HOME, Keluarga

8 Manfaat Sarapan Bagi Anak-Anak, Bisa Meningkatkan Kekuatan Otak

8 Manfaat Sarapan Bagi Anak-Anak, Bisa Meningkatkan Kekuatan Otak

MOMSMONEY.ID - Sarapan bukanlah sekadar rutinitas makan di pagi hari, melainkan sebuah kebiasaan sehat yang penting untuk dilakukan setiap hari.

Sarapan tidak boleh dilewatkan oleh siapa pun khususnya anak-anak. Mengapa demikian? Karena, kebiasaan sarapan menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang akan menjadikan anak tumbuh menjadi orang dewasa yang sehat dan kuat.

Kira-kira, apa sajakah manfaat yang akan anak dapatkan ketika membiasakan diri untuk rutin sarapan setiap hari? Melansir Little Things, inilah dia 8 manfaatnya:

Baca Juga: Beberapa Cara Efektif untuk Mengenalkan si Kecil tentang Uang sejak Dini

1. Meningkatkan kekuatan otak

Sarapan pagi setiap hari dapat membantu mengaktifkan otak anak dengan cara meningkatkan kemampuan belajar mereka yang mengarah pada peningkatan kekuatan otot jangka panjang.

Puluhan penelitian dari tahun 1950-an secara konsisten menunjukkan bahwa anak-anak yang rajin sarapan memiliki prestasi akademis lebih baik daripada anak yang tidak sarapan.

2. Mengatur berat badan

Mungkin Moms berpikir bahwa melewatkan sarapan akan membuat berat badan turun. Faktanya, yang terjadi justru sebaliknya.

Sarapan malah dapat membantu menjaga berat anak-anak. Pasalnya, sarapan akan memulai proses metabolisme tubuh yang mana dalam proses tersebut tubuh mengubah bahan bakar dalam makanan menjadi energi. Ketika metabolisme bergerak, maka tubuh pun akan mulai membakar kalori.

3. Mengontrol tekanan darah

Tampaknya memang terlalu dini ketika kita mengkhawatirkan tekanan darah pada anak-anak. Meskipun begitu, sarapan sebenarnya dapat memengaruhi bagian terpenting dari kesehatan anak selama bertahun-tahun.

Bahkan, The National Health Service mengungkapkan bahwa sarapan memiliki manfaat kesehatan jangka panjang yakni dapat mengurangi risiko terjadinya tekanan darah tinggi.

4. Meningkatkan suasana hati dan energi

Menurut Dairy Council of California, sebuah tinjauan dari 36 studi yang membandingkan antara anak-anak yang rajin sarapan dengan anak-anak yang tidak suka sarapan menemukan bahwa sarapan memiliki manfaat yang hampir universal pada perilaku mereka.

Manfaat tersebut termasuk meningkatkan suasana hati dan energi anak yang rutin sarapan setiap harinya.

5. Menyehatkan pencernaan

Seperti kita ketahui, makanan tinggi serat sangat berguna bagi pencernaan. Nah, waktu yang tepat bagi tubuh kita untuk menyerap nutrisi penting tersebut ialah pada saat sarapan.

Sarapan bisa menjadi sarana yang sempurna untuk menyerap serat yang penting bagi kesehatan pencernaan kita maupun anak-anak. Dengan membiasakan sarapan, maka anak-anak akan memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk mencapai tujuan serat.

6. Melawan diabetes

Sebuah studi terhadap wanita telah menunjukkan hubungan antara sarapan dan perkembangan diabetes pada orang-orang dari segala usia. Live Science mengungkapkan bahwa melewatkan sarapan dapat meningkatkan risiko diabetes pada wanita.

Wanita yang sarapan rata-rata 0-6 kali per minggu memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 dibandingkan wanita yang sarapan setiap hari. Supaya anak-anak Moms khususnya yang berjenis kelamin perempuan kelak dapat terhindar dari risiko diabetes, maka Moms harus membiasakan mereka untuk rajin sarapan setiap hari mulai dari sekarang. Upaya tersebut dilakukan agar anak dapat membawa kebiasaan sehat tersebut hingga dewasa.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Apabila Moms menginginkan anak-anak memiliki jantung yang sehat, maka sarapan merupakan cara yang baik untuk mulai mewujudkannya. Menurut Live Science, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa sarapan dikaitkan dengan insiden penyakit jantung yang lebih rendah.

Sementara itu, melewatkan sarapan dikaitkan dengan hipertensi, resistensi insulin, dan peningkatan kadar gula darah.

8. Mendorong pertumbuhan otot

Anak-anak terus bertumbuh, jadi sangat penting untuk menjaga otot mereka tetap sehat dan kuat.

Banyak atlet yang memanfaatkan sarapan sebagai cara untuk meningkatkan pertumbuhan otot. Jika para atlet saja sudah membuktikan manfaat sarapan, itu artinya kebiasaan sehat tersebut juga sangat baik untuk pertumbuhan otot anak-anak.

Bagaimana, Moms? Sangat luar biasa bukan manfaat sarapan bagi kesehatan dan kecerdasan anak-anak. Ketika anak-anak enggan sarapan, pastikan Moms tidak membiarkan mereka untuk benar-benar melewatkan sarapan ya Moms.

Supaya anak-anak tertarik untuk sarapan, pastikan Moms tidak bosan untuk mengkreasikan menu sarapan yang lezat dan berpenampilan menarik agar si kecil antusias untuk melahapnya.

Selanjutnya: Luar Biasa, Inilah 5 Manfaat yang Bisa Anak Dapatkan Ketika Dekat dengan Alam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News