Santai

7 Rekomendasi Jenis Hewan Pengerat yang Bisa Dipelihara Selain Masbro Kapibara

7 Rekomendasi Jenis Hewan Pengerat yang Bisa Dipelihara Selain Masbro Kapibara

MOMSMONEY.ID - Hewan pengerat bisa menjadi hewan peliharaan yang hebat, seperti kapibara. Selain masbro kapibara, ada beberapa hewan pengerat yang bisa dipelihara.

Beberapa hewan pengerat yang bisa dipelihara ini merupakan makhluk yang cerdas, mudah bergaul, dan ramah, sehingga dapat memberikan hiburan selama berjam-jam. 

Pada artikel ini, ada tujuh rekomendasi jenis hewan pengerat yang bisa dipelihara, selain kapibara. 

Ada banyak jenis hewan pengerat untuk dipilih jika Anda mencari hewan peliharaan. Masing-masing memiliki kepribadian dan kebutuhan yang unik, jadi penting untuk melakukan riset sebelum mengambil keputusan.

Baca Juga: Segini Harga Kapibara, Hewan Pengerat yang Punya Sebutan Masbro di Indonesia

Berikut rekomendasi jenis hewan pengerat yang bisa dipelihara:

1. Hamster 

Hamster Betina dan Jantan

Hamster adalah makhluk kecil dan jinak yang bisa menjadi hewan peliharaan yang hebat. Relatif mudah dirawat dan dapat disimpan di ruang kecil, menjadikannya ideal untuk mereka yang tinggal di apartemen atau hunian kecil lainnya.

Hamster adalah hewan nokturnal, jadi mereka paling aktif di malam hari. Ini bisa membuat mereka sedikit mengganggu jika disimpan di kamar tidur.

Mereka omnivora dan makan hampir semua hal, tetapi penting untuk memberi mereka makanan yang seimbang.

Makanan hamster peliharaan harus terdiri dari jerami, sayuran segar, dan sedikit pelet atau campuran biji.

Hamster termasuk makhluk sosial dan paling baik dipelihara berpasangan atau berkelompok. Jika Anda memelihara lebih dari satu hamster, pastikan mereka berjenis kelamin sama untuk menghindari perkawinan yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Ingin Punya Hewan Peliharaan? Ini 6 Hewan Peliharaan Umum yang Mudah Dirawat

2. Tikus peliharaan

Tikus telah dipelihara sebagai hewan peliharaan selama berabad-abad, dan dengan berbagai alasan. Tikus peliharaan termasuk mahkluk yang cerdas dan sosial. 

Mereka juga tidak membutuhkan banyak ruang, menjadikannya hewan peliharaan yang ideal untuk rumah dan apartemen kecil.

Jika Anda berpikir untuk menambahkan tikus peliharaan ke keluarga Anda, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Mengutip Misfitanimals, tikus adalah hewan sosial dan paling baik jika dipelihara berpasangan. Mereka juga membutuhkan banyak latihan, jadi pastikan untuk memberi mereka kandang atau penutup yang besar.

Mereka juga makhluk yang ingin tahu dan suka menjelajah. Pastikan kandang mereka penuh dengan mainan dan perlengkapan panjat.

Tikus relatif mudah dirawat, tetapi mereka memiliki beberapa kebutuhan khusus. Mereka harus diberi makan makanan tikus berkualitas tinggi, ditambah dengan buah-buahan dan sayuran segar. Mereka juga membutuhkan akses ke air bersih setiap saat.

3. Gerbil

Gerbil mudah dirawat dan membutuhkan diet pelet, jerami, sayuran, dan air. Mereka juga dikenal sebagai hewan yang bersih dan merawat diri secara teratur.

Ketika memilih rumah untuk gerbil Anda, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. 

Mereka membutuhkan kandang yang berukuran minimal 24” x 12” x 12”. Kandang harus memiliki dasar yang kokoh dan sisi kawat untuk memungkinkan ventilasi.

