HOME, Keluarga

7 Tips untuk Membantu Anda Mengatasi Anak yang Moody

7 Tips untuk Membantu Anda Mengatasi Anak yang Moody

MOMSMONEY.ID - Moms, apakah Anda sering kewalahan dalam menghadapi anak yang moody dan sering mengamuk? Meski menyulitkan, faktanya perilaku yang demikian merupakan hal yang cukup umum terjadi pada anak-anak.

Anak yang tiba-tiba moody bisa disebabkan oleh ketidakmampuan mereka dalam melampiaskan frustasi dan kekecewaan. Alih-alih menghindarinya dan memperburuk situasi, para orang tua diharuskan untuk bisa menghadapi anak yang moody dengan menggunakan strategi yang tepat guna mengembalikan suasana hati mereka.

Dilansir dari Mom Junction, inilah 7 tips yang bisa Anda praktikkan untuk membantu Anda mengatasi anak yang moody. Yuk, simak!

Baca Juga: Simak, Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendisiplinkan Anak Balita

1. Luangkan waktu bersama

Tidak peduli seberapa sibuknya Anda, penting untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak-anak Anda secara rutin. Saat Anda bersama anak dan membanjiri mereka dengan perhatian, itu akan membuat anak Anda senantiasa merasa aman.

Idealnya, para orang tua harus meluangkan waktu mereka untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak setidaknya selama beberapa menit dalam sehari. Anda bisa menyempatkan diri untuk membacakan anak buku cerita, menemani mereka belajar, atau melakukan hobi bersama.

2. Biarkan anak mengekspresikan dirinya

Pastikan rumah Anda menjadi tempat di mana anak bisa mengekspresikan dirinya sendiri tanpa rasa takut.

Perlu diketahui bahwa anak-anak yang berubah menjadi moody bisa disebabkan karena mereka tidak tahu harus berbuat apa. Jadi, Anda harus bisa meyakinkan anak Anda bahwa mereka bisa melakukan apapun yang mereka suka di rumah selagi itu positif. Selalu ingat juga untuk tidak langsung memarahi anak saat mereka melakukan kekacauan di tengah-tengah eksplorasi atau eksperimen mereka terhadap dunia baru ya Moms.

3. Dorong perilaku positif

Menjadi suatu hal yang penting bagi orang tua untuk duduk bersama guna menemukan metode berekspresi yang tepat bagi anak. Saat anak tiba-tiba moody dan merajuk, Anda bisa memberi mereka perhatian dan mendorongnya untuk mengomunikasikan masalahnya secara terbuka kepada Anda.

Biarkan anak tahu dengan jelas bahwa Anda atau pasangan Anda tidak akan menanggapi perilaku negatifnya sama sekali. Melalui strategi ini, kemungkinan besar anak akan mengurangi perilaku negatif mereka dan mulai berfokus pada perilaku positif supaya bisa mendapatkan perhatian atau apa yang mereka inginkan.

4. Tetap tenang

Moms, selalu ingat untuk tidak bereaksi berlebihan saat anak Anda sedang moody. Pasalnya, reaksi yang berlebihan hanya akan memberinya lebih banyak kekuatan untuk menunjukkan perilaku buruk.

Salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan saat anak sedang moody yaitu mengabaikannya. Jika Anda mengabaikan dan berhenti memerhatikan perilaku anak yang tidak baik, itu akan secara alami mendorong anak untuk menghentikan perilakunya yang demikian.

5. Minimalkan stres di rumah

Sebagai orang tua, Anda harus meminimalkan stres di rumah. Hal ini dikarenakan anak-anak cenderung mudah terpengaruh dalam situasi stres. Jika stres dibiarkan berkembang di dalam rumah, itu akan membuat anak tertekan dan menjadi murung serta cemas.

Adapun salah satu penyebab anak mudah mengalami stres yakni kemarahan. Oleh sebab itu, pastikan Anda menahan diri untuk tidak mudah marah bahkan ketika Anda harus berurusan dengan anak Anda yang sedang moody.

6. Pastikan nutrisi yang tepat

Memastikan anak dalam keadaan sehat merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan oleh orang tua. Dalam kesehariannya, pastikan anak Anda mendapatkan semua nutrisi yang penting. Selain makanan, Anda juga bisa menyediakan suplemen multivitamin guna memastikan anak mendapatkan semua yang dibutuhkan oleh tubuhnya.

Untuk membantu meningkatkan suasana hati anak, Anda dapat memberikan mereka asupan vitamin B atau asam lemak esensial yang bersumber dari minyak ikan.

7. Jadwalkan waktu khusus untuk mengeluh bagi anak

Tips terakhir yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi anak yang moody adalah mengalokasikan waktu khusus bagi anak untuk mengeluh. Beri tahu anak Anda bahwa selama waktu ini berlangsung mereka bisa berbicara tentang hal-hal apa saja yang sudah mengganggunya. Ketika waktu mengeluh tiba, dorong anak Anda untuk memikirkan hal apa yang benar-benar ingin mereka keluhkan.

Jika waktunya sudah habis, mintalah anak Anda untuk menghentikan keluhannya pada saat itu juga dan melanjutkan keluhannya pada keesokan harinya. Dengan begini, anak akan mengurangi kebiasaan mengeluh dan merengek dalam keseharian mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News