HOME, Bugar

8 Cara Mendapatkan Wajah Awet Muda, Mudah Dilakukan

8 Cara Mendapatkan Wajah Awet Muda, Mudah Dilakukan

MOMSMONEY.ID - Memiliki wajah awet muda adalah impian bagi banyak orang. Tentunya semakin bertambah usia, anda selalu mengharapkan kulit wajah sehat dan awet muda. Hal itu bisa anda dapatkan dan mudah dilakukan, moms.

Kuncinya adalah anda perlu konsisten melakukannya agar wajah amet muda dapat terwujud. Oleh karena itu, berikut cara mendapatkan wajah awet muda dilansir dari senka.id, yakni:

1. Durasi tidur yang cukup

Cara mendapatkan wajah awet muda yang pertama yaitu durasi tidur yang cukup. Bagi anda yang sering begadang sampai larut malam, mulai dari sekarang perbaiki waktu tidur. Sebab, saat tidur kulit ternyata menghasilkan kolagen lebih banyak yang dapat merangsang kulit melakukan regenerasi.

Lalu, kulit anda dapat dapat memperbaiki sel dan jaringan kulit yang rusak. Sehingga, elastisitas kulit terjaga dan tetap awet muda. Orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam/perhari. Buat suasana kamar menjadi nyaman sehingga anda bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. 

2. Oahraga teratur

Olahraga teratur dapat memperlambat proses penuaan. Hal tersebut terjadi karena ketika anda berolahraga, aliran darah pada tubuh akan meningkat drastis dibandingkan saat anda tidak melakukan aktivitas fisik. Aliran darah yang meningkat ini akan membawa lebih banyak oksigen untuk menjaga sel kulit tetap sehat.

Selain itu, saat anda berolahraga, pori-pori kulit akan terbuka dan melepaskan penumpukan sel kulit mati bersamaan dengan keringat. Tidak hanya sel kulit mati, keringat juga membantu membersihkan tubuh dari racun yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya berbagai masalah kulit termasuk tanda penuaan.

Agar olahraga yang anda lakukan dapat optimal, maka anda bisa melakukan jenis olahraga apapun yang disukai seperti sepeda, zumba, lari dan lain-lain selama 3-5 kali dalam seminggu.

3. Membersihkan wajah

Cara mendapatkan wajah awet muda selanjutnya yaitu membersihkan wajah secara rutin. Cara ini tidak boleh anda lewatkan karena saat anda beraktivitas seharian, kulit akan terpapar oleh polusi udara, debu, kotoran dan paparan sinar UV.

Akibatnya, banyak radikal bebas menempel pada wajah, sehingga dapat merusak jaringan kolagen kulit dan merusak elastisitas kulit anda. Oleh karen itu, membersihkan wajah rutin sangat penting dilakukan agar kulit terhindar dari radikal bebas yang dapat merusak kulit wajah.

4. Memijat wajah

Setelah membersihkan wajah, anda juga perlu memijat wajah. Memijat wajah dapat membuat kulit menjadi rileks, tentunya cara ini bisa membuat wajah awet muda karena banyaknya manfaat yang diberikan mulai dari meredakan otot wajah yang tegang, melancarkan aliran darah, hingga memaksimalkan kerja skincare yang digunakan.

Lakukan pijatan wajah pada malam hari sebelum tidur dan pijatlah wajah anda secara lembut. 

Baca Juga: Inilah 3 Perbedaan Moisturizer dan Pelembab, Sudah Tahu?

5. Pilih produk skincare yang tepat

Tentunya anda juga harus dibantu dengan produk skincare yang tepat agar mendapatkan wajah awet muda. Anda bisa memilih skincare dengan kandungan Retinol dan collagen yang berfungsi sebagai anti-aging.

Retinol atau Retinoid merupakan kandungan turunan vitamin A yang dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta meningkatkan produksi collagen. Sedangkan, collagen yaitu protein yang dapat memberikan kekuatan dan elastisitas kulit untuk membantu pergantian sel kulit mati.

Selain dua kandungan tersebut, anda juga harus memilih produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit wajah anda. Agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

6. Penuhi cairan tubuh

Agar tubuh dan kulit tidak mengalami dehidrasi, maka anda harus penuhi cairan tubuh dengan meminum air putih. Memenuhi cairan tubuh memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit karena dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan kotoran yang mengendap, serta menghambat terjadinya penuaan dini.

Oleh karena itu, penuhi cairan tubuh anda dengan mengonsumsi setidaknya 2 liter air atau setara dengan 8 gelas air setiap harinya

7. Atur jumlah konsumsi gula

Makanan dan minuman manis yang lagi tren, tentunya membuat anda penasaran dan ingin mengonsumsinya. Namun, anda perlu mengatur jumlah konsumsi gula dari sekarang. Sebab, molekul gula yang anda konsumsi akan menempel pada protein kolagen dan elastin, kemudian melemahkan fungsi keduanya.

Padahal, kolagen dan elastin sangat penting dalam menjaga keseimbangan kulit agar tetap kenyal dan kencang. Oleh karena itu, atur jumlah konsumsi gula anda ya agar kulit tetap awet muda dan terhindar dari penyakit diabetes. 

8. Konsumsi makanan tinggi antioksidan

Sebaiknya anda mengonsumsi makanan tinggi antioksidan untuk mendapatkan wajah awet muda. Anda dapat mengonsumsi buah dan sayuran seperti bayam, tomat, wortel, semangka dan blueberry untuk mencegah kerusakan sel-sel kulit, serta menurunkan risiko penuaan dini pada kulit.

Selain itu, mengonsumsi buah-buahan yang tinggi Vitamin C, seperti apel dan jeruk, juga penting untuk merangsang pembentukan kolagen agar kulit tetap kenyal.

Itulah 8 cara mendapatkan wajah awet muda, lakukan secara konsisten moms. Penuaan memang akan terjadi, namun anda masih bisa untuk mencegah dan memperlambat penuaan. 

Selanjutnya: Agar Kulit Bersih dan Sehat, Ikuti 6 Cara Mencuci Muka yang Benar Berikut Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News