HOME, Keluarga

8 Kata-Kata yang Harus Orang Tua Ucapkan Lebih Sering kepada Anak, Apa Saja?

8 Kata-Kata yang Harus Orang Tua Ucapkan Lebih Sering kepada Anak, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Hubungan orang tua-anak adalah salah satu dasar untuk membentuk identitas dan karakter pada diri setiap anak. Untuk mendorong anak menjadi pribadi yang positif, tindakan dan kata-kata yang tepat dari orang tua pun sangat penting untuk diterapkan dalam keseharian anak. Ketika orang tua mampu bertindak dan berkata-kata yang baik pada anak mereka, itu dapat membangun kepercayaan diri dan pola perilaku positif pada diri anak.

Melalui kata-kata yang baik, anak akan memiliki kekuatan untuk melawan kesendirian, ketakutan, ketidakamanan, keraguan, dan beberapa pikiran, perasaan, serta kepercayaan yang sifatnya destruktif.

Di antara banyaknya kata-kata yang indah dan menawan, ada 8 kata-kata yang tidak boleh dilewatkan untuk diucapkan oleh para orang tua pada anak-anak mereka. Apa sajakah itu? Yuk, simak dan catat baik-baik!

Baca Juga: Anak Anda Suka Menginterupsi? Coba 6 Cara Ini untuk Mengendalikannya

1. "Saya mencintaimu"

Salah satu keinginan terbesar dari setiap orang dewasa maupun anak-anak tentu merasa dicintai. Sebagai inti dari semua keinginan, cinta dan hubungan emosional dapat menghasilkan perasaan dan pikiran positif tentang diri sendiri yang mana hal ini baik untuk anak yang sedang berkembang.

Sebagai orang tua, mengungkapkan perasaan cinta tanpa syarat kepada anak-anak Anda adalah suatu keharusan yang tidak boleh Anda lewatkan. Selain melalui tindakan, tunjukkanlah rasa cinta Anda kepada anak dengan terus-menerus mengatakan bahwa Anda mencintai mereka sampai kapan pun.

2. "Saya bangga padamu"

Dalam hal membangun harga diri anak-anak, mengatakan "Saya bangga padamu" dapat disamakan dengan membangun gedung pencakar langit dalam hitungan detik. Itu artinya, kata-kata ini memiliki kekuatan yang luar biasa untuk meningkatkan kepercayaan diri anak Anda dengan seketika.

Jadi, selalu sempatkanlah diri Anda untuk memberi tahu anak bahwa Anda senang melihat upaya, pencapaian, atau perilaku anak yang positif. Dengan begini, anak Anda akan termotivasi untuk mempertahankan hal-hal yang memang pantas dipertahankan dan ditingkatkan.

3. "Saya ada di sini untukmu"

Di sepanjang pasang surut dan momen kehidupan, anak-anak membutuhkan seseorang yang selalu ada di pihak mereka bahkan ketika orang-orang lain di sekitarnya pergi.

Maka dari itu, Anda sebagai orang tua haruslah bisa menjadi orang yang selalu dapat merangkul kelemahan anak dan memberikan kekuatan sekaligus dukungan untuk diri mereka. Lakukanlah upaya ekstra untuk terus-menerus mengingatkan dan meyakinkan anak dengan cara mengucapkan "Saya ada di sini untukmu" guna memberikan rasa aman sekaligus memotivasi anak untuk bisa terus menjalani hidup dengan baik.

4. "Saya percaya padamu"

Memberi tahu anak tentang seberapa besar Anda memercayainya akan secara otomatis meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Saat Anda mengatakan kata-kata "Saya percaya padamu" pada anak Anda, itu artinya Anda sedang membantu mereka untuk mempromosikan keunikan diri sekaligus memperbaiki sikap takut dan rendah diri yang melekat pada anak.

5. "Maaf, saya salah"

Anak-anak Anda perlu memahami bahwa Anda tidak sempurna dan Anda bisa mengakuinya ketika Anda melakukan kesalahan. Jika Anda menyadari bahwa Anda telah melakukan sesuatu yang keluar jalur atau menyakiti perasaan anak, maka jangan ragu untuk mengucapkan "Maaf, saya salah" dan jelaskan alasannya.

Tidak menandakan kelemahan, sikap yang demikian justru akan memberikan contoh yang luar biasa bagi anak untuk mereka terapkan di dalam kehidupan mereka sendiri.

Baca Juga: Ketahui Dampak Negatif Tidak Menggunakan Sunscreen untuk Kulit Sensitif

6. "Tidak apa-apa untuk membuat kesalahan"

Tanamkanlah pada diri anak bahwa kesalahan itu tidak apa-apa dan bukan akhir dari dunia. Saat anak Anda melakukan kesalahan, tawarkan bantuan Anda untuk membantu memperbaikinya dan biarkan anak tahu bahwa kesalahan adalah kesempatan yang bagus bagi mereka untuk belajar.

Jadi, kata-kata "Tidak apa-apa untuk membuat kesalahan" sangat perlu Anda ucapkan tatkala anak cemas karena telah melakukan sebuah kesalahan.

7. "Tidak ada manusia yang sempurna"

Anak-anak terutama anak perempuan perlu memahami betapa istimewanya diri mereka. Kendati selalu ada orang-orang yang tidak bisa menghargainya, ingatkan anak Anda bahwa hal tersebut bukanlah sebuah masalah.

Jelaskan pada anak bahwa mereka tidak harus mengubah dirinya hanya karena pendapat orang lain. Untuk meyakinkannya, kata-kata "Tidak ada manusia yang sempurna" rasanya memang cocok untuk Anda lontarkan saat anak merasa sedih akibat penilaian buruk dari orang lain.

Saat Anda bisa membuat anak-anak memahami makna dari kata-kata tersebut, itu akan menyelamatkan mereka dari keterpurukan atau patah hati akibat penilaian negatif dari orang lain terhadap dirinya. Bahkan, mindset ini bisa anak bawa sampai mereka dewasa sehingga anak akan jauh lebih siap saat harus menghadapi kehidupan yang kontras dengan zona nyaman mereka.

8. "Terima kasih"

Ucapan "Terima kasih" akan memberi tahu anak Anda bahwa Anda menghargai kekuatan, kelemahan, dan kehadiran mereka. Mengucapkan "Terima kasih" harus Anda biasakan mengingat setiap anak membutuhkan orang tua yang bisa mengungkapkan penghargaan terhadap diri anak.

Jadi, jangan ragu untuk mengucapkan "Terima kasih" kepada anak Anda pada momen-momen yang memang mendukung. Sama halnya dengan Anda, anak pun akan mengalami perasaan luar biasa ketika mereka menerima pujian yang tulus dari orang yang mereka sayangi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News