CLOSE [X]
ads

7 Tanda Kucing Sehat dan Bahagia, dari Kondisi Mata hingga Suka Makan

Sumber: Best Friends Animal Socie,Petmd
Rabu, 18 Mei 2022 | 09:09 WIB
7 Tanda Kucing Sehat dan Bahagia, dari Kondisi Mata hingga Suka Makan

ILUSTRASI. 7 Tanda yang Memberi Tahu Anda Kondisi Kucing Peliharaan Sedang Sehat


MOMSMONEY.ID - Kesehatan kucing peliharaan sangat penting untuk selalu diperhatikan. Sayangnya, sebagian besar kucing pandai menyembunyikan sesuatu dalam dirinya, seperti rasa sakitnya. Namun, Anda tak perlu khawatir jika kucing Anda tak pernah menunjukkan hal-hal aneh yang tak biasa. Nah, untuk membantu Anda mengetahui kondisi kesehatan kucing, Dilansir dari Petmd, ini 7 tanda kucing peliharaan sedang sehat.

Nafsu Makan Baik

Kucing yang sehat selalu memiliki nafsu makan yang baik. Mereka akan selalu antusias dengan waktu makan dengan menggosokan dirinya kepada Anda. Kucing dengan nafsu makan yang baik juga tidak pernah muntah (mungkin hanya sekali untuk mengeluarkan hairball).

Berat badannya stabil dan ideal yakni berkisaran 2,6-4,5 kg atau berat yang sesuai dengan ras, umur, serta jenis kelaminnya.

Baca Juga: 4 Kelebihan Memiliki Dua Ekor Anak Kucing Sekaligus

Kondisi Bulu

Kondisi bulu kucing yang sehat adalah bersih, tidak rontok, dan korengan. Kebiasaan kucing menjilati dirinya juga menjadi tanda yang normal. Sebab, kucing yang sehat akan menjaga dirinya tetap terawat.

Jika bulu kucing mengalami kerontokan, bisa jadi ada faktor-faktor penyebab yang perlu Anda selidiki. Misalnya, kekurangan nutrisi atau ketidakcocokan terhadap jenis makanannya.

Kondisi Mata, Mulut, dan Telinga

Ketiga bagian wajah ini juga dapat menunjukkan kesehatan kucing. Misalnya, mata tidak berair, mulut tidak berbau, dan telinga bersih, tidak berbau, serta tidak berair. Selain itu, gusi mereka juga harus berwarna merah muda dan giginya bebas dari karang gigi.

Napas Tenang

Napas kucing yang sehat akan terdengar datar dan tenang. Tanpa dengkur atau batuk. Namun, terkadang kucing mendengkur ketika mereka merasa puas atau bahagia. Misalnya, saat mereka menggaruk punggung atau saat Anda membelainya. Yakinlah, saat itu kucing Anda sedang bahagia.

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru