Keluarga

7 Trik Masak Gorengan Awet Renyah Tanpa Bahan Berbahaya, Bisa Kamu Ikuti

7 Trik Masak Gorengan Awet Renyah Tanpa Bahan Berbahaya, Bisa Kamu Ikuti

MOMSMONEY.ID - Mari simak tips masak gorengan supaya renyahnya awet tahan lama.

Gorengan dan aneka makanan lainnya jadi tak lagi enak jika sudah dingin. Sebab biasanya, gorengan yang dingin akan bertekstur melempem.

Supaya gorengan renyah tahan lama tanpa bahan-bahan yang membahayakan tubuh, moms bisa ikuti beberapa cara yang berikut ini.

Pilih jenis tepung yang tepat

Tepung yang tepat ternyata menentukan gorengan dapat bertahan lama dalam keadaan renyah atau tidak.

Agar tekstur gorengan tetap renyah, biasanya para chef menggunakan campuran tepung terigu & maizena / baking powder / tepung beras.

Baca Juga: 7 Perbedaan Cokelat Compound vs Couverture, Jenis Cokelat yang Umum Digunakan

Adonan kering & basah

Melansir dari Island Sun, gorengan & makanan lainnya dapat bertekstur renyah tahan lama apabila diolah menggunakan 2 adonan sekaligus, yakni adonan kering & adonan basah.

Khusus untuk adonan cair, wajib menggunakan air dingin atau air es. Ini ditujukan karena air dingin mampu mengubah struktur makanan jadi lebih renyah & tahan lama.

Pakai minyak yang tepat

minyak goreng

Tingkat kerenyahan makanan juga dipengaruhi oleh penggunaan minyak yang benar. Minyak yang dimaksud adalah minyak dnegan titik asap tinggi.

Semakin tinggi titik asapnya, semakin gorengan jadi renyah. Contoh minyak dengan titik asap tinggi ialah minyak kanola, minyak kacang tanah, dan minyak safflower.

Baca Juga: Mentimun vs Zukini, Perbedaan 2 Jenis Sayuran yang Serupa Tapi Tak Sama

Sementara minyak dengan titik asap rendah malah akan membuat makanan jadi gampang gosong & adonan tak matang merata. Contohnya seperti minyak zaitun.

Ukur temperatur minyak

Agar gorengan renyah tahan lama, minyak harus mencapai suhu yang tepat sebelum digunakan.

Suhu minyak yang terlalu tinggi akan membuat makanan terlalu gosong. Sementara suhu yang terlalu rendah justru akan membuat makanan lebih banyak menyerap minyak.

Teknik double frying

Menggoreng makanan supaya renyah tahan lama

Teknik double frying atau penggorengan ganda telah dipakai oleh banyak koki dunia untuk menghasilkan makanan yang digoreng agar bertekstur lebih renyah daripada biasanya.

Melansir Serious Eats, teknik ini memberi kerenyahan sebanyak 2x pada bagian tekstur terluar makanan. Sementara bagian dalam makanan akan tetap terasa lembut.

Baca Juga: Trik Simpan Susu dalam Kulkas Supaya Tak Mudah Basi, Harus di Chiller!

Lapisi dengan tepung panir

Tepung panir / tepung roti sangat memiliki pengaruh besar untuk membuat makanan jadi lebih renyah tahan lama. Sayangnya, cara yang satu ini tak bisa diaplikasikan ke semua jenis makanan seperti ikan goreng, misalnya.

Lapisan tepung roti hanya cocok apabila Anda ingin membuat masakan seperti nugget, misalnya.

Jangan disimpan dalam styrofoam

Tips Menggoreng

Baca Juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari saat Stres, Gorengan Masuk Daftar lo!

Terkadang, styrofoam menjadi wadah yang pas untuk menyimpan aneka makanan gorengan dalam jumlah banyak.

Sayangnya, melansir dari Baking Kneads, styrofoam akan memerangkap udara karena tak ada ventilasi sama sekali.

Ini menyebabkan uap akan terperangkap dan membuat gorengan jadi lebih mudah melempem. Alhasil, gorengan tak akan renyah tahan lama dan cenderung akan bertekstur basah.

Demikianlah cara-cara bikin gorengan renyah tahan lama yang bisa Anda ikuti di rumah. Semoga bermanfaat bagi Moms yang ingin membuat aneka makanan gorengan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News