembapan, memperkuat akar, meningkatkan sirkulasi darah, dan mempercepat pertumbuhan rambut. Kandungan minyak dipercaya dapat memperbaiki kutikula pada rambut.

Anda bisa menggunakan minyak kelapa, minyak almond, minyak zaitun atau peppermint oil. Agar hasilnya maksimal, lakukan pijatan ke kulit kepala dan biarkan satu hingga dua jam sebelum keramas.

Setelah itu baru bilas sampai bersih menggunakan air dan pastikan tidak ada minyak yang tersisa. Sedikit catatan, untuk rambut yang mudah berminyak sebaiknya kurangi penggunaan minyak di kulit kepala untuk menghindari lepek pada rambut.

2. Cuci Rambut dengan Shampo

Kemudian, Anda bisa melanjutkan dengan mencuci rambut dengan shampo. Cukup lakukan keramas sebanyak 3-4 kali seminggu untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut. Pastikan juga pilih shampo dengan kandungan keratin di dalamnya.

Kandungan keratin akan membuat rambut tidak mengembang dan lurus dengan sempurna. Hindari shampo berbahan keras, seperti ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl sulfate.

Setelah keramas dan rambut masih dalam keadaan basah, kamu bisa memakai kondisioner pada batang rambut dan diamkan selama 5 menit sebelum dibilas.

Baca Juga: Daftar Harga HP OPPO Termurah 2023, Ada OPPO A17 sampai OPPO A57

3. Hair Mask dan Deep Conditioning Mask

Urutan hair care routine di rumah selanjutnya adalah gunakan hair mask dan deep conditioning mask. Anda bisa memilih masker rambut dari bahan natural seperti lidah buaya, teh hijau, dan minyak zaitun setiap 1-2 kali dalam seminggu.

Khusus untuk rambut yang sangat kering, masker kondisioner satu ini mengandung zat yang mampu menghidrasi, melembutkan, dan menghaluskan rambut kusut.

Aplikasikan deep conditioning mask 2-3 kali seminggu. Oleskan masker kondisioner sesuai dengan instruksi pemakaian dan diamkan beberapa lama sebelum dibilas hingga bersih. 

4. Creambath Rambut

Gunakan creambath rambut juga. Anda bisa melakukan creambath di rumah dengan bantuan orang lain. Proses creambath dilakukan selama satu jam dengan pijatan di kepala, leher, dan pundak untuk melancarkan peredaran darah ke kepala.

Creambath sebaiknya dilakukan minimal satu kali dalam seminggu untuk menjaga kelembapan rambut. Pilihlah jenis creambath yang cocok untuk jenis rambut dan permasalahan yang kamu alami.

5. Pakai Hair Serum

Berikutnya, Anda perlu memakai hair serum. Gunakan hair serum bila Anda sering menggunakan alat styling rambut, seperti hair dryer, catok atau pengeriting rambut non permanen.

Kandungan hair serum mampu mengganti protein pada rambut yang hilang akibat terkena panas dari alat styling rambut tersebut. Pemakaian hair serum akan membuat rambut lebih halus dan lebih mudah saat ditata

Baca Juga: Ini Lo Tren Warna Cat Dinding Dapur di Tahun 2023

6. Hair Tonic

Segera pakai hair tonic saat rambut setengah basah setelah keramas. Cara dalam hair care routine ini penting dilakukan untuk memberikan nutrisi di kulit kepala.

Beberapa masalah rambut yang sulit hilang akan berkurang jika Anda menggunakan hair tonic secara tepat. Pastikan tidak berlebihan saat menggunakan hair tonic karena bisa menyebabkan rambut menjadi lepek

7. Gunakan Hair Vitamin

Urutan hair care routine selanjutnya adalah hair vitamin. Oleskan vitamin rambut yang berbentuk kapsul secara rutin pada batang rambut setelah keramas.

Anda juga bisa mendapat vitamin yang baik untuk rambut dengan mengonsumsi telur, bayam, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Makanan bergizi dan vitamin rambut penting dalam rangkaian hair care routine untuk membantu mencegah kerontokan rambut.

8. Hair Mist

Terakhir, Anda bisa melengkapi hair care routine dengan pemakaian hair mist. Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar rumah, tampilan rambut tentu harus lebih Anda perhatikan agar tetap wangi.

Anda bisa menggunakan hair mist untuk memberikan kesegaran dan keharuman pada rambut kamu sepanjang hari. Beberapa produk hair mist juga diformulasikan dengan nutrisi yang baik untuk rambut. Sehingga rambut tetap harum dan mudah diatur. 

Jadi, itulah urutan hair care routine yang bisa Anda lakukan di rumah. Setiap produk perawatan rambut yang digunakan memiliki manfaat baik untuk kesehatan rambut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News