8 Cara untuk Meningkatkan Elastisitas Kulit, Wajah Jadi Forever Young!

Reporter: Ana Risma
Sabtu, 15 Januari 2022 | 12:05 WIB
8 Cara untuk Meningkatkan Elastisitas Kulit, Wajah Jadi Forever Young!

MOMSMONEY.ID - Elastisitas kulit sebagaimana dilansir dari Halodoc adalah kemampuan kulit untuk meregang dan kembali ke bentuk aslinya.

Yang bertanggung jawab atas elastisitas kulit dinamakan elastin. Elastin merupakan protein berserat yang ditemukan di lapisan dermal kulit dan bertugas untuk membuat kulit kencang, halus, dan awet muda. Saat elastin menipis, tanda-tanda penuaan seperti kendur, garis-garis halus, dan kerutan pun akan muncul pada kulit.

Adapun hilangnya elastisitas kulit akibat penipisan elastin dinamakan elastosis. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya elastosis adalah paparan sinar matahari, penuaan, polusi, pola makan yang tidak benar, dan kebiasaan merokok.

Baca Juga: Aplikasi Layar Kunci Glance, Siapkan Konten Khusus Perempuan

Moms, jika Anda merasa bahwa elastisitas kulit Anda mulai berkurang, cobalah 8 cara yang dilansir dari Skinkraft Laboratories berikut ini untuk membantu meningkatkan elastisitas kulit dan menciptakan penampilan yang awet muda.

1. Gunakan retinol dan retinoid

Retinol dan retinoid merupakan turunan vitamin A sekaligus bahan penting dalam skincare anti-aging.

Tersedia dalam bentuk topikal seperti serum maupun krim, retinol dan retinoid bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolagen dan elastin kulit sekaligus membantu pergantian sel kulit.

2. Manfaatkan hyaluronic acid

Hyaluronic acid atau asam hialuronat secara alami ditemukan pada kulit dan memiliki kemampuan untuk menahan air. Namun, seiring bertambahnya usia, hyaluronic acid alami akan terkuras dan mengalami pengurangan. Akibatnya, kulit pun rentan mengering, menua, dan kendur.

Oleh sebab itu, hyaluronic acid oral atau topikal sangat diperlukan guna membantu mengembalikan elastisitas kulit.

3. Perawatan laser

Terapi laser melibatkan penggunaan cahaya untuk mengobati berbagai kondisi dermatologis.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kombinasi laser fraksional non-ablatif (NAFL) dan terapi intense pulsed light (IPL) dapat membantu meningkatkan elastisitas pada sekelompok orang.

4. Chemical peeling

Chemical peeling adalah teknik pengelupasan sel kulit mati dengan menggunakan bahan kimia seperti glycolic acid atau lactic acid. Setelah sel-sel kulit mati terangkat, sel kulit yang baru pun akan menggantikannya dan menjadikan kulit tampak lebih halus dan sehat.

Selain berguna untuk mengelupas sel kulit mati, chemical peeling juga terbilang efektif untuk meningkatkan elastisitas kulit dan produksi kolagen serta melawan photoaging.

Editor: Ana Risma
Terbaru