HOME, Keluarga

7 Tanaman Hias yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

7 Tanaman Hias yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

MOMSMONEY.ID - Beberapa orang mungkin akan berpikir dua kali untuk memiliki sebuah tanaman hias. Hal ini dilakukan karena pertimbangan bagaimana cara merawatnya nanti dan adakah waktu untuk melakukan perawatan. 

Alasannya, karena tentu saja mereka tak ingin tanaman mati sia-sia karena perawatan yang salah atau lalai. Kekhawatiran ini dapat diatasi dengan memilih jenis-jenis tanaman yang toleran terhadap kekeringan.

Artinya, tanaman ini hanya memerlukan perawatan minimal, sehingga Anda tak perlu merawatnya setiap hari. Misalnya, menyirami setiap pagi dan sore hari. Dilansir dari Balcony Garden Web, berikut 7 jenis tanaman yang tak perlu disiram setiap hari.

Baca Juga: Rekomendasi Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat

Kaktus

Kaktus memiliki banyak rupa bentuk dan ukuran. Semuanya baik dalam kondisi minim air karena itulah kelebihannya. Kaktus biasanya hanya perlu disiram sebanyak sekali atau dua kali seminggu.

Sukulen

Sukulen merupakan tanaman hias berdaun tebal yang masih merupakan keluarga yang sama dengan kaktus. Tak heran bila kelebihannya mirip dengan kaktus, yakni dapat bertahan dalam kondisi kekeringan. Kendati demikian, sukulen tetap membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh.

Tanaman Giok

Tanaman giok biasanya dijadikan sebagai tanaman hias indoor di ruang tamu atau di pinggiran jendela. Meski tanaman ini menyukai sinar matahari, tetapi mereka hanya membutuhkan secukupnya penyiraman air. Anda dapat melakukan penyiraman ketika kondisi tanahnya sudah kering.

Baca Juga: Nerium Oleander, Bunga Cantik yang Menyimpan Racun Mematikan

Adenium

Adenium atau biasa disebut juga kamboja jepang adalah spesies tanaman yang batangnya besar dengan bagian bawahnya menyerupai umbi. Tanaman ini hanya boleh disirami ketika media tanam atau tanahnya sudah terasa kering, tetapi di musim kemarau Anda dapat memberinya penyiraman air lebih banyak.

Krokot Mawar

Krokot mawar adalah tanaman berbunga yang tahan kekeringan. Mereka dapat tumbuh dan bertahan di tanah yang kering berkat daun sukulennya yang tebal. Namun, tanaman ini tidak bisa mentolerir cuaca yang dingin.

Oleander

Oleander adalah tanaman semak yang tumbuh di wilayah tropis. Mereka menghasilkan bunga yang harum, meski semuanya sangat beracun. Namun, mereka sangat mudah dirawat karena toleran dengan kekeringan. Anda bisa menyiraminya ketika kondisi tanahnya kering.

Euphorbia

Euphorbia adalah tanaman hias berbunga yang memiliki batang tebal berduri. Namun, mereka dapat berbunga sepanjang tahun di lokasi yang tetap kering, hangat, dan bebas dari es.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News