Baca Juga: Harga Anjing Shiba Inu, Simak Perbedaan dengan Akita Inu

Gerbil juga membutuhkan tempat untuk bersembunyi dan bersarang. Kotak atau terowongan persembunyian sangat cocok untuk ini.

Sebagai hewan yang aktif, mereka membutuhkan roda untuk berolahraga. Pilih roda dengan ukuran yang tepat untuk gerbil Anda. Mereka dapat melukai diri mereka sendiri di atas roda yang terlalu kecil.

Gerbil menyenangkan, hewan peliharaan aktif yang mudah dirawat. Dengan kandang dan pola makan yang tepat, gerbil menjadi hewan peliharaan yang bagus untuk pemilik hewan pengerat pertama kali dan juga orang tua hewan peliharaan yang berpengalaman.

4. Chinchilla

Chinchilla adalah hewan kecil, dengan panjang rata-rata hanya 30 cm. Mereka memiliki bulu yang tebal dan lembut yang tersedia dalam berbagai warna.

Mereka adalah makhluk yang aktif dan suka bermain. Mereka juga cerdas dan bisa dilatih melakukan trik-trik sederhana.

Salah satu hal terpenting yang perlu diingat jika Anda ingin memelihara chinchilla sebagai hewan peliharaan adalah kepekaannya terhadap panas.

Mereka tidak boleh disimpan di lingkungan yang terlalu hangat, karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Jika Anda tinggal di iklim panas, sebaiknya simpan chinchilla di ruangan ber-AC.

Baca Juga: Rumah Bau Pipis Kucing? Begini Cara Menghentikan Kucing Spraying Sembarangan

5. Marmot

Marmot relatif mudah dirawat karena hanya membutuhkan sayuran segar dan jerami untuk dimakan. Dengan perawatan yang tepat, marmot dapat hidup hingga lima tahun.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menambahkan marmot ke keluarga Anda, ada beberapa hal yang harus Anda ingat.

Mereka membutuhkan banyak ruang untuk berlari dan bermain, jadi pastikan Anda memiliki kandang atau kandang yang besar untuk mereka.

Marmot peka terhadap suara keras dan gerakan tiba-tiba, jadi penting untuk menanganinya dengan lembut.

Karena marmot adalah makhluk sosial, yang terbaik adalah mengadopsi dua di antaranya agar mereka dapat saling menemani.

6. Degu

Degu aktif dan suka bermain, sehingga membutuhkan kandang yang luas dengan banyak mainan dan item pengayaan.

Mereka juga hewan cerdas yang bisa dilatih untuk melakukan trik-trik sederhana.

Seperti semua hewan pengerat, degu memiliki gigi tajam yang perlu dipangkas secara teratur. Mereka juga memiliki kecenderungan alami yang kuat untuk mengunyah, jadi penting untuk memberi mereka banyak mainan kunyah.

Baca Juga: Hamster Boleh Diberi Makan Buah-Buahan, Berikut Daftar Buah yang Aman Untuknya

7. Graphiurus

Graphiurus adalah hewan yang lembut dan penuh kasih sayang. Mereka bisa dilatih untuk melakukan trik-trik sederhana. Mereka juga dikenal karena sifatnya yang suka bermain, dan mereka bisa sangat menyenangkan untuk ditonton.

Mereka umumnya tidak agresif, jadi mereka menjadi hewan peliharaan yang baik untuk anak-anak.

Jika Anda mempertimbangkan untuk membeli graphiurus sebagai hewan peliharaan, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Graphiurus membutuhkan tempat tinggal yang hangat. Mereka tidak dapat bertahan hidup di iklim dingin. Jika Anda tinggal di tempat dengan musim dingin, penting untuk menyediakan kandang berpemanas.

Mereka juga membutuhkan diet yang tinggi protein dan lemak. Makanan yang baik untuk tikus Afrika meliputi kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.

Nah, itulah ketujuh rekomendasi jenis hewan pengerat yang bisa dipelihara di rumah. Selain masbro kapibara, Anda bisa mencoba memelihara hewan pengerat di atas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News