Santai

8 Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android, Coba Ikuti Langkah Berikut

8 Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android, Coba Ikuti Langkah Berikut

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda sering kehilangan sinyal saat melakukan panggilan? Ada cara mengatasi sinyal hilang di HP Android dengan mudah. 

Cara mengatasi sinyal hilang di HP Android bisa dilakukan dengan delapan cara ini. 

Anda tidak perlu pergi ke tempat servis untuk mengatasi sinyal hilang di HP Android. Cukup ikuti delapan cara mengatasi sinyal hilang di HP Android. 

Baca Juga: Kumpulan Cara Membuat Twibbon Sendiri, Bisa Tanpa Aplikasi Tambahan

Berikut cara mengatasi sinyal hilang di HP Android:

1. Mulai ulang ponsel atau restart

Memulai ulang ponsel Android Anda adalah cara umum untuk memperbaiki gangguan jaringan. Anda dapat secara bersamaan terus menekan tombol samping dan volume atas dan mem-boot ulang ponsel dari menu daya. Anda juga dapat mengakses menu daya dari panel pengaturan cepat.

2. Periksa operator 

Jika operator lokal Anda menghadapi pemadaman, perangkat Android Anda terus terputus dari jaringan seluler. Anda dapat mengunjungi Downdetector dan mencari operator Anda untuk mengonfirmasi masalahnya.

3. Atur ulang pengaturan jaringan

Saatnya mengatur ulang pengaturan jaringan untuk memperbaiki masalah koneksi jaringan di ponsel Anda. Anda dapat membaca posting khusus kami untuk mempelajari tentang implikasi menyetel ulang koneksi jaringan di Android dan iPhone .

4. Izinkan jaringan 2G

Meskipun jaringan seluler 2G kurang aman dibandingkan LTE atau 5G, ini dapat meningkatkan koneksi jaringan di beberapa lokasi. Anda harus mengizinkan jaringan 2G di ponsel Android Anda.

Baca Juga: Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Diketahui, Ternyata Ini Rahasianya

5. Aktifkan jelajah 

Anda harus mengaktifkan roaming di ponsel Android Anda; jika tidak, layanan data dapat berhenti berfungsi di luar negara bagian Anda.

6. Keluarkan dan masukkan SIM 

Anda akan mengambil alat injektor SIM dan mengeluarkan kartu SIM di ponsel Anda. Jika rusak atau lama, ganti dengan SIM baru dari operator Anda.

7. Periksa Paket Operator 

Apakah Anda lupa membayar tagihan operator Anda? Perusahaan dapat menonaktifkan koneksi jaringan untuk nomor Anda. Anda harus memeriksa paket operator Anda dan membayar iuran yang tertunda.

Baca Juga: Begini Cara Mengaktifkan Adzan Otomatis di HP Tanpa Aplikasi untuk Buka Puasa

8. Nonaktifkan dan aktifkan SIM

Jika ponsel Android Anda terus kehilangan koneksi jaringan, nonaktifkan layanan SIM dan aktifkan kembali. Begini caranya:

- Buka aplikasi Pengaturan dan pilih Jaringan dan internet.

- Ketuk Internet. 

- Ketuk pengaturan di samping jaringan seluler Anda.

- Nonaktifkan sakelar Gunakan SIM dan aktifkan lagi.

Nah, itulah cara mengatasi sinyal hilang di HP Android. Anda bisa mencoba cara di atas untuk mengembalikan sinyal di ponsel Anda. Semoga berhasil! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News