Keluarga

7 Tips Makeup Tahan Lama dan Tidak Mudah Luntur di Cuaca Panas

7 Tips Makeup Tahan Lama dan Tidak Mudah Luntur di Cuaca Panas

MOMSMONEY.ID - Cuaca yang panas bisa membuat tubuh menjadi lebih mudah berkeringat. Saat tubuh dibanjiri keringat, makeup yang digunakan pun rentan luntur dan menghasilkan tampilan yang seram atau berantakan.

Ingin tahu bagaimana cara membuat makeup yang tahan lama dan tidak mudah luntur oleh keringat di cuaca panas?

Ini dia 7 tips makeup tahan lama dan tidak mudah luntur di cuaca panas sebagaimana dilansir dari Maybelline. Yuk, simak!

Baca Juga: Pahami 4 Manfaat Vitamin C untuk Kulit, Bisa Menyamarkan Bekas Jerawat

1. Pakai primer matte

Setelah memakai pelembab, lanjutkan dengan mengaplikasikan primer matte untuk membantu makeup bertahan lebih lama di cuaca panas.

Dengan menggunakan primer matte, itu akan menciptakan kanvas yang halus untuk hasil makeup yang flawless. Penggunaan primer matte juga akan mencegah kilap berlebih akibat minyak sekaligus membantu mengaburkan imperfection wajah.

2. Gunakan base makeup yang ringan

Saat cuaca sedang panas-panasnya, sangat disarankan bagi Anda untuk menghindari base makeup yang berlebihan. Pasalnya, menggunakan base makeup yang berlebihan di tengah cuaca panas rentan menyebabkan cakey. Selain cakey, formula base makeup yang berat juga bisa menyumbat pori-pori saat bercampur keringat terutama ketika Anda mengenakan masker.

Untuk hasil akhir makeup yang tampak alami, sebaiknya Anda menggunakan concealer alih-alih foundation. Atau, padukan concealer dengan BB cream setipis mungkin.

Terakhir, selalu ingat untuk mengunci base makeup Anda menggunakan bedak matte guna membantu mengontrol minyak dan kilap di wajah.

3. Hindari powder blush

Blush on terbukti mampu menambah kesegaran pada wajah. Kendati demikian, penggunaan blush on berbentuk bubuk atau powder blush kala cuaca panas dapat membuat wajah terlihat cakey.

Sebagai gantinya, gunakanlah blush on berbentuk gel atau blush stain. Agar wajah terlihat semakin berwarna, Anda bisa menambahkan lipstick yang creamy berwarna senada di atas blush on yang telah Anda aplikasikan.

4. Warnai mata dengan eyeshadow ber-shade tipis

Eyeshadow yang tebal dan dalam memang menarik. Namun, tampilan eyeshadow yang seperti itu akan terlihat berat di cuaca panas.

Lebih baik, warnailah mata Anda dengan eyeshadow berwarna pastel yang tipis. Kelebihan dari eyeshadow ber-shade tipis yaitu tampak lebih halus dan alami serta tidak terlalu jelas terlihat luntur saat terkena keringat.

5. Pilih maskara waterproof

Dalam hal makeup mata, formula yang tahan air atau waterproof merupakan satu-satunya pertahanan terhadap keringat di hari yang panas.

Oleh sebab itu, pastikan Anda menggunakan maskara waterproof dari akar ke ujung bulu mata jika ingin tetap terlihat stand out di bawah terik matahari.

6. Aplikasikan lipstick matte

Kulit bibir rentan kering dan pecah-pecah saat terpapar sinar matahari. Jadi, jangan lupa untuk memakai lip balm sebelum lipstick untuk melindungi sekaligus menjaga bibir Anda tetap lembab.

Setelah itu, campurkan lipstick yang creamy dengan lipstick matte cair lalu aplikasikan ke bibir Anda. Pastikan lipstick yang Anda gunakan memiliki pigmentasi yang tinggi dan formula yang tahan lama, tahan air, serta transferproof.

7. Akhiri dengan setting spray

Tips terakhir untuk membuat makeup lebih tahan lama dan tidak mudah luntur di cuaca panas adalah menggunakan setting spray setelah riasan Anda jadi.

Setting spray akan membantu mengunci semua produk makeup yang telah Anda pakai supaya awet dan tidak memudar, luntur, maupun retak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News