Keluarga

8 Manfaat Air Plant, Tanaman yang Punya Banyak Khasiat yang Tidak Diketahui

8 Manfaat Air Plant, Tanaman yang Punya Banyak Khasiat yang Tidak Diketahui

MOMSMONEY.ID - Air plant atau tanaman udara merupakan salah satu tanaman yang memiliki perawatan yang mudah. Tahukah Anda bahwa ada manfaat air plant? 

Ya, ada beberapa manfaat air plant yang tak diketahui oleh pecinta tanaman. 

Perlu diketahui, air plant tak membutuhkan medium tanah untuk tumbuh. Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini terdapat manfaat air plant. 

Baca Juga: Punya Banyak Khasiat, Ini Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan

1. Mengurangi stres

Ya, Anda tidak salah dengar! Entah itu hari yang berat di tempat kerja, pertengkaran dengan keluarga, atau perasaan sedih karena alasan lainnya. Mengelilingi diri Anda dengan sedikit warna hijau akan membantu Anda keluar dari kegelapan

Alam membuat Anda merasa lebih bahagia, tenang, dan optimis. Pasien ditemukan pulih lebih cepat ketika kamar rumah sakit mereka dikelilingi oleh tanaman, menurut penelitian ini. 

2. Memurnikan udara

Racun yang ada di udara sekitar berbahaya bagi kesehatan manusia, dan anak-anak adalah kelompok yang paling rentan terhadap ancaman ini. Tingkat polutan udara dalam ruangan ini dapat dikendalikan dengan menanam tanaman yang memurnikan udara. 

Menurut sebuah penelitian, tanaman udara ditemukan menyerap merkuri dari udara. Beberapa tanaman hias yang ideal untuk menghilangkan VOC adalah tanaman ular, tanaman laba-laba, sirih gading, lily perdamaian, dan lain-lain.

3. Mudah disebarkan 

Tanaman lucky bamboo

Benih dapat digunakan untuk memperbanyak tanaman udara, namun prosesnya membosankan dan panjang. Itu sebabnya metode perbanyakan yang paling umum adalah dengan offset, yang juga dikenal sebagai pups.

Penyeimbangan ini dapat digunakan untuk menyebarkan pabrik udara baru. Cukup pisahkan dari tanaman induknya dan pasang kembali di papan tanam atau permukaan lainnya. 

4. Lingkungan lebih bersih

Jika menangani tanah bukanlah sesuatu yang ingin Anda lakukan karena kekacauan yang ditimbulkannya, tanaman udara adalah pengganti yang tepat. 

Tanaman ini bersifat epifit, artinya tanaman dapat tumbuh tanpa tanah selama Anda menyediakan struktur pendukung bagi tanaman tersebut untuk tumbuh. 

Baca Juga: Jangan Antipati Dulu, Pare Punya Banyak Khasiat Meski Rasanya Pahit

5. Tanaman hias yang baik

Bukan tanpa alasan air plant mulai populer di kalangan desainer interior dan dekorator rumah. Seperti yang telah Anda ketahui, tanaman udara tumbuh di permukaan lain, sehingga memberikan kesempatan kepada desainer dan tukang kebun untuk berkreasi dengannya.

Menanamnya pada cangkang dan kayu apung adalah contoh yang bagus. 

6. Cocok untuk suasana perkotaan 

enduduk perkotaan selalu berharap untuk menghemat ruang di rumah dan alternatif modern. Salah satu manfaat tanaman udara adalah mereka menawarkan pilihan yang sangat baik untuk pengaturan tersebut.

Selain itu, Anda dapat menanamnya tanpa tanah, jadi tidak selalu diperlukan wadah, dan tanaman ini sedang tren!

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan, Banyak Khasiat Tidak Terduga

7. Ragam bentuk dan warna

Anda tidak akan pernah kehilangan minat terhadap tanaman udara. Mereka tersedia dalam bentuk, tekstur, dan warna yang unik. Ada beberapa spesies untuk dipilih. 

Meskipun semua tanaman udara berwarna hijau dan abu-abu pada awalnya, saat dewasa mereka tumbuh dalam warna merah, ungu, magenta, oranye atau kuning yang indah tergantung pada jenisnya.

8. Cocok untuk meja kantor

Tanaman udara bisa menjadi salah satu tanaman meja kantor terbaik. Perawatannya rendah dan bahkan tumbuh subur dalam cahaya yang disaring. Tersedia dalam ukuran kecil yang nyaman, dapat ditempatkan pada dudukan unik. 

Nah, itulah beberapa manfaat air plant yang perlu Anda ketahui khasiatnya di lingkungan sekitar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News