7 Manfaat Daun Sirih untuk Wajah, Atasi Komedo dan Flek Hitam

Reporter: Rizka Noveliana
Sabtu, 29 Oktober 2022 | 11:00 WIB
7 Manfaat Daun Sirih untuk Wajah, Atasi Komedo dan Flek Hitam


MOMSMONEY.ID - Ada banyak manfaat daun sirih untuk wajah. Selain dikenal sebagai obat perawatan area sensitif wanita, daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan.

Daun sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang merambat pada batang pohon lain dan memiliki aroma yang khas. Daun sirih memiliki manfaat sebagai anti sariawan, anti batuk, astringent, dan anti-septik. 

Berdasarkan Wikipedia, daun sirih mengandung minyak atsiri, seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak dan kavikol. Sederet zat tersebut memiliki daya mematikan kuman, anti-oksidasi dan fungisida, serta anti jamur.

Selain itu, kandungan lain dalam tanaman sirih adalah saponin, flavonoid, dan polifenol. Senyawa saponin dapat bekerja sebagai anti mikroba dimana dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Kandungan minyak astari memiliki daya sebagai anti septik, sehingga dapat menyembuhkan jerawat yang meradang.

Oleh sebab itu, daun sirih cukup sering digunakan pada perawatan kulit. Melansir dari nose.co.id, berikut tujuh manfaat daun sirih untuk wajah, yaitu: 

1. Memudarkan flek hitam

Manfaat pertama daun sirih untuk wajah adalah mampu memudarkan flek hitam. Hal ini disebabkan adanya kandungan senyawa dari daun sirih yang dapat meratakan warna kulit. 

2. Mencegah komedo

Manfaat daun sirih untuk wajah selanjutnya adalah dapat mencegah munculnya komedo. Jika Anda memiliki masalah komedo,cara berikut ini bisa dicoba yaitu rebus daun sirih dan air.

Lalu, dinginkan air rebusan tersebut, gunakan handuk bersih dan rebusan daun sirih yang dingin untuk membasuh wajah anda. Hasilnya komedo akan keluar dengan sendirinya tanpa harus anda pencet komedo dengan tangan.

3. Menyembuhkan jerawat yang meradang

Daun sirih dapat menyembuhkan jerawat yang meradang. Terdapat kandungan senyawa anti-inflamasi, yang dapat meredakan, mengempiskan, dan menyembuhkan peradangan pada jerawat.

Selain itu, daun sirih juga mengandung minyak esensial, dimana minyak esensial tersebut akan membantu mendinginkan kulit dan menenangkan jerawat yang membengkak. 

Caranya mengolah daun sirih untuk menyembuhkan jerawat, yaitu haluskan daun sirih, lalu oleskan secara merata pada bagian jerawat yang meradang. 

Akan tetapi, bagi kulit sensitif disarankan untuk tidak menggunakan daun sirih dalam pengobatan ini karena pH yang terkandung berbeda.

Baca Juga: Ini 6 Cara Mengatasi Masalah Iritasi Kulit, Gunakan Es atau Oatmeal

4. Mengecilkan pori-pori wajah 

Manfaat daun sirih untuk wajah berikutnya adalah bisa mengecilkan pori-pori wajah. Senyawa antiseptik yang terkandung pada daun sirih, dapat membuat pori-pori wajah mengecil.

5. Mengobati gatal pada kulit

Air rebusan daun sirih bisa menyembuhkan sekaligus meredakan ruam dan gatal pada wajah. Caranya rebus daun sirih dan diamkan air rebusan daun sirih selama satu hari. Lalu gunakan untuk membasuh wajah di pagi hari.

6. Mengeringkan luka pada wajah

Berikutnya, daun sirih juga bisa mengeringkan luka pada wajah. Kandungan senyawa yang dimiliki daun sirih seperti anti-inflamasi dan antibiotik dapat juga mengeringkan luka yang diakibatkan jerawat yang dipencet sembarangan, tergores dan sebagainya.

7. Mencerahkan wajah yang kusam

Terakhir, manfaat daun sirih untuk wajah adalah mencerahkan wajah yang kusam. Caranya dengan mencuci muka dengan air rebusan daun sirih muda secara teratur kurang lebih selama 1 bulan dan lihat hasilnya.

Itulah manfaat daun sirih untuk wajah yang harus Anda tahu. Namun, bagi pemilik kulit sensitif disarankan untuk hindari memakai daun sirih sebagai perawatan kulit wajah. Jika masalah kulit belum membaik, sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER