HOME

8 Tips untuk Membantu Orang Tua Menjadi Role Model yang Baik bagi Anak

8 Tips untuk Membantu Orang Tua Menjadi Role Model yang Baik bagi Anak

MOMSMONEY.ID - Secara alami, anak-anak akan mengamati setiap detail dari perilaku orang tua mereka. Dan, apa yang orang tua lakukan memiliki kekuatan untuk memengaruhi dan membimbing anak-anaknya.
Tentu, Anda sebagai orang tua sangat menginginkan anak Anda tumbuh menjadi seseorang berkepribadian luhur dan mampu memberikan dampak positif bagi lingkungan di sekitarnya bukan?
Jika benar demikian, maka Anda harus berjuang keras untuk menjadi role model yang baik terlebih dahulu guna memberikan contoh nyata yang akan ditiru oleh anak-anak Anda. Tak perlu menjadi sosok orang tua yang sempurna, setidaknya praktikkanlah 8 tips yang MomsMoney lansir dari iMOM berikut ini untuk membantu Anda menjadi role model yang baik bagi anak Anda.

Baca Juga: Apakah Orang Tua Boleh Menunjukkan Kelemahannya pada Anak? Ini Jawabannya
1. Bagikan nilai-nilai Anda
Mengajarkan anak-anak Anda berbagai karakter penting seperti kejujuran, keandalan, dan tanggung jawab adalah hal dasar yang tidak boleh Anda lewatkan. Selain itu, Anda juga perlu membagikan kepada mereka tentang isu-isu penting seperti iman dan moralitas.
Dengan kerap membagikan nilai-nilai positif yang Anda junjung tinggi, anak pun akan salut kepada Anda karena Anda mau membela apa yang Anda yakini.
2. Tunjukkan cara Anda menghargai diri
Tunjukkanlah pada anak Anda bahwa Anda menghargai hidup Anda sendiri.
Saat Anda mampu menjaga pola hidup yang baik melalui diet sehat, olahraga, dan manajemen stres, itu sudah sangat cukup menjadi teladan bagi anak untuk mereka terapkan di dalam kehidupannya.
3. Tunjukkan nilai kemerdekaan
Idealnya manusia adalah yang mampu berdiri di atas kakinya sendiri.
Jadi, berikan contoh nyata kepada anak Anda supaya mereka menjadi orang yang bisa berpikir untuk dirinya sendiri serta tidak mudah mengikuti orang banyak hanya karena sesuatu yang populer.
4. Hati-hati dengan obat-obatan
Meskipun pengobatan terkadang diperlukan, namun hindarilah untuk langsung mengonsumsi obat sebagai metode pengobatan praktis dari rasa sakit dan stres yang masih tergolong ringan.
Selagi masih tergolong ringan, cobalah ganti kebiasaan minum obat dengan istirahat dan minum air putih yang cukup. Hal ini dilakukan untuk mencegah anak-anak Anda ikut ketergantungan dengan keberadaan obat-obatan.
5. Mengatasi stres secara efektif
Biarkan anak Anda tahu bahwa stres adalah bagian normal dari kehidupan. Kemudian, tunjukkan kepada mereka cara yang efektif untuk menanganinya.
Berlatihlah mengambil napas dalam-dalam dan mintalah anak Anda untuk ikut bernapas dalam-dalam bersama Anda.
Tatkala Anda berdoa, cobalah untuk berdoa dengan suara agak keras agar anak Anda dapat mendengarnya. Melalui cara ini, niscaya anak Anda akan merasakan kedamaian yang Anda ciptakan sekaligus terdorong untuk mengikuti jejak Anda yang menjadikan Tuhan sebagai tempat meminta pertolongan.
6. Ajarkan anak tentang kesuksesan dan kegagalan
Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menjadi role model yang baik bagi anak adalah dengan mengajarkan mereka bahwa keberhasilan dan kegagalan adalah dua peristiwa hidup yang pasti akan mereka alami.
Bagikan tujuan hidup yang Anda miliki kepada anak lalu beri tahu mereka bagaimana cara Anda mencapai tujuan tersebut dan bagaimana Anda menangani kekecewaan akibat kegagalan. Biarkan anak-anak Anda tahu bahwa kegagalan itu baik-baik saja dan yakinkan anak bahwa mereka dapat menggunakan kegagalan sebagai pengalaman untuk belajar menjadi lebih baik lagi ke depannya.
7. Cintai dan hargai keluarga Anda
Tunjukkanlah pada anak-anak Anda bahwa Anda mencintai mereka dan anggota keluarga lainnya dengan lebih sering menghabiskan waktu bersama. Anda bisa merencanakan perjalanan khusus ke kebun binatang atau menonton film bersama keluarga. Atau, Anda bisa mengajak keluarga berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah dan membeli es krim kesukaan.
Selama momen quality time bersama keluarga berlangsung, pastikan Anda tidak lupa untuk memberi tahu seluruh anggota keluarga yang ikut serta tentang betapa Anda menikmati kebersamaan bersama mereka.
8. Libatkan diri Anda pada hal yang anak minati
Melibatkan diri dengan kehidupan anak-anak Anda menjadi cara terakhir dalam tulisan ini yang bisa Anda praktikkan untuk menjadi role model yang baik bagi mereka.
Jika Anda bisa, jadilah sukarelawan di sekolah atau acara komunitas anak Anda. Atau, pergilah ke pertandingan olahraga atau pertunjukan musik yang anak Anda ikuti.
Pastikan untuk memberi tahu anak Anda bahwa Anda tertarik dengan apapun yang terjadi di dalam hidup mereka.
Demikian 8 tips yang bisa Anda praktikkan untuk menjadi role model yang baik bagi anak-anak Anda. Apakah Moms sudah melakukan kedelapan tips di atas selama ini?

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News