HOME, Keluarga

7 Makanan Manusia yang Beracun untuk Kucing

7 Makanan Manusia yang Beracun untuk Kucing

MOMSMONEY.ID - Kucing yang sering memelas ketika Anda sedang makan, tak boleh sembarangan diberi. Alih-alih memberikan makanan agar dia tak kelaparan, Anda justru meracuninya.

Kucing pertama-tama memiliki kebutuhan nutrisinya sendiri yang didapat dari makanan kemasan khusus kucing. Jika dia terbiasa diberikan makanan ‘tambahan’, mereka bisa kehilangan selera makan. Jika sudah begitu, kucing tidak mau tertarik dengan makanannya yang bernutrisi.

Selain itu, dilansir dari Thesprucepets.com, alasan utama lain untuk tidak memberi makan kucing “makanan manusia” adalah karena ada sejumlah makanan yang beracun bagi kucing. Meski rasanya enak dan mereka mau mengecapnya, gigitan sederhana saja bisa mengancam jiwa kucing. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui daftar makanan manusia apa saja yang beracun bagi kucing.

Baca Juga: Ini Tanda-Tandanya Bila Hewan Peliharaan Terkena Rabies dan Pertolongan Pertamanya

Cokelat

Beberapa kucing mungkin menyukai cita rasa manis cokelat, tetapi cokelat berbahaya untuk kucing. Cokelat mengandung zat theobromine yang dapat menyebabkan keracunan, seperti sakit perut, hiperaktif, masalah ginjal, sistem saraf, dan memicu detak jantung tak normal. Zat ini biasanya ditemukan dalam cokelat yang gelap tanpa pemanis.

Alpukat

Alpukat sejatinya memiliki kandungan lemak yang sehat untuk manusia, tetapi ternyata ini cukup beracun bagi kucing mana pun. Daun, biji, kulit pohon, dan seluruh tanaman alpukat mengandung persin yang dapat menyebabkan muntah dan diare pada kucing. Anda perlu hati-hati meski Anda telah membuang bijinya di tong sampah, karena kucing mungkin akan menemukannya saat bermain.

Bawang-Bawangan dan Sayuran Terkait

Anda tentu tak asing dengan ini. Semua jenis bawang beracun untuk kucing, seperti bawang putih, bawang merah, daun bawang, dan bombai. Bawang dapat menyebabkan kerusakan pada sel darah merah dan kerusakan ginjal. Kucing kebanyakan memang tak menyukai bau bawang, tapi akan sama saja dampaknya bila Anda memberikan masakan yang mengandung bawang untuk kucing.

Anggur dan Kismis

Anggur atau kismis sama-sama berbahaya untuk kucing. Anggur mengandung senyawa (belum teridentifikasi) yang dapat mempengaruhi ginjal dan bahkan menyebabkan gagal ginjal mendadak. Namun, gejala keracunannya diawali dengan muntah dan hiperaktif berulang dan perlu mendapat perawatan medis segera.

Baca Juga: 3 Menu Diet untuk Kucing Peliharaan yang Obesitas

Susu

Kebanyakan orang berpikir bahwa susu baik untuk diminum kucing. Namun nyatanya, susu mengandung laktosa yang tak bisa dicerna oleh kucing dewasa karena sedikitnya enzim lactase dalam tubuh. Susu yang tidak tercerna dalam tubuh kucing akan terfermentasi di dalam usus besarnya, sehingga dapat menyebabkan diare.

Kacang-Kacangan

Semua jenis kacang-kacangan seperti kenari, mete, kacang tanah, almond, dan sebagainya mengandung lemak dan minyak yang tinggi. Bila kucing memakannya ini dapat menyebabkan sakit perut seperti muntah dan diare. Dalam jangka panjang, kandungan lemak kacang yang tinggi juga berpotensi menyebabkan pankreatitis.

Tulang

Meski sisa makanan ini paling umum diberikan kepada kucing liar, tulang cukup berbahaya dikonsumsi kucing. Tulang bukannya beracun, tetapi ketika kucing memakannya, tulang akan mudah pecah. Pecahan tulang yang tak betul dikunyah dapat menyebabkan kucing tersedak, penyumbatan tenggorokan, dan bahkan dapat merobek saluran dalam pencernaan.

Jika Anda ingin memberi makan kucing liar, sebaiknya Anda memberikan kemasan makanan kucing murah yang tentunya lebih baik dan aman untuk dimakan kucing. Memberi potongan ikan rebus juga aman.

Selanjutnya: Hati-Hati Memberikan Susu ke Kucing, Bisa Picu Masalah Pencernaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News