Keluarga

7 Sayuran Murah Penurun Kolesterol Jahat, Dijamin Hemat dan Sehat!

7 Sayuran Murah Penurun Kolesterol Jahat, Dijamin Hemat dan Sehat!

MOMSMONEY.ID - Sedang berjuang menurunkan kadar kolestrol yang tiba-tiba meninggi akibat makan sembarangan? Coba beli beberapa sayuran murah penurun kolesterol seperti yang berikut ini.

Gaya hidup yang tak sehat rata-rata menjadi penyebab utama meningkatnya kadar kolesterol jahat atau LDL (low-density lipoprotein). Kadar kolesterol yang meningkat akan membuat Anda lebih rentan terhadap risiko serangan jantung dan stroke.

Menurut penelitian, serat larut membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL). Sayuran tergolong ke dalam jenis makanan bebas kolesterol & lemak jenuh. Serat larut dapat memperlambat penyerapan kolesterol & mengurangi jumlah kolesterol yang dihasilkan hati.

Terdapat 7 sayuran murah yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Dilansir dari Hindustan Times dan Fibercreme, ini dia artikelnya.

Baca Juga: Bisa Jadi Racun untuk Tubuh, Inilah 5 Tips Hindari Sayur Bayam Menghitam

Brokoli

Brokoli adalah sayuran berserat tinggi dengan sumber vitamin C yang banyak. Kandungan kalsium di dalamnya juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Serat dalam brokoli membantu mengeluarkan kadar kolesterol jahat (LDL) dari dalam tubuh.

Buncis

Buncis

Buncis tergolong ke dalam sayuran murah penurun kolesterol. Buncis dapat menurunkan kadar kolesterol jahat jika dikonsumsi setiap hari. Buncis juga dikenal dapat membuat kadar kolesterol Anda kembali terkendali.

Baca Juga: Tips Menyimpan Aneka Buah dan Sayuran Agar Awet, Ada yang Tak Bisa Digabung!

Bayam

Bayam membantu tubuh mengeliminasi kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kadar vitamin & mineral dalam tubuh.

Setelah diteliti, mengonsumsi bayam yang disertai dengan pola hidup sehat terbukti ampuh menghilangkan kolesterol jahat.

Terong

Terong

Terong dapat menjadi makanan penurun kolesterol lewat cara yang cukup unik.

Melansir dari FiberCreme, terong mengatasi stres oksidatif, yang mana merupakan salah satu penyebab kadar kolesterol jadi tinggi karena dapat memicu peradangan kronis & merangsang pembentukan plak di pembuluh darah.

Baca Juga: Tak Mudah Layu, Ini 5 Tips Menjaga Kesegaran Sayuran Tanpa Kulkas

Kubis

Kubis

Turunkan kadar kolesterol berlebih di tubuhmu dengan rutin konsumsi sayur kubis.

Kubis merupakan jenis sayuran yang memiliki serat tinggi dan antioksidan. Kubis memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah hadirnya penyakit jantung akibat kolesterol.

Adanya vitamin C yang terkandung dalan sayuran yang satu ini juga membantu mengatur tingkat tekanan darah dalam tubuh sekaligus dapat menghilangkan kadar kolesterol jahat.

Baca Juga: 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Sudah Layu Jadi Segar Kembali

Wortel

Wortel dapat mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jagat dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena wortel kaya akan sumber beta karoten serta memiliki banyak serat yang dikandungnya.

Seluruh kandungan nutrisi yang terdapat dalam wortel dapat meningkatkan kesehatan jantung serta membantu pemurnian darah.

Kacang panjang

Kacang panjang juga merupakan salah satu sayuran murah penurun kolesterol. Di dalamnya terdapat kandungan serat yang padat serta rendah lemak & kalori yang mana sangat aman dan baik dikonsumsi oleh orang-orang dengan penyakit jantung.

Itulah sederet sayuran murah penurun kolesterol yang dapat Anda konsumsi sebagai salah satu cara menjalani pola hidup sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News