Bugar

7 Penyebab Uban Pada Usia Muda, Genetik atau Gaya Hidup

7 Penyebab Uban Pada Usia Muda, Genetik atau Gaya Hidup

MOMSMONEY.ID - Perlu disadari penyebab uban usia pada muda yang cukup banyak dialami pria dan wanita. Rambut uban biasanya dialami oleh orang yang lebih tua. Akan tetapi, rambut uban muncul tidak mengenal usia.

Mengalami uban pada usia muda tentu membuat Anda merasa tidak nyaman. Berikut tujuh penyebab uban usia muda dilansir dari garnier.co.id dan herworld.co.id

1. Genetik

Salah satu penyebab uban usia muda adalah genetik. Rambut yang beruban lebih awal bisa dipengaruhi oleh orang tua.

Faktanya, hampir 90% penyebab munculnya uban adalah faktor genetik, walau belum bisa dipastikan gen apa yang berperan dalam hal ini.

Sehingga jika rambut Anda sudah beruban di usia muda, coba cek ke orang tua atau kakek-nenek karena bisa jadi Anda mewarisi gen ini. Karena disebabkan faktor genetik, tidak ada solusi lain selain menggunakan cat rambut untuk menutup uban.

2. Kekurangan nutrisi

Penyebab uban usia muda lainnya adalah kekurangan nutrisi. Rambut tetap membutuhkan nutrisi untuk bisa tumbuh sehat.

Jika rambut mengalami uban di usia muda, bisa jadi Anda kekurangan kekurangan nutrisi berupa Vitamin B12, zat besi, kalsium, dan Vitamin D3.

Kekurangan nutrisi ini bisa terjadi karena Anda sedang diet ketat atau sebaliknya, pola makan tidak sehat.

Kemudian, cara mengatasi uban yang disebabkan kurang nutrisi adalah dengan cara mengubah pola makan Anda menjadi lebih sehat dengan nutrisi yang seimbang.

Baca Juga: Promo Tiket.com Vila & Apartemen di Bali, Diskon hingga 20%

3. Masalah Kesehatan

Penyebab uban usia muda berikutnya karena masalah kesehatan. Masalah kesehatan dan penyakit, di antaranya adalah autoimun, neurofibromatosis, gangguan fungsi tiroid, beberapa tipe anemia, dan vitiligo, dapat membuat seseorang beruban lebih awal.

Rambut beruban ada yang kembali ke warna semula setelah penyakit sembuh dan pengobatan dihentikan, tapi ada juga membuat rambut beruban permanen.

4. Efek Pengobatan

Selain masalah kesehatan, penyebab uban usia muda juga karena efek pengobatan yang sedang dilakukan. Efek dari pengobatan ini dapat berupa kemoterapi atau obat malaria yang memiliki efek samping menekan produksi pigmen. Pigmen yang rendah ini dapat menyebabkan rambut perlahan berubah warna menjadi putih.

5. Gaya hidup

Gaya hidup juga menjadi penyebab uban di usia muda. Gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan stres, terbukti dapat membuat rambut Anda beruban lebih awal.

Merokok terdapat bahan yang mengandung radikal bebas yang dapat merusak sel melanosit sehingga tidak bisa lagi memproduksi melanin untuk rambut.

Cara mengatasi uban dari penyebab ini tentu saja dengan mengubah gaya hidup Anda jadi lebih sehat dengan berhenti merokok, rutin berolahraga, tidur yang cukup, dan hindari stres.

6.  Terlalu lama di bawah sinar matahari

Jika Anda sering menghabiskan waktu beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama, maka kesehatan rambut perlu diperhatikan. 

Paparan sinar matahari yang terlalu lama kepada rambut dapat menyebabkan semakin banyaknya uban yang muncul. Gunakan topi atau penutup kepala lainnya untuk mencegah kerusakan dan penuaan kepada rambut.

7. Produk perawatan rambut tidak cocok

Penyebab uban usia muda lainnya adalah produk perawatan rambut tidak cocok. Hal ini dikarenakan produk-produk tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang terlalu keras dan berbahaya.

Sebaiknya, biasakan pakai produk-produk perawatan rambut yang terpercaya dan aman digunakan karena terdaftar di BPOM. 

Itulah tujuh penyebab uban usia muda yang harus Anda tahu, rawat kesehatan rambut dari sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News