HOME, Keluarga

8 Makanan Manusia yang Aman Dikonsumsi Anjing Peliharaan

8 Makanan Manusia yang Aman Dikonsumsi Anjing Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Anda yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing, mungkin akan dihampiri saat Anda tengah menyantap makanan. Dengan memasang wajah memelas, anjing Anda melirik makanan yang Anda santap agar mau berbagi dengannya. Kalau begini, siapa yang tega mengusirnya?

Boleh saja membagikan makanan manusia kepada hewan peliharaan, asalkan makanan itu aman untuknya dan tidak berlebihan. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui makanan manusia apa saja yang aman dikonsumsi anjing peliharaan, sebelum memberikan secara cuma-cuma padanya. Cek yuk!

Baca Juga: Promo Pedigree di Shopee Hingga 43% Periode September 2021

Roti

Anjing tentu bisa memakan roti. Dilansir dari AKC.org, roti tawar dalam jumlah kecil tidak akan menyakiti anjing Anda, tetapi juga tidak akan memberikan manfaat kesehatan apapun. Tidak ada nilai gizi yang bisa diambil anjing, selain karbohidrat dan kalori. Oleh karena itu, memberikan roti tawar terus-menerus justru akan merusak diet anjing dan membuatnya obesitas. Berikan sesekali untuk membuatnya senang.

Keju

Jika Anda memiliki anjing yang bisa meminum susu dan toleran terhadap laktosa, keju pun dapat diberikan. Sayangnya, banyak keju yang mengandung lemak tinggi. Jadi, pilihlah jenis keju yang rendah lemak seperti keju cottage atau mozzarella.

Telur

Telur rebus yang matang, aman dikonsumsi anjing sebagai cemilan. Telur memiliki sumber protein yang dapat mengatasi sakit perut. Pastikan telur yang direbus matang sepenuhnya ya, Moms. Sebab, putih telur mentah dapat menyebabkan kekurangan biotin yang dapat menyebabkan kerontokan rambutnya.

Baca Juga: Manfaat Cukur Rambut Bagi Hewan Peliharaan

Ikan

Seperti kucing, anjing pun bisa memakan ikan. Ikan mengandung lemak dan asam amino yang baik. Utamanya salmon dan sarden yang memiliki tambahan vitamin dan protein. Namun, ikan yang diberikan haruslah ikan yang matang sepenuhnya, tidak yang mentah atau setengah matang. Batasi asupan ikan pada anjing Anda agar tidak lebih dari dua kali dalam seminggu.

Selai Kacang

Selai kacang yang dikonsumsi anjing dapat memberikan sejumlah protein yang sangat baik. Selain itu, selai kacang juga mengandung lemak sehat jantung, vitamin B, vitamin E, dan niasin. Selai kacang mentah tanpa garam adalah pilihan yang terbaik. Pastikan selai kacang tidak mengandung xylitol yang beracun bagi anjing.

Oatmeal

Oatmeal adalah sumber serat yang baik untuk mengatasi buang air besar yang tak lancar pada anjing. Anjing dengan alergi gandum pun aman untuk mengonsumsinya. Namun, pastikan oatmeal yang Anda berikan terbuat dari gandum utuh tanpa tambahan gula dan penyedap rasa.

Baca Juga: Jawaban Kenapa Kucing Suka Menggaruk Benda-Benda di Rumah

Wortel

Wortel merupakan sayuran rendah kalori, tinggi serat, dan vitamin A. Mengunyah wortel juga baik untuk kesehatan gigi anjing. Anda dapat menyajikan wortel mentah atau dimasak. Pastikan juga wortel telah dipotong sesuai dengan ukuran gigitan anjing, bila terlalu kecil, dapat menyebabkan anjing tersedak.

Daging Ayam

Ayam bagaikan protein ekstra bagi anjing. Maka, memberikan ayam kepada anjing sangat aman dan bernutrisi. Anda dapat memberikan ayam rebus atau ayam panggang tanpa tulang. Pastikan daging telah matang seutuhnya. Jika masih mentah dan dikonsumsi anjing, dapat menyebabkan patogen seperti salmonella, E.coli, dan listeria.

Selanjutnya: Kucing Mengalami Muntah Darah? Ini Beberapa Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News