Keluarga

7 Tips Jitu Kurangi Kecanduan Gadget Pada Anak Sejak Dini, Orang Tua Wajib Tahu!

7 Tips Jitu Kurangi Kecanduan Gadget Pada Anak Sejak Dini, Orang Tua Wajib Tahu!

MOMSMONEY.ID - Punya anak yang kecanduan gadget? Mari simak dan tiru cara mengatasi kecanduan gadget sejak dini.

Di era teknologi seperti saat ini, gadget menjadi benda yang paling menghibur. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa kecanduan gadget.

Sayangnya, kecanduan gadget pada anak dapat memengaruhi banyak hal, di antaranya anak jadi sulit bersosialisasi, sulit berkonsentrasi, hingga berefek ke kesehatan mata.

Untuk dapat mengatasinya, berikut sederet tips jitu kurangi kecanduan gadget pada anak yang bisa Anda tiru. Merangkum dari Telkomsel, Sariwangi, dan Siloam Hospital, berikut artikelnya.

Baca Juga: Perbedaan 6 Jenis Susu Sapi Berdasarkan Tekstur, Rasa, hingga Kandungan Gizinya

Batasi secara bertahap

Ketika anak sudah terlanjur kecanduan gadget, maka orang tua tak bisa langsung membatasinya. Butuh tahapan demi tahapan agar anak bisa benar-benar lepas dari ketergantungannya terhadap gadget ini.

Berikan ia batas waktu untuk bermain gadget. Misalnya pada minggu pertama bermain gadget hanya 6 jam. Pada minggu kedua dibatasi hanya 4 jam. Minggu ketiga menjadi hanya 2 jam saja, dst.

Gunakan wifi di rumah

Salah satu tips kurangi kecanduan gadget bisa dengan membatasinya lewat wifi. Sebab dengan menggunakan wifi, maka penggunaan internet dapat lebih mudah dikelola.

Baca Juga: 6 Cara Mengolah Daging Sapi Pakai Bahan Tradisional Agar Empuk dan Mudah Dikunyah 

Tentukan tempat bebas gadget

Orang tua harus tegas dalam bersikap agar anak bisa mengurangi kecanduannya terhadap gadget. Salah satu tips yang bisa dilakukan adalah dengan menentukan tempat bebas gadget.

Contohnya ketika sedang makan di ruang makan, maka gadget tidak boleh dibawa untuk memaksimalkan komunikasi bersama keluarga dibandingkan hanya menunduk memainkan gawainya.

Atur jadwal

Kecanduan gadget pada anak

Baca Juga: Jelang Masuk Sekolah, Ini 5 Tips Siapkan Bekal Sekolah yang Anti Membosankan

Bermain gadget terlalu sering tak hanya berdampak pada kesehatan mata, tetapi juga pada tingkat konsentrasi anak. Anak jadi kesulitan berkonsentrasi akibat sering begadang bermain gadget.

Maka buatlah jadwal bermain gadget. Batasi waktu bermain hanya hingga jam 9 malam dengan catatan anak telah mengerjakan semua tugas & PR di sekolah.

Ajak anak beraktivitas

Salah satu cara jitu mengurangi kecanduan gadget pada anak bisa dilakukan dengan mengajaknya beraktivitas. Coba lakukan aktivitas di luar ruangan seperti rekreasi ke alam, bermain di taman bermain, bermain bola, ataupun berkebun.

Dengan memperbanyak aktivitas bergerak, maka perhatian anak akan teralihkan dari gadget ke hal lain. Dengan begitu, ketergantungannya terhadap gadget bisa diminimalisir.

Baca Juga: Matikan Wifi-GPS, Inilah Tips Menghemat Baterai Ponsel Secara Efektif

Ajak bersosialisasi

Salah satu akibat yang dapat dirasakan orang tua bagi anak yang kecanduan gadget ialah sering menyendiri & kesulitan bersosialisasi.

Jika itu telah terjadi, maka sebagai orang tua, Anda harus mulai membiasakan anak menyapa tetangga, berkunjung ke rumah teman sebaya, hingga mengunjungi keluarga terdekat.

Cara ini dapat membantu meningkatkan kecakapan/skill bersosialisasi sekaligus dapat mengurangi kecanduan gadget pada anak.

Baca Juga: Bercitarasa Asin dan Gurih, Ini 6 Bahan Alternatif Pengganti Garam

Jadikan teladan

Apabila Anda menyuruh anak untuk berhenti bermain gadget, maka hal pertama yang wajib dilakukan adalah memastikan diri Anda terlebih dahulu untuk memberikan contoh baik.

Jadikan diri Anda sebagai teladan bagi anak. Sebab anak lebih mudah disiplin apabila anak memiliki role model yang baik, yakni Anda sebagai orang tua.

Itulah berbagai tips mengatasi kecanduan gadget pada anak yang bisa para orang tua terapkan mulai sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News