HOME, Keluarga

7 Langkah Tetap Terhidrasi saat Puasa di Bulan Ramadan

7 Langkah Tetap Terhidrasi saat Puasa di Bulan Ramadan

MOMSMONEY.ID - Berpuasa di bulan Ramadan membuat tubuh kekuangan cairan. Jika tubuh tak segera terhidrasi, maka tubuh akan mengalami dehidrasi.

Gejala dehidrasi tak selalu haus. Terkadang meski tidak haus, tubuh tetap mengalami dehidrasi dengan menunjukkan beberapa gejala seperti lemas dan pusing. Untuk mencegah dehidrasi saat puasa, ada baiknya Anda mengetahui beberapa langkah agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik saat bulan Ramadan.

Melansir dari Tasty dan The National News, simak 7 langkah tetap terhidrasi saat puasa berikut ini!

Baca Juga: Menjelang Bulan Puasa, Ini 7 Tips Tetap Sehat Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan

Ketahui kebutuhan air

Selama berpuasa, tubuh kekurangan cairan, jika tak dipenuhi dengan minum air yang cukup, maka tubuh bisa terkena dehidrasi. Minum air putih tetap diperlukan meski Anda tidak haus.

Seseorang sedang minum air putih

Baca Juga: 8 Makanan yang Mengandung Air, Tetap Terhidrasi Meski Sedang Berpuasa

“Hanya karena Anda tidak haus, bukan berarti Anda tidak terkena dehidrasi,” kata dr Alkasab, seorang dokter spesialis urologi di Al Zahra Hospital Dubai yang dilansir dari Tasty.

Manusia akan kehilangan cairan dalam tubuh hanya dengan melakukan aktivitas biasa seperti bernafas, berkeringat, dan pergi ke kamar mandi. Jika kita tidak minum, maka tubuh akan mengalmi dehidrasi.

Untuk anak usia 9-13 tahun, dibutuhkan minum sebanyak 2 liter. Sementara untuk dewasa, dianjurkan 2,5 liter untuk tetap terhidrasi.

Baca Juga: Menu Baru Burger King Spesial Ramadan, Paket Bukber Ayam Pedas dengan Saus Kari

Buka puasa dengan kurma

Kurma

Baca Juga: Menurut Penelitian, Ini 4 Makanan yang Mengandung Endorfin, Bikin Mood Bahagia!

Nyatanya, buka puasa dengan mengonsumsi kurma bukan hanya sekadar tradisi dari Nabi Muhammad, tapi juga dapat menghidrasi tubuh setelah seharian puasa.

Kurma membantu tubuh tetap terhidrasi karena merupakan sumber glukosa alami yang mendorong sel dalam tubuh untuk menyimpan cairan dan energi.

Baca Juga: 5 Metode Kombinasi Makanan yang Sehat dan Cocok Dipadukan dengan Daging

Pilih makanan dengan kandungan air tinggi

Semangka

Baca Juga: 8 Makanan yang Mengandung Air, Tetap Terhidrasi Meski Sedang Berpuasa

Pilah pilih makanan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung air tinggi mampu membantu tubuh secara alami untuk tetap terhidrasi di bulan puasa.

Makanan seperti mentimun, semangka, tomat, susu, stoberi, hingga salad dapat membantu menghidrasi tubuh. Anda bisa memakannya di waktu berbuka puasa serta sahur agar memastikan tubuh tak dehidrasi.

Baca Juga: Bolehkah Berolahraga di Bulan Puasa? Simak Cara Aman Berolahraga Saat Sedang Berpuasa

Minimalkan keringat jika memungkinkan

Keringat dapat mempercepat terjadinya dehidrasi. Jika memungkinkan, minimalkan potensi tubuh berkeringat dengan tidak melakukan aktivitas berat.

Apabila Anda bekerja di area outdoor, usahakan berada di tempat yang teduh.

Jogging

Sementara jika Anda ingin berolahraga ringan ataupun berat, usahakan berolahraga di waktu mendekati berbuka puasa atau bahkan beberapa jam setelah berbuka puasa.

Baca Juga: 3 Daftar Olahraga yang Bisa Dilakukan saat Sedang Berpuasa

Jangan berbuka puasa dengan minum jus

Jus memang baik untuk kesehatan. Namun jangan pernah berbuka puasa dengan minum jus. Minum jus saat buka puasa akan membuat berat badan bertambah.

Minum jus bisa dilakukan beberapa jam setelah berbuka puasa.

Baca Juga: 4 Metode Food Pairing Buah yang Hasilkan Rasa Mewah di Mulut

Kurangi minuman berkafein

Teh manis

Jika Anda adalah salah satu orang yang selalu berbuka puasa dengan meminum teh manis, mulai sekarang Anda harus berhenti.

Minuman berkafein seperti teh, kopi, dan minuman bersoda dapat menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil. Hal ini bisa membuat tubuh dehidrasi tanpa Anda sadari.

Baca Juga: Simak 4 Cara Bikin Kopi Selezat Buatan Kafe, Sudah Tahu Caranya?

Perbanyak produk dairy

Seseorang minum susu

Baca Juga: Perbedaan Susu Biasa, Susu Low Fat, dan Susu Skim, Mana yang Lebih Baik?

Produk dairy baik untuk Anda yang berpuasa. Ini karena produk dairy membantu tubuh tetap terhidrasi di bulan Ramadan.

Produk dairy yang bisa disantap untuk menambah jumlah cairan dalam tubuh di antaranya ada susu segar, krim, hingga yogurt. Produk dairy mampu menghidrasi tubuh karena terdapat kandungan air yang tinggi hingga mencapai 90%!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News