Keluarga

7 Makanan yang Bisa Mengatasi Minyak Berlebih pada Wajah, Ada Favorit Anda?

7 Makanan yang Bisa Mengatasi Minyak Berlebih pada Wajah, Ada Favorit Anda?

MOMSMONEY.ID - Punya kulit berminyak? Ini 7 makanan yang bisa mengatasi minyak berlebih pada wajah yang layak Anda konsumsi.

Pada dasarnya, kulit memang membutuhkan minyak. Namun, minyak yang berlebihan hanya akan merusak penampilan dan mendatangkan berbagai permasalahan kulit seperti jerawat.

Penyebab asli dari kulit berminyak itu sendiri adalah genetik. Meskipun kelebihan minyak tidak dapat dihentikan sepenuhnya, namun permasalahan ini tetap bisa diminimalkan dengan cara mengetahui makanan apa yang harus dikonsumsi dan makanan apa yang harus dihindari.

Dilansir dari BeBeautiful, ada 7 makanan yang bisa mengatasi minyak berlebih pada wajah. Yuk, catat!

Baca Juga: 5 Kesalahan Penyebab Makeup Terlihat Berantakan. Yuk, Perbaiki!

1. Brokoli

Makanan yang bisa mengatasi minyak berlebih pada wajah pertama adalah brokoli. Selain bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan, siapa sangka bahwa brokoli termasuk sayuran yang bagus untuk kulit berminyak.

Brokoli mengandung vitamin A dan vitamin C yang mana kedua vitamin ini merupakan sahabat bagi kulit. Di dalam brokoli, terdapat antioksidan yang mampu mencegah produksi minyak berlebih sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh para pemilik oily skin.

Meskipun begitu, jangan memakan brokoli dalam keadaan mentah ya Moms. Lebih baik, makanlah brokoli yang sudah direbus setengah matang atau dalam bentuk sup.

2. Gandum utuh

Makanan yang bisa mengatasi minyak berlebih pada wajah kedua adalah gandum utuh. Gandum utuh yang diproses secara minimal kaya akan serat dan mampu membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi gandum utuh, itu akan menjaga kesehatan kulit dan rambut supaya tetap berfungsi secara optimal.

Adapun kandungan serat dalam gandum utuh bisa membuat kulit terbebas dari minyak dan jerawat. Selain itu, konsumsi gandum utuh secara teratur juga akan mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh peradangan.

3. Mentimun

Makanan yang bisa mengatasi minyak berlebih pada wajah ketiga adalah mentimun. Terdiri dari 95% air, mentimun sangat bagus untuk menghidrasi dan membuang racun keluar dari tubuh Anda.

Tak sekadar itu, mentimun juga berguna untuk membantu membersihkan kulit, menghilangkan kotoran, dan mencegah akumulasi minyak wajah penyebab jerawat.

Sifat antioksidan yang ada di dalam mentimun sangat baik bagi kulit dan mampu menawarkan efek menenangkan. Jadi, jangan malas untuk makan mentimun ya Moms.

4. Dark chocolate

Makanan yang bisa mengatasi minyak berlebih pada wajah keempat adalah dark chocolate. Tak hanya lezat, dark chocolate juga bisa membantu Anda melawan kulit berminyak dan berbagai permasalahan yang mengiringinya lho Moms.

Berkat kandungan flavonoid yang ada di dalamnya, dark chocolate mampu membantu mencegah peradangan jerawat dengan cara mengontrol produksi minyak pada kulit. Di dalam dark chocolate, ada juga antioksidan yang kuat untuk menjaga kulit tetap halus dan bercahaya.

Namun, perlu diingat untuk mengonsumsi dark chocolate dalam jumlah sedang saja alih-alih berlebihan ya Moms.

Baca Juga: 5 Manfaat Calendula untuk Wajah di Dalam Produk Skincare

5. Pisang

Makanan yang bisa mengatasi minyak berlebih pada wajah kelima adalah pisang. Pisang merupakan salah satu superfood yang baik untuk dikonsumsi oleh para pemilik kulit berminyak.

Selain kaya akan vitamin E yang dapat menjadikan kulit bercahaya, pisang juga sarat akan potassium, fosfor, dan magnesium yang berguna untuk mengontrol produksi sebum berlebih.

Jadi, sangat disarankan bagi Anda untuk makan pisang setiap hari guna merawat kulit Anda yang berminyak.

6. Lemon

Makanan yang bisa mengatasi minyak berlebih pada wajah keenam adalah lemon. Bercita rasa kecut nan menyegarkan, lemon termasuk makanan utama untuk kulit berminyak karena buah ini memiliki kecenderungan menyerap minyak yang berlebihan.

Selain itu, lemon juga dapat menghilangkan racun dari kulit serta memberikan tekstur yang bagus.

Untuk mendapatkan khasiat lemon, Anda bisa mengaplikasikannya secara langsung pada kulit yang rentan berjerawat selain dimakan atau diminum.

7. Kacang-kacangan

Makanan yang bisa mengatasi minyak berlebih pada wajah ketujuh adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan menawarkan beragam manfaat kesehatan tidak terkecuali untuk kesehatan kulit.

Direkomendasikan untuk kulit berminyak, kacang-kacangan mengandung asam lemak omega-3 yang efektif untuk menyembuhkan masalah kulit berminyak.

Yang tidak kalah penting, kacang-kacangan juga bisa mengisi tubuh dengan vitamin dan mineral sehingga akan menjaga tubuh dan kulit Anda tetap sehat.

Moms, itulah 7 makanan yang bisa mengatasi minyak berlebih pada wajah. Selain mengonsumsi ketujuh makanan di atas, pastikan Anda tidak lupa untuk minum air putih dengan cukup dan mengaplikasikan pelembab jika tidak ingin kulit Anda dehidrasi dan mengeluarkan lebih banyak minyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News