HOME, Keluarga

7 Tips Makeup untuk Kulit Berjerawat, Supaya Perfect dan Tidak Memperparah Jerawat

7 Tips Makeup untuk Kulit Berjerawat, Supaya Perfect dan Tidak Memperparah Jerawat

MOMSMONEY.ID - Para pemilik kulit berjerawat tentu tidak boleh sembarangan dalam ber-makeup. Produk yang dipilih dan cara makeup yang dilakukan harus benar-benar diperhatikan supaya tidak mengundang jerawat baru atau memperparah kondisi jerawat.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat penggunaan makeup, Moms yang memiliki kulit berjerawat bisa nih mengikuti 7 tips makeup berikut ini.

1. Bersihkan wajah sebelum memulai makeup

Sebelum wajah dipoles dengan berbagai produk makeup, pastikan kulit wajah Moms dalam kondisi bersih. Sangat disarankan bagi Moms untuk menggunakan produk pembersih yang lembut dan sesuai dengan kondisi kulit Moms.

Baca Juga: 6 Tanda Makeup Kedaluwarsa, Jangan Dipakai Lagi Ya!

Moms tidak perlu menggunakan scrub atau masker yang keras untuk mengeksfoliasi wajah sebelum ber-makeup. Karena, jerawat bukanlah perihal kulit yang kotor melainkan kondisi di mana folikel rambut cenderung tersumbat akibat minyak.

2. Gunakan mattifying primer

Primer merupakan langkah pertama dalam rutinitas makeup setelah membersihkan wajah dan sebelum memakai foundation. Primer berguna untuk meratakan warna kulit serta membantu hasil makeup lebih tahan lama.

Apabila kulit Moms berjerawat, Moms bisa menggunakan primer yang bersifat mattifying untuk membantu menghaluskan pori-pori sekaligus mempersiapkan wajah sebelum di-makeup. Mengapa mattifying primer? Karena, wajah Moms sudah berkilau alami akibat minyak, jadi penggunaan mattifying primer akan membantu kulit wajah Moms supaya tidak semakin berminyak.

3. Aplikasikan concealer dengan tepat

Concealer adalah produk yang sangat baik untuk menyembunyikan jerawat. Moms dapat menyembunyikan sebagian besar jerawat pada wajah dengan mengoleskan concealer secukupnya ke area wajah yang berjerawat kemudian ratakan dengan menggunakan makeup tools seperti brush atau sponge bersih. Terakhir, set concealer dengan sedikit bedak tabur supaya tidak luntur atau bergeser.

Pastikan untuk tidak menggunakan jari ketika meratakan concealer supaya jerawat tidak semakin parah.

4. Gunakan foundation yang sesuai

Foundation terbaik untuk kulit berjerawat adalah foundation berbentuk liquid karena cenderung tidak menyumbat pori-pori. Supaya hasil foundation maksimal meski wajah berjerawat, pastikan untuk tidak menggunakannya terlalu banyak. Cukup totol-totol foundation ke beberapa titik wajah kemudian ratakan.

Jika Moms mengoleskan terlalu banyak produk foundation ke seluruh wajah, maka kemungkinan terjadinya cakey akan meningkat dan jerawat akan terlihat lebih menonjol dari sebelumnya.

5. Pilih produk makeup bebas minyak

Produk makeup yang mengandung bahan-bahan yang tidak dapat terserap oleh kulit seperti parafin, ftalat, isopropil miristat, dan petrolatum wajib untuk Moms hindari apabila jenis kulit Moms berjerawat. Hal ini dikarenakan bahan-bahan berminyak pada produk makep yang Moms gunakan berpotensi untuk menyumbat pori-pori.

Pilihlah produk makeup yang memiliki label non-comedogenic, hypoallergenic, serta mengandung hyaluronic acid supaya wajah Moms terbebas dari komedo dan alergi yang bisa menimbulkan jerawat baru atau bahkan memperparah kondisi jerawat.

6. Pastikan makeup tools selalu bersih

Moms sangat disarankan untuk membersihkan alat makeup seperti brush dan sponge setidaknya seminggu sekali. Ketika mencucinya, gunakanlah produk pembersih yang lembut kemudian bilas dengan air hingga benar-benar bersih.

Rajin membersihkan makeup tools akan mencegah penumpukan bakteri yang bisa menimbulkan lebih banyak jerawat.

7. Jangan lupa membersihkan makeup

Setelah mengetahui tata cara makeup yang baik, pastikan Moms tidak lupa untuk membersihkan sisa makeup hingga tuntas. Dengan menjaga kulit tetap bersih dan terbebas dari riasan, maka serangan jerawat pun bisa Moms cegah.

Pastikan juga untuk rajin melakukan rutinitas skincare terutama cuci muka supaya kulit wajah Moms yang rentan terhadap jerawat tetap bersih dan sehat.

Sekian 7 tips makeup yang bisa dipraktikkan oleh para pemilik kulit berjerawat. Selain tidak terlalu sulit, tips-tips di atas juga sangat berguna untuk mencegah jerawat semakin banyak atau parah. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Setting Spray Harga Terjangkau untuk Mengunci Makeup Agar Tahan Lama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News