Bugar

8 Cara Menyuburkan Rambut Secara Alami, Dapatkan Rambut Tebal!

8 Cara Menyuburkan Rambut Secara Alami, Dapatkan Rambut Tebal!

MOMSMONEY.ID - Punya masalah dengan rambut rontok dan tipis? Anda bisa mencoba cara ini untuk menyuburkan rambut secara alami. Kesehatan rambut tentu perlu dijaga karena dapat menunjang penampilan seseorang.

Rambut rontok memiliki banyak penyebab, mulai dari genetik hingga perawatan rambut yang kurang tepat. Cara menyuburkan rambut buat pemilik rambut rontok, salah satunya bisa dengan menjaga nutrisi dalam tubuh.

Untuk lebih jelasnya, simak cara menyuburkan rambut secara alami dilansir dari realfood.co.id, yaitu: 

1. Lakukan Keramas dengan Benar

Cara pertama menyuburkan rambut adalah melakukan keramas dengan benar. Terlalu banyak memakai produk rambut seperti hairspray, pomade, atau heat protector dapat membuat rambut rusak dan rapuh.

Selain itu, produk tersebut dapat meninggalkan residu atau kotoran di rambut yang dapat membuat kondisi rambut menjadi rusak jika tidak dibersihkan dengan sempurna. 

Agar rambut dapat tumbuh subur Anda perlu membersihkan rambut dengan benar dan secara teratur. Keramas menggunakan sampo yang sesuai dengan permasalahan kulit, dan lakukan 2-3 hari sekali dalam seminggu. 

2. Penuhi Asupan Protein

Cara menyuburkan rambut selanjutnya adalah penuhi asupan protein. Protein berfungsi untuk meminimalisir kerontokan rambut. Dengan kurangnya asupan protein dalam tubuh dapat menyebabkan rambut mudah rapuh, rontok, dan kusam.

Oleh karena itu, penuhi asupan protein harian Anda dengan cara mengonsumsi makanan kaya protein seperti daging, ikan, kacang, telur, dan produk susu. 

Baca Juga: 5 Rahasia Kulit Cerah dan Segar Saat Bangun Tidur, Apa Saja?

3. Gunakan Hair Tonic

Berikutnya, gunakan hair tonic untuk menyuburkan rambut. Sejak lama hair tonic  dikenal sebagai salah satu perawatan rambut yang menjaga kesehatan kulit kepala dan membantu menguatkan akar rambut. Sehingga, rambut Anda akan lebih kuat dan ternutrisi dengan baik sehingga memicu percepatan pertumbuhan rambut baru. 

4. Hindari Produk Penyebab Rambut Rusak

Anda juga harus menghindari pemakaian produk penyebab rambut rusak. Beberapa produk rambut dapat memperburuk kondisi kesehatan rambut, seperti pemakaian pewarna rambut,  pelurus rambut, dan juga hair tools lainnya. Produk tersebut dapat membuat rambut kering, kusam, dan juga menipis.

Sehingga rambut Anda lebih mudah rusak dan juga dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kerontokan. Jika sulit menghindarinya, Anda bisa memberi jeda waktu pemakaian produk dan gunakan vitamin rambut. 

Baca Juga: Pahami 5 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Benar dan Alami

5. Mengonsumsi Suplemen Kolagen dan Biotin

Konsumsi suplemen kolagen dan biotin dipercaya bisa menyuburkan rambut. Hal ini karena mengonsumsi kolagen dan biotin dapat membantu menjaga kesehatan rambut, mempercepat pertumbuhan rambut, hingga membuat rambut lebih halus.

Dengan mengonsumsi suplemen yang kaya akan kolagen dan biotin, rambut yang tumbuh lebih kuat dan tak akan mudah patah. 

6. Penuhi Kebutuhan Vitamin B

Selain protein, kekurangan vitamin B juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Kebutuhan vitamin B dapat Anda penuhi dengan mengonsumsi biji-bijian, kacang almond, daging, ikan, makanan laut, dan sayuran hijau.

Selain protein, defisiensi vitamin B juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab kerontokan atau penghambat pertumbuhan rambut. Anda bisa mengonsumsi almond, biji-bijian, ikan, atau sayuran hijau yang kaya akan vitamin B. 

Baca Juga: Inilah 6 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami dan Benar

7. Penuhi Asupan Vitamin D

Berikutnya, penuhi asupan vitamin D karena bisa menyuburkan rambut. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, Anda bisa mengonsumsi biji-bijian, susu rendah lemak, atau ikan salmon yang dipercaya kaya akan vitamin D.

8. Penuhi Kebutuhan Zinc

Cara menyuburkan rambut lainnya adalah penuhi kebutuhan zinc. Zinc dapat membantu pertumbuhan rambut dan membantu perbaikan jaringan rambut. Caranya Anda dapat mengonsumsi daging merah, sayur bayam atau biji labu yang banyak memiliki kandungan Zinc di dalamnya. 

Itulah beberapa cara menyuburkan rambut secara alami. Mendapatkan rambut tebal dan indah memang membutuhkan proses yang tidak instan. Oleh karena itu, mulai rawat kesehatan rambut dari sekarang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News