Keluarga

8 Manfaat Raw Milk untuk Kecantikan Kulit Wajah, Yuk Catat!

8 Manfaat Raw Milk untuk Kecantikan Kulit Wajah, Yuk Catat!

MOMSMONEY.ID - Raw milk atau susu sapi mentah adalah susu yang tidak mengalami proses pasteurisasi. Menurut penelitian, raw milk mengandung mikroorganisme penyebab infeksi dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Kendati begitu, raw milk menawarkan beragam manfaat kecantikan ketika dioleskan secara langsung pada kulit wajah.

Dikemas dengan protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, kalsium, kalium, zat besi, dan air, inilah penjelasan tentang manfaat raw milk untuk kulit sebagaimana dilansir dari BeBodywise.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Serum Bantu Perbaiki Skin Barrier Wajah yang Harganya Terjangkau

1. Mencerahkan warna kulit

Paparan sinar matahari berlebih, stres, dan kurang tidur dapat menyebabkan warna kulit tidak merata. Dan, raw milk bisa Anda manfaatkan untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut.

Mengapa raw milk? Karena, raw milk mengandung asam laktat, zat besi, dan mineral penting yang bertindak sebagai agen eksfoliasi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Dengan demikian, penggunaan raw milk akan sekaligus mencerahkan warna kulit pada akhirnya.

2. Menyeimbangkan produksi minyak wajah

Raw milk baik untuk kulit berminyak lho, Moms. Ini berkat kandungan asam lemak dalam raw milk yang memiliki kemampuan untuk membantu menyeimbangkan produksi minyak pada wajah.

Ada pula kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk menghidrasi kulit dan menghilangkan minyak berlebih.

3. Mengurangi bintik-bintik hitam

Salah satu permasalahan kulit yang sering dikeluhkan terutama oleh para wanita adalah bintik-bintik hitam pada wajah. Adapun permasalahan ini dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih dan penuaan.

Secara ajaib, raw milk bisa membantu mengurangi bintik-bintik hitam secara signifikan. Kemampuan ini dimiliki oleh raw milk berkat kandungan asam laktat yang ada di dalamnya.

4. Melembabkan kulit

Kerusakan sel kulit bisa mengakibatkan penumpukan sel kulit mati yang membuat wajah terlihat kering dan kusam.

Sebagai sumber yang kaya akan lemak, air, karbohidrat, protein, dan vitamin A, raw milk yang diaplikasikan secara topikal pada wajah dapat bertindak sebagai pelembab yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat wajah terlihat lebih bercahaya.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Kaki, Bisa Pakai Deodoran atau Teh Hijau

5. Mencegah jerawat

Vitamin A dalam raw milk memiliki sifat penyembuhan kulit sekaligus kemampuan untuk meningkatkan respons imun kulit.

Adapun kandungan mineral esensial, asam laktat, dan air yang disimpan raw milk dapat membantu membersihkan pori-pori kulit untuk mencegah timbulnya jerawat.

6. Mencegah dan melawan infeksi

Kulit wajah rentan terpapar mikroba penyebab infeksi bakteri dan jamur. Guna membantu mencegah dan melawan infeksi tersebut, maka Anda patut mempertimbangkan untuk mengaplikasikan raw milk secara langsung pada kulit wajah.

Kandungan mineral esensial dalam raw milk akan membantu mengencangkan kulit. Sementara itu, kandungan vitamin A akan memberikan kekebalan dan zat besi akan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit sehingga bisa meningkatkan perlindungan terhadap infeksi kulit.

7. Bertindak sebagai anti-aging

Raw milk mengandung zat besi yang memiliki sifat anti-aging atau anti-penuaan. Zat besi mampu mencegah kerusakan kulit akibat gaya hidup yang penuh tekanan dan kondisi lingkungan yang ekstrem seperti polusi udara serta panas. Yang tak kalah penting, zat besi dalam raw milk dapat menjaga kulit wajah tetap muda dan bercahaya.

Di sisi lain, protein esensial yang dimiliki raw milk berkontribusi pada sifat anti-aging dengan cara memperkuat dan memberikan nutrisi pada kulit.

8. Membuat kulit glowing

Kulit yang ternutrisi dan terhidrasi dengan baik akan bersinar secara alami. Untuk membantu menutrisi dan menghidrasi kulit Anda, raw milk bisa menjadi pilihan.

Kandungan air bersamaan dengan vitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan lemak yang terdapat dalam raw milk mampu menghidrasi kulit sekaligus membuatnya tampak lebih sehat dan glowing.

Moms, itulah 8 manfaat raw milk atau susu sapi mentah untuk kulit. Di balik manfaatnya yang luar biasa, raw milk juga menyimpan efek samping yakni bisa menyebabkan alergi dan breakout. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk melakukan uji tempel sebelum mengaplikasikan raw milk ke seluruh wajah dan tidak menggunakan raw milk secara berlebihan guna meminimalkan kemungkinan alergi atau breakout.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News