HOME, Keluarga

7 Tahapan Merawat Kulkas Agar Awet dan Tak Mudah Rusak

7 Tahapan Merawat Kulkas Agar Awet dan Tak Mudah Rusak

MOMSMONEY.ID - Kulkas yang jarang dirawat dengan benar akan mudah rusak dan tidak dingin lagi!

Selain itu, kulkas juga menjadi sarang bakteri dan kumpulan bau tidak sedap! Padahal, kulkas merupakan tempat penyimpanan makanan yang vital.

Kulkas mesti bersih dan terawat. Selain menghindarkan kulkas jadi sarang bakteri, ini juga bisa membuat kulkas tetap awet dan tidak boros energi.

Maka dari itu, MomsMoney ingin membagikan kepada anda mengenai langkah-langkah merawat kulkas agar tidak cepat rusak yang dilansir dari Selka.

Baca Juga: Spons Cuci Piringmu Bau? Intip Cara Efektif Hilangkan Bau pada Spons Cuci Piring

Ternyata tidak sulit, lo! Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini, maka anda telah turut serta berperan aktif dalam merawat kulkas supaya tidak cepat rusak.

Seperti apa caranya, langsung saja simak berita yang satu ini!

Tutup rapat kulkas

Kulkas harus tertutup rapat. Selain menghemat listrik, langkah ini juga dilakukan agar makanan dan minuman bisa lebih dingin.

Bila pintu kulkas tertutup rapat, maka kotoran yang tertiup angin tidak akan masuk ke dalam kulkas, sehingga tidak mencemari makanan di dalam kulkas.

Baca Juga: Punya Wajan yang Menghitam? Simak 3 Cara Bersihkan Wajan dari Kerak yang Sulit Hilang

Rutin bersihkan bagian Freezer

Bagian freezer yang sudah mengerah wajib rutin dibersihkan. Hal ini supaya suhu kulkas terjaga.

Hindari mengikis es di freezer menggunakan pisau. Hal ini bisa menyebabkan rusaknya bagian pelapis freezer pada kulkas. Selain itu, bisa menimbulkan kulkas bocor dan cepat rusak.

Bersihkan kondesor

Bersihkan kondesor yang posisinya ada di belakang kulkas dengan teratur dari debu dan kotoran. Debu & kotoran ini bisa menyebabkan karang dan menghalangi pembuangan hawa panas bila tidak dibersihkan.

Baca Juga: Oven Listrik Anda Kotor? Begini Cara Membersihkannya

Beri jarak antara kulkas dengan dinding

Beri jarak antara kulkas dengan dinding. Jarak ideal minimal adalah 15-20 cm.

Jarak tersebut digunakan untuk pembuangan hawa panas dari kondesor. Pastikan untuk selalu menjaga jarak kulkas agar hawa panas dapat keluar dengan baik.

Baca Juga: 5 Cara Menghindari Makanan Agar Tidak Cepat Basi & Kedaluwarsa

Rutin bersihkan kulkas

Anda mesti membersihkan kulkas paling tidak 2 minggu sekali agar meminimalisir berkembang biaknya bakteri serta bau tak sedap.

Bersihkan kulkas dengan menggunakan sabun yang mengandung anti septik atau pembersih lemak. Gunakan juga bahan-bahan alami penghilang bau seperti vanilla ataupun kopi untuk menetralisir bau di dalam kulkas.

Baca Juga: Beli Kue Tapi Jarang Habis? Ini 3 Cara Simpan Kue di Kulkas Agar Awet dan Tetap Empuk

Isi kulkas dengan makanan secukupnya

Makanan yang disimpan dalam kulkas harus diisi secukupnya. Jangan pernah mengisi makanan secara berlebihan. Terlalu banyak menyimpan makanan dalam kulkas akan menyebabkan adanya kontaminasi.

Selain itu, hindari menyimpan botol minuman terlalu banyak dalam kulkas. Karena hal tersebut bisa menyebabkan kulkas rusak akibat beban terlalu berat.

Baca Juga: Ada Menu Baru! Promo Chatime BT21 Purple Star Series Hanya Rp 32.000

Hindari menyimpan makanan dan minuman yang masih panas

Menyimpan makanan dan minuman yang masih panas di dalam kulkas akan menyebabkan kulkas bekerja ekstra. Aliran listrik akan bekerja maksimal sehingga listrik menjadi boros.

Terlalu sering menyimpan makanan dan minuman yang masih panas di dalam kulkas juga  akan membuat kulkas cepat rusak.

Untuk menghindari itu, tunggulah makanan & minuman panas hingga suhu normal. Setelah itu, barulah anda bisa memasukkannya ke dalam kulkas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News