Santai

8 Kegunaan Cuka untuk Tanaman Dalam Ruangan Bikin Tetap Subur dan Hijau

8 Kegunaan Cuka untuk Tanaman Dalam Ruangan Bikin Tetap Subur dan Hijau

MOMSMONEY.ID - Cuka menjadi bahan dapur yang memiliki kegunaan untuk tanaman dalam ruangan. Ya, ada beberapa kegunaan cuka untuk tanaman dalam ruangan. 

Salah satu kegunaan cuka untuk tanaman dalam ruangan yaitu dapat membuat subur dan hijau. 

Jika Anda memiliki cuka di rumah, Anda dapat memanfaatkannya untuk tanaman dalam ruangan. 

Baca Juga: 4 Jenis Olahraga untuk Lansia, Bikin Tetap Aktif dan Sehat di Usia Lanjut

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini terdapat kegunaan cuka untuk tanaman dalam ruangan. 

1. Bersihkan Pot Tanah Liat 

Pot tanah liat, meskipun terlihat menarik, menyerap mineral, kalsium, dan garam dari pupuk dan air, dan semua ini seiring waktu menyumbat kemampuan keropos alaminya. Anda bisa menggunakan cuka untuk mengembalikan tampilan aslinya dan membuka pori-pori kecil yang tersumbat.

Rendam panci dalam larutan cuka (1 bagian cuka dengan 4 bagian air) (3-4 gelas air dalam 1 cangkir 5 persen cuka putih) selama 30-60 menit.

2. Meningkatkan Bibit

Anda bisa menggunakan cuka untuk melunakkan kulit terluar biji, yaitu selaput keras yang dapat mengganggu proses perkecambahan. Untuk memudahkan perkecambahan, rendam benih semalaman dalam semangkuk air dengan 5-8 tetes cuka putih.

Ini akan membantu benih berkecambah lebih cepat sekaligus meningkatkan peluangnya. 

3. Kontrol Jamur 

Asam asetat yang ada dalam cuka sangat bagus untuk mengendalikan embun tepung. Tambahkan 2 sendok makan cuka ke dalam satu galon air, kocok dan semprotkan pada bagian tanaman yang terkena.

Baca Juga: 8 Pohon yang Bisa Ditanam Dalam Ruangan, Bikin Tamu Tertarik

4. Memperbaiki pH Tanah

Tanah Tanaman

Campurkan 1 sendok makan cuka putih dengan 1 liter air dan tuangkan ke dalam panci. Sirami tanaman dengan larutan ini. 

Ini akan menguntungkan tanaman yang menyukai asam seperti pakis, violet Afrika, tanaman karet, dan kacapiring dengan cepat. Namun, hal ini bukanlah solusi jangka panjang.

5. Membersihkan Tanaman Hias

Dedaunan tanaman dalam ruangan Anda menumpuk kotoran seiring waktu. Banyak tanaman hias juga mengalami bintik-bintik putih pada dedaunan karena kandungan mineral air sadah yang tinggi. Anda bisa menghilangkan noda atau debu tersebut dengan membuat campuran dari:

Baca Juga: 6 Tanaman Dalam Ruangan Mengurangi Radiasi, Cocok Diletakkan di Kamar

  • 1/4 hingga 1/2 Cangkir Cuka Putih
  • 4-5 Tetes Sabun Cuci Piring
  • 8-10 Gelas Air
  • Kain Katun Lembut
  • Mangkuk besar
  • Botol semprotan

Buatlah larutan menggunakan semua bahan dalam mangkuk besar. Sekarang, isi ke dalam botol semprot dan semprotkan lapisan halus pada dedaunan dan kain katun. Bersihkan daunnya agar terlihat bersih dan berkilau. Ulangi proses ini jika perlu.

6. Menghilangkan Garis Putih pada Vas

Saat menanam tanaman seperti bambu keberuntungan dalam gelas atau vas, air sadah sering kali menimbulkan garis-garis putih karena endapan mineral. 

Anda dapat menghilangkannya dengan mudah dengan merendam kain dalam cuka – gosokkan pada bekasnya dan biarkan selama 5-10 menit sebelum menyekanya.

7. Membantu Bunga Bertahan Lebih Lama

Tambahkan dua sendok makan cuka putih bersama dengan satu sendok teh gula ke dalam satu galon air. Gunakan larutan ini untuk menyimpan bunga potong, dan ini akan membantunya bertahan lebih lama!

Baca Juga: 10 Tanaman Hias yang Dapat Ditanam dari Produk Supermarket, Cocok Bagi Pemula

8. Usir Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan dapat menyebabkan banyak masalah pada tanaman dalam ruangan. Cuka bisa membantu Anda karena anjing dan kucing sama-sama tidak menyukai baunya. Cukup basahi kain bekas dengan cuka dan letakkan di dekat panci, lalu rendam kembali sesekali untuk hasil terbaik.

Itulah beberapa kegunaan cuka untuk tanaman dalam ruangan. Simak manfaatnya untuk mendapatkan tanaman yang subur dan hijau. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News