Keluarga

8 Penyebab Bunga Anggrek Tidak Mekar, Kurang Cahaya atau Kebanyakan Air

8 Penyebab Bunga Anggrek Tidak Mekar, Kurang Cahaya atau Kebanyakan Air

MOMSMONEY.ID - Pecinta tanaman pasti frustasi melihat bunga anggrek tidak mekar atau bahkan tidak pernah muncul. Ada beberapa penyebab bunga anggrek tidak mekar. 

Mengutip The Spruce, penyebab bunga anggrek tidak mekar bisa terjadi karena kurang perawatan. Selain itu, kondisi tempat penyimpanan bunga anggrek. 

Tanaman hias anggrek memang bisa ditanam dan diletakkan di dalam ruangan atau luar ruangan. Namun, Anda perlu memperhatikan kondisi cahaya ruangan tersebut untuk mencegah bunga anggrek tidak mekar. 

Ada banyak masalah yang membuat bunga anggrek tidak mekar. Akan tetapi, hal tersebut dapat diatasi dengan perawatan yang baik. Berikut ini beberapa penyebab bunga anggrek tidak mekar. 

1. Tidak mendapatkan cahaya 

Bunga Anggrek

Cahaya yang tidak memadai menjadi penyebab bunga anggrek tidak mekar. 

Anggrek dendrobium, cattleya, dan cymbidium adalah tiga varietas populer yang menyukai kondisi cerah, tetapi tidak terkena sinar matahari langsung.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Anggrek Berbunga dengan Cepat dan Awet

2. Mendapatkan terlalu banyak cahaya

Jika menempatkan anggrek di bawah sinar matahari penuh, Anda mungkin melihat gejala yang parah seperti daun terbakar matahari. Bahkan cahaya buatan yang berlebihan dapat menekan pembungaan.

3. Variasi suhu 

Anggrek juga perlu mengalami perbedaan suhu untuk memicu mekar.

Jika memungkinkan, paparkan anggrek Anda pada suhu malam hari 10 derajat lebih dingin daripada suhu siang hari selama dua minggu pada awal musim mekarnya anggrek.

4. Butuh nutrisi atau pupuk yang tepat

Meskipun benar bahwa anggrek bukanlah pemakan berat, anggrek yang hidup dalam campuran pot anorganik yang steril mungkin memerlukan tambahan nutrisi untuk bisa mekar. 

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Tanaman Hias Gratis, Yuk Coba Pakai Trik Ini!

5. Perlu repotting 

Repotting adalah bisnis yang rumit bagi petani anggrek. Untuk menentukan apakah anggrek Anda perlu direpoting, evaluasi sistem akarnya, bukan dedaunannya. 

Jika akar terlihat coklat atau bahan tanam menyerupai tanah kebun dalam kepadatannya, saatnya untuk melakukan repoting.

6. Penyiraman berlebihan

Memberi terlalu banyak air juga bisa mengakibatkan bunga anggrek tidak mekar. 

Sesuaikan jadwal penyiraman dengan media pot, ukuran pot, dan lingkungan tanaman.

Baca Juga: Praktis, Begini Cara Menanam Rumput Jepang di Lahan Sempit

7. Kekurangan air

Beberapa penanam anggrek melakukan kesalahan di sisi pengeringan dalam upaya niat baik mereka untuk menghindari menyiram tanaman secara berlebihan.

Jika anggrek menjadi terlalu kering, daunnya akan menarik air dari kuncup yang sedang berkembang. Oleh karena itu, kekurangan air juga tidak baik untuk bunga anggrek. 

8. Ketahui waktu varietas anggrek mekar

Membeli tanaman anggrek yang sedang mekar belum tentu merupakan tanda tanaman tersebut akan mekar, karena petani dapat menginduksi mekar di rumah kaca dengan mengubah cahaya dan suhu.

Identifikasi anggrek Anda, dan kemudian dapat mempelajari tentang siklus mekar alaminya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News