HOME, Keluarga

7 Perabotan Rumah Tangga yang Beracun Bagi Anjing Peliharaan

7 Perabotan Rumah Tangga yang Beracun Bagi Anjing Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Keamanan anjing peliharaan tidak selalu terjamin. Tak terkecuali, jika anjing peliharaan selalu berada di dalam rumah.

Penyebabnya, ada beberapa barang-barang atau perabotan rumah tangga yang berbahaya dan beracun bila anjing tak sengaja menghirup atau menelannya.

Sebagai pemilik anjing, Anda harus memiliki daftar bahaya untuk melindungi anjing dari keracunan barang rumah tangga. Dilansir dari Rover, berikut daftarnya.

Produk Pembersih

Ada banyak produk pembersih yang dimiliki oleh satu rumah tangga, seperti deterjen, pemutih, pembersih lantai, pembersih piring, pembersih kamar mandi, dan sebagainya.

Hati-hati untuk menyimpannya karena bisa jadi hewan peliharaan dan anak-anak Anda menemukannya. Ini bisa beracun bagi mereka.

Baca Juga: Anjing Mengalami Halitosis? Ketahui Lebih Banyak Tentang Kondisi Ini

Obat-obatan Manusia

Obat-obatan manusia memang boleh diberikan kepada hewan atas petunjuk dari dokter hewan. Tanpa pengawasan, ini akan beracun untuk anjing.

Misalnya, Acetaminophen dan Tylenol yang dapat mengganggu aliran oksigen atau merusak hati yang tidak dapat diperbaiki.

Obat-Obatan Hewan

Sama seperti obat manusia, bila dikonsumsi tanpa resep, akan berbahaya untuk anjing. Apalagi banyak obat-obatan oral hewan yang dikemas dalam campuran makanan, sehingga lebih menarik. Ini dapat menyebabkan overdosis anjing bila dia memakannya tanpa Anda tahu.

Jadi, hati-hati untuk menyimpan obat hewan di tempat-tempat yang dapat dijangkau anjing.

Alkohol

Pastikan Anda menyimpan semua alkohol di tempat yang tak bisa dijangkau anjing. Anjing tidak bisa membedakan mana yang boleh disentuh dan tidak olehnya.

Bila alkohol tertelan oleh anjing, hal ini dapat menyebabkan asidosis pada tubuhnya, merusak hati dan ginjal, serta berakhir dengan serangan jantung.

Baca Juga: Anjing Peliharaan Anda Punya Sifat Penakut? Ini Cara-Cara untuk Mengatasinya

Insektisida

Saat Anda menggunakan insektisida untuk membunuh kecoa, semut, atau nyamuk, ketahuilah bahwa ini sama berbahayanya untuk anjing peliharaan Anda.

Segala penggunaan racun untuk membasmi hewan lain, akan memiliki dampak yang buruk juga untuk anjing peliharaan Anda. Termasuk racun untuk siput, tikus, dan lalat.

Logam Berat

Logam berat bisa berarti serpihan cat, uang receh, dan barang-barang rumah tangga lain yang terbuat dari timbal dan seng.

Bila tertelan ke dalam perut anjing, ini dapat berarti masalah medis. Beberapa kasus akan memerlukan pembedahan untuk mengambil barang asing dari dalam perut.

Pupuk

Meski tidak mengeluarkan bau, anjing mungkin dapat mencium aroma makanan yang sudah tercampur dengan bahan kimia fosfor dan nitrogen dalam pupuk kompos.

Karena itu, hindarkan pupuk dari jangkauan anjing dan latihlah anjing untuk tidak bermain-main dengan pot tanaman atau lahan perkebunan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News