Keluarga

8 Tanda Terlalu Banyak Makanan Pedas, Salah Satunya Jerawatan!

8 Tanda Terlalu Banyak Makanan Pedas, Salah Satunya Jerawatan!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 8 tanda terlalu banyak makan makanan pedas di sini.

Makanan pedas memang terasa nikmat dan bikin ketagihan. Namun, di balik popularitasnya yang kian melejit, tidak bisa dipungkiri bahwa makanan pedas juga menyimpan efek samping terutama jika dikonsumsi secara berlebihan.

Daripada harus mengalami masalah kesehatan yang tidak diinginkan, pastikan Anda mulai mencari tahu tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda terlalu banyak makan makanan pedas dan segera menguranginya.

Merangkum laman Insider, ada setidaknya 8 tanda terlalu banyak makan makanan pedas menurut para ahli. Selengkapnya, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Bikin Awet Muda, Simak 5 Manfaat Tidur yang Cukup untuk Kecantikan Kulit

1. Perut terasa mulas

Tanda terlalu banyak makan makanan pedas yang pertama yaitu perut terasa mulas. Mulas terjadi ketika asam lambung mengalir kembali ke pipa makanan dan menyebabkan rasa terbakar di dada.

Saat Anda mengonsumsi makanan pedas, itu bisa memicu refluks cairan lambung ke kerongkongan yang menyebabkan mulas.

Banyak makanan pedas mengandung senyawa bernama capsaicin yang dapat memperlambat laju pencernaan. Makanan ini akan bertahan lebih lama di perut dan meningkatkan risiko mulas.

2. Jerawatan

Tanda terlalu banyak makan makanan pedas yang kedua yaitu jerawatan. Secara khusus, efek samping yang mungkin Anda alami dari makan makanan pedas yaitu peluang jerawat untuk tumbuh semakin meningkat.

Setelah mengonsumsi makanan pedas, suhu tubuh cenderung naik dan menghasilkan keringat yang memicu keluarnya minyak di kulit. Adapun minyak tersebut dapat memerangkap kotoran dan bakteri yang pada gilirannya bisa memperburuk kondisi kulit seperti jerawat.

Ketika makanan pedas menimbulkan peradangan di usus, tak jarang peradangan ini juga terlihat pada kulit dalam bentuk jerawat atau bahkan eksim.

3. Diare

Tanda terlalu banyak makan makanan pedas yang ketiga yaitu diare.

Kandungan capsaicin dalam beberapa makanan pedas dapat mengiritasi lapisan lambung atau usus dan memberikan efek pencahar pada beberapa orang saat makanan pedas melewati sistem pencernaan mereka.

4. Bau mulut

Tanda terlalu banyak makan makanan pedas yang keempat yaitu bau mulut. Selain bawang-bawangan, ternyata makanan pedas juga bisa menjadi sumber dari permasalahan bau mulut lho Moms.

Pasalnya, makanan pedas dapat menimbulkan masalah pencernaan. Saat Anda mengalami mulas karena makanan pedas, isi perut Anda akan naik kembali ke kerongkongan. Hal ini bisa menyebabkan gas berbau tidak sedap keluar dari mulut Anda.

Baca Juga: 3 Cara Menghilangkan Tekstur Kulit Akibat Keratosis Pilaris, Gimana?

5. Insomnia

Tanda terlalu banyak makan makanan pedas yang kelima yaitu insomnia. Makanan pedas diketahui dapat menyebabkan mulas dan kondisi ini bisa semakin parah saat Anda hendak tidur.

Tatkala Anda berbaring, itu akan memudahkan asam di perut mengalir kembali ke atas dan membakar lapisan kerongkongan.

Untuk menghindarinya, hindarilah makan makanan pedas larut malam dan jangan duduk terlalu lama setelahnya. Cobalah untuk bangun dan jalan-jalan santai setelah makan makanan pedas alih-alih duduk terlalu lama atau berbaring.

6. Sakit tenggorokan atau kehilangan suara

Tanda terlalu banyak makan makanan pedas yang keenam yaitu sakit tenggorokan atau kehilangan suara.

Makanan pedas bisa dengan mudah mengiritasi tenggorokan. Ketika Anda terlalu banyak makan makanan pedas, pita suara dapat meradang dan membuat suara menjadi serak.

7. Kehilangan nafsu makan

Tanda terlalu banyak makan makanan pedas yang ketujuh yaitu kehilangan nafsu makan. Beberapa penelitian menemukan bahwa makanan pedas dapat mengekang nafsu makan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang merasa lebih puas setelah makan makanan panas dan pedas serta mengonsumsi lebih sedikit lemak.

Meski terdengar bagus untuk membantu menurunkan berat badan, namun tidak disarankan untuk makan makanan pedas setiap hari ya Moms. Jika bersikeras, Anda akan benar-benar kehilangan nafsu makan dan mengalami masalah kesehatan yang jauh lebih serius.

8. Mengalami gastritis akut

Tanda terlalu banyak makan makanan pedas yang terakhir yaitu mengalami gastritis akut. Gastritis terjadi ketika lapisan perut meradang dan kondisi ini dapat disebabkan oleh kebiasaan makan makanan pedas. Sering kali, gastritis yang sudah mencapai level akut datang secara tiba-tiba dan bersifat sementara.

Untuk gejalanya sendiri bisa meliputi mual, muntah, dan perasaan penuh di perut bagian atas setelah makan.

Guna menghindari gastritis akut, berusahalah untuk mengurangi jumlah makanan pedas yang Anda konsumsi mulai dari sekarang ya.

Itulah 8 tanda terlalu banyak makan makanan pedas yang harus Anda catat dan ingat baik-baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News