Keluarga

7 Tips Penting ala Koki yang Permudah Memasak Chinese Food di Rumah

7 Tips Penting ala Koki yang Permudah Memasak Chinese Food di Rumah

MOMSMONEY.ID - Moms sedang tergila-gila dengan Chinese Food? Moms bisa memasaknya sendiri di rumah dengan bantuan beberapa tips penting berikut ini!

Chinese Food dikenal dengan porsinya yang banyak. Untuk dapat memasak masakan Tionghoa dalam porsi yang sedikit, Moms bisa memasaknya sendiri di rumah.

Agar memasak masakan Tionghoa jadi lebih mudah, berikut ini MomsMoney telah hadirkan 7 tips permudah memasak Chinese Food di rumah.

Apa saja tips-tipsnya? Melansir dari Chinese Recipes for All dan Which, berikut selengkapnya!

Baca Juga: Hemat Pengeluaran, Ikuti 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Layu Agar Kembali Segar

Selalu marinasi daging

Jika Moms ingin masak daging-dagingan dalam menu Chinese Food, maka pertama-tama Moms perlu memarinasinya.

Daging, baik daging ikan maupun daging merah perlu dimarinasi menggunakan campuran kecap asin, minyak wijen, dan tepung jagung. Marinasi daging selama 15-20 menit sebelum dimasak agar daging dapat melunak dan bumbunya meresap.

Baca Juga: Resep Ikan Mas Chili Bean Sauce, Sajian Ikan Berkuah Pedas yang Bikin Ngiler

Jangan sampai gosong

Chinese food biasa dimasak pada suhu yang sangat tinggi dalam waktu yang sebentar. Untuk itu, pastikan masakan yang sedang Moms masak tidak gosong apalagi lengket pada wajan.

Baca Juga: 5 Tips Rahasia Bikin Kentang Goreng Buatanmu Jadi Super Renyah ala Restoran

Tambahkan gula

Chinese food terkenal akan masakannya yang rata-rata memiliki rasa manis. Rasa manis ini bisa ditambahkan dengan memasukkan gula pada bumbu tertentu.

Chinese food selalu menggunakan kecap asin sebagai bumbu penyedap. Karena kecap asin merupakan bahan fermentasi yang memiliki rasa asam yang alami, maka kecap asin akan ditambah dengan gula pada rasio 1:8 gula dan kecap asin.

Persentasi itu akan membuat rasa umami pada Chinese food lebih menonjol.

Selalu persiapkan tepung jagung

Tepung jagung adalah salah satu bahan paling penting dalam masakan Tionghoa. Tepung jagung memastikan semua saus pada masakan Tionghoa jadi kental, mengkilap, dan lebih kaya akan rasa.

Baca Juga: 4 Tips Memasak Tumis Sayuran Supaya Matang Merata, Anti Gagal!

Simpan bahan dengan baik

Saat Moms mulai mengenal Chinese Food, Moms akan menyadari bahwa rata-rata masakan Tionghoa memiliki bahan yang sama. Jadi untuk itu, simpan bahan yang bisa bertahan lama pada lemari/laci dapur.

Pastikan semua bahan segar

Dalam memasak Chinese Food, semua bahan masakan haruslah segar dan baru, mulai dari sayuran, hingga daging-dagingan. Memakai bahan-bahan yang sudah tak segar membuat hasil masakan jadi tak sedap dirasa.

Baca Juga: 5 Tahap Mencuci Sayuran untuk Hilangkan Kotoran Tanpa Hilangkan Kandungan Gizi

Bahan kering menambah rasa

Tradisi Tionghoa dalam pembuatan masakan Tionghoa adalah selalu mengutamakan bahan-bahan kering sebagai kaldu penambah rasa.

Bahan-bahan kering ini seperti jamur, udang, kerang, hingga rempah-rempah kering. Bahan-bahan ini merupakan rasa alami yang super lezat untuk menghindari penggunaan MSG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